65 comments on “SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI – Bag Satu

  1. menanggapi statement bill gates, jika tehnologi berpengaruh terhadap kesejahteraan manusia, bagi saya pribadi hal akan terajdi dengan perkembangan tehnologi, tidak ada lagi surat menyurat yang menghabiskan waktu, kirim mengirim uang dengan pos hanya membuang waktu saja, dan itu akan ditinggalkan manusia modern dengan adanya email, ATM. technology is agent social changes. begitulah kira-kira McLuhan menggambarkan mengenai tehnologi. dalam industri dengan perkembangan tehnologi membuat para produsen semakin memahami jka tehnologi telah menjadi perbaikan besar bagi orang-orang modern. artinya, kesejahteraan manusia akan semakin mudah diperoleh dengan adanya tehnologi dan pastinya manusia modern dituntut untuk mampu menjalankan tehnologi tersebut.

  2. Dalam perkembangan teknologi hingga kini sangat membantu untuk mensejahterakan masyarakat tentunya dengan menguasai teknologi itu sendiri. hal ini menyangkut kesadaran dalam masyarakat untuk bisa berteman dengan teknologi yang sudah brekembang. sangat memprihatinkan bila kita sebagai mahasiswa khususnya tidak akrab dengan teknologi. bidang industri dengan perkembangan teknologi semakin menyempurnakan masyarakat modern untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. diperlukan usaha yang maksimal untuk mencapai kategori negara maju dalam teknologi untuk Indonesia. supaya tidak tretinggal terlalu jauh dibutuhkan perningkatan sumber daya manusianya.

  3. Tanggapan saya mengenai statement Bill gates, mengenai ICT akan mensejahterakan bangsa, saya sangat setuju sekali. karena dengan adanya ICT, dapat membantu setiap penduduk dalam suatu bangsa untuk lebih modern sehingga tidak ketinggalan informasi dan dapat menggunakan ICT sebagai media untuk membantu pekerjaannya supaya lebih cepat dan praktis. adapun penerapannya di Indonesia, bagi saya berawal dari warga indonesia sendiri harus dikenalkan dahulu bagaimana ICT itu, kemudian mungkin dibutuhkan juga usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia yang sudah sadar betul akan pentingnya ICT di Indonesia.

  4. tanggapan saya mengenai ITC : iya, karena ITC sangat di perlukan untuk negara-negara maju dan berkembang seperti Indonesia. sebab ITC mempunyai pengaruh terhadap negara-negara tersebut dibidang teknologi dan komunikasi.
    di Indonesia penerapannya ITC masih jarang di pergunakan sebab masih minimumnya sumber daya manusia di Indnesia. jadi, peran pemerintah sangat diperlukan untuk memajukan bangsa Indnesia melalui wajib belajar.

  5. komentar saya tentang ICT, saya sangat setuju sekali bahwa ICT akan mensejahterakan bangsa, dan memang dengan kehadiran ICT itu sendiri akan memudahkan manusia dalam berinteraksi salah satu contohnya adalah handphone saat ini HP sudah menjadi suatu kebutuhan manusia untuk berkomunikasi. dan tidak dipungkiri bahwa salah satu faktor utama suatu negara bisa maju itu karena ICT.
    mengenai bagaimana penerapan ICT di indonesia menurut saya, komentar saya lebih kepada SDM yang masih belum bisa memanfaatkan ICT itu sendiri, padahal sekarang adalah zaman teknologi zaman modern dimana ICT itu sudah menjadi suatu kebutuhan.

  6. Menurut saya, ICT memang dapat mensejahterakan bangsa. Karena dengan berkembangnya ICT, tentunya dapat mendorong segala sesuatunya menjadi lebih optimal dalam berbagai bidang. Hanya saja ini tidak berlaku di Indonesia untuk saat ini. Karena ICT yang pada akhirnya mensejahterakan bangsa, harus diimbangi oleh sumber daya manusia yang produktif. Sedangkan di Indonesia yang mayoritas SDM nya rendah,jika pemerintah tidak mampu mengontrol berkembangnya ICT ini dengan meningkatkan SDM yang ada, dampaknya hanya akan menimbulkan kesenjangan sosial yang lebih lebar lagi dan pada akhirnya berujung pada pengangguran dan kemiskinan

  7. Menanggapi pendapat Bill Gate bahwa ICT dapat mensejahterakan bangsa, saya sangat setuju. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, maka suatu bangsa akan semakin mudah mendapatkan informasi. Contoh kecil di Indonesia adanya kemajuan dalam bidang percetakan koran yang bisa menggunakan percetakan jarak jauh. Sehingga, masyarakat yang tinggal di daerah luar Jakarta mampu mengetahui informasi yang terjadi di pusat (Jakarta) dan sekitarnya. Dengan mudahnya mendapatkan informasi maka pengetahuan yang didapatkan semakin banyak dan usaha mencerdaskan bangsa lebih terealisasi.

  8. Menurut Saya, ICT memang berpengaruh dalam kesejahteraan suatu bangsa. Misalnya kemajuan komunikasi lewat internet yang bisa menjangkau manusia dimana saja dan kapan saja. Dengan memanfaatkan ICT maka manusia lebih mudah berkomunikasi dan bertukar informasi. Tetapi di Indonesia sendiri menurut Saya belum maksimal untuk memanfaatkan kemajuan ICT. Sehingga penerapannya di Indonesia masih harus dibarengi dengan kemampuan manusia menggunakan ICT tersebut. Jika tidak, bukan kesejahteraan yang di dapat tetapi ketertinggalan Indonesia dari bangsa lain. Penggunaannya dipengaruhi kemampuan SDM dalam mengolah kemajuan ICT.

  9. Saya sangat setuju sekali dengan pernyataan Bill Gates yang menyatakan bahwa ICT itu akan mensejahterakan bangsa, karena dengan adanya ICT perkembangan teknologi semakin canggih sehingga kitapun semakin tao ICT seperi apa dan kitapun bisa memanfaatkannya. Misalnya dengan adanya internet kita bisa bertukar pikiran serta mengetahui informasi dengan cepat, serta pengetahuan kitapun semakin luas.
    Hampir semua negara maju dan berkembang karena ICT, dengan ICT masyarakat indonesia di zaman globalisasi ini semakin hebat, canggih, dan berwawasan luas, sehingga kita pun tidak awam lagi terhadap ICT yang sudah berkembang di Negara kita ini. Penerapan ICT di indonesia cukup berkembang walaupun hasilnya kurang maksimal karena dari tingkat SDM nya pun belum bisa memanfaatkan ICT dengan semaksimal mungkin, begitupun pemerintah belum mendukung 100% dengan perkembangan ICT di Indonesia.

  10. menurut saya tentang Penerapan ICT di indonesia dapat diimplementasi kan dalam e-Government, network yang intelligent dengan ICT mampu mendeteksi kelambatan yang terjadi pada saat orang ingin melakukan pembuatan KTP. Atau pada saat ada orang yang ingin membuat Villa di Puncak, network mampu mengetahui sampai sedetail-detailnya, mengenai siapa yang memberi ijin, sampai toko bangunan mana yang sering dikunjungi orang tersebut.

    Semuanya menjadi sangat transparan.

    Untuk seorang pimpinan (misalnya walikota atau gubernur), beliau juga akan mampu melihat bagaimana pekerjaan anak buahnya. Siapa yang patut diberi promosi, dan siapa yang kerjanya terlalu lambat sehingga patut diberi pesangon, semuanya akan terlihat jelas.

    Sekarang tinggal kitanya, apakah mau mengimplementasikan sistem IT/ICT yang canggih seperti itu ? Framework & teknologinya sudah ada, yang belum tinggal kesiapan mental kita sendiri..

  11. Menanggapi pernyataan Bill Gates yang menyatakan bahwa ICT akan mensejahterakan bangsa, saya setuju karena di era globalisasi seperti ini bukanlah hal yang aneh lagi untuk kita berhubungan dengan yang namanya teknologi. Dengan teknologi kita bisa mendapatkan informasi dengan lebih mudah dan cepat. seperti negara-negara maju yang telah memaksimalkan penggunaan ICT, saya berharap indonesia pun dapat mengikuti jejak negara-negara maju dalam bidang ICT ini. namun seperti kita ketahui SDM di Indonesia sendiri masih rendah untuk itu harus adanya perhatian dari pemerintah sendiri agar masyarakat Indonesia dapat memaksimalkan penggunaan ICT dalam segala aspek kehidupan.

  12. saya setuju dengan apa yang telah dikatakan Bill Gates tentang ICT yang diterapkan di Indonesia dapat mensejahterakan bangsa. semua terbukti dengan semakin canggihnya teknologi di Indonesia. dan itu mempermudah untuk masyarakat indonesia melakukan segala kegiatan dan aktifitasnya dengan lebih mudah, praktis dan tidak menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mengerjakan kegiatannya. misalnya dengan teknologi internet dan telpon genggam kita dapat berkomunikasi dengan orang tanpa harus bertatap muka dengannya. tapi kebanyakan orang di Indonesia kurang memanfaatkannya perkembangan ICT karena masih kurangnya kemampuan manusia untuk memanfaatkan ICT dalam kehidupnya.

  13. Bill gates mengatakan bahwa ICT dapat mensejahterakan bangsa, saya setuju dengan pendapat tersebut. ICT dapat mensejahterakan bangsa karena dengan adanya ICT dapat mempermudah segala kebutuhan manusia. sebut saja penggunaan cyber atau internet, dengan mengguanakan internet kita dapat mengetahui segala sesuatu yang ada di muka bumi ini.
    namun penerapannya di Indonesia menurut saya terkandung kepada SDM nya. sebagian SDM nya tidak mampu menggunakan internet. masih banyak orang yang mengerti apa itu internet, bagaimana menggunakannya. jadi intinya, ICT di Indonesia masih belum bisa diterapkan.

  14. Saya kurang setuju menanggapi pernyataan Bill Gate “Perkembangan ICT untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia”. Saya mengakui memang benar adanya bahwa ICT membantu segala aktivitas kehidupan manusia. Dengan biaya terjangkau, dapat menembus ruang dan waktu dan bentuknya yang minimalis sangat mempermudah kita melakukan aktivitas. Contoh saja dengan adanya mesin foto copy kita bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak dengan biaya murah dan waktu yang efisien, bandingkan dengan manual. Akan tetapi apakah dengan semua itu masyarakat Indonesia sejahtera? Adanya perkembangan ICT menjadikan kesempatan kerja semakin menyempit, dikarenakan bertambah meningkatnya otomatisasi dalam proses produksi sebagai hasil berkembangnya komputerisasi, robotisasi dan kecerdasan artificial. Berapa banyak pekerja yang tersingkir jika semua penjaga SPBU, Jalan Tol, Ticketing airlines dsb digantikan oleh ICT? Dan jika suatu Negara banyak pengangguran dapatkah dikatakan sejahtera?

  15. Bill Gates berkata bahwa “ICT Dapat Mensejahterakan Bangsa” bagaimana jika diterapkan di INDONESIA???

    saya setuju jika ICT dapat mensejahterakan bangsa jika ekonomi dan SDM dinegara tersebut mampu untuk menyalurkan ICT dengan baik dan SDM yang tinggi……

    Pendapat saya tentang pernyataannya, saya tidak setuju jika diterapkan di Indonesia dapat mensejahterakan anak bangsa kita, karena SDM dinegara kita belum mampu dan keterbatasan ekonomi negara untuk mengontrol dan mengembangkan sepenuhnya ICT dinegara kita, bukan hanya itu tapi juga bagaimana pemerintah kita memutar otak untuk mensejajarkan SDM di INDONESIA dengan negara maju, minimal kita bisa jadi tertinggi lah di atas negara berkembang lainnya. karena jika dipaksakan yang ada dinegara kita akan semakin banyak pengangguran karena semua fasilitas menggunakan tekhnologi. contoh; seandainya tempat parkir kita layaknya di negara Australia tidak usah tukang parkir, hanya dengan menggunakan ATM uang kita dgn otomatis akan berkurang. jika di negara kita seperti ini, maka “tukang parkir” akan banyak yang jadi pengangguran…..

  16. Pendapat saya, saya setuju dengan pernyataan Bill Gates dengan ICT yang dapat mensejahterakan bangsa. akan tetapi jika hal itu dilakukan di Indonesia menurut saya tidak memungkinkan dengan SDM yang ada di Indonesia yang cendrung rendah dibandingkan dengan negara lain, karena jika diterapkan di Indonesia akan mengakibatkan peningkatan masyarakat yang akan mengalami pengangguran dengan fasilitas yang serba tekhnologi.

  17. ICT (Information and Communication Technology) saat ini memang saat gencar-gencarnya di terapkan di Indonesia. Alasannya, untuk memudahkan manusia melakukan aktivitas yang berbau teknologi.
    melihat dari dampak ICT yang salah satunya adalah Changing Careers, maka ICT belum pas bila dikatakan akan mensejahterakan bangsa, apalagi di Indonesia ini.
    Saya setuju bila ICT di Indonesia terus berkembang, tapi lihatlah Indonesia sebagai suatu kepulauan yang terentang luas, yang terdiri atas belasan ribu pulau, dan bagaimana ICT dapat mensejahterakan masyarakat di Indonesia bila SDM nya saja rendah.
    selain itu, fasilitas untuk menggunakan ICT ini sangat terbatas bahkan bisa dikatakan kurang, contohnya saja sinyal yang digunakan untuk memprogramkan internet.
    jadi menurut saya, disetarakanlah dahulu pendidikan di negeri ini dengan ilmu-ilmu pengetahuan, agar SDM di Indonesia mampu menghadapi perkembangan ICT yang semakin pesat. karena ilmu pengetahuan adalah suatu sistem yang dikembangkan manusia untuk mengetahui keadaan dan lingkungannya, serta menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya, atau menyesuaikan lingkungan dengan dirinya dalam rangka strategi hidupnya.

  18. Mohamad Romdoni (106051001847)

    Menurut saya ucapan Bill Gate itu senada dengan Kahin dan Niseen bahwa ICT memiliki dampak-dampak yang radikal terhadap dunia politik, ekonomi, dan sosial. Saya setuju dengan pendapat itu, karena dengan kemajuan ICT akan mencerdaskan manusia dengan kemudahan yang tidak terbayangkan. abad ini merupakan abad informasi dan itu memang keharusan sejarah.

    Kalo berbincang bagaimana penerapanya di Indonesia, pernyataan Bill Gate adalah sebuah tantangan bersama. Kita mengetahui bahwa kesadaran masyarakat Indonesia sangat minim untuk informasi. Dari data menunjukan bahwa hanya 7.80 % saja masyarakat yang mengkonsumsi informasi dari seluruh media, belum lagi 0.04 % saja masyarakat kita yang biasa on-line di internet (www.nue.ie/2004), padahal di situ merupakan gudang dari seluruh informasi. untuk Indonesia saya kira perlu kerja sama seluruh pihak terkait baik pemerintah, LSM, dan lain-lain untuk menghadapi abad informasi. Saya teringat oleh pernyataan Ziaudin Sardar bahwa siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia.

  19. ICT “Akan Mensejahterakan Bangsa” Bill Gate
    Saya setuju dengan pernyataan Bill Gate karena dengan ICT dapat meringankan pekerjaan serta aktifitas dalam kehidupan manusia, walaupun dampak negatifnya menambah pengangguran namun menurut saya sudah saatnya Indonesia bangkit dari keterpurukan dan mulai menata kembali agar bangsa ini tidak terbelakang dari faktor ekonomi, SDM serta teknologi. kalaupun dikatakan pengangguran sebagai dampak negatif dari ICT mungkin itu dikarenakan SDMnya yang kurang terampil, harapan saya dengan diterapkannya ICT di negara tercinta ini semoga SDM kita akan terpacu untuk menggali potensi pada diri mereka sehingga mereka tidak menjadi pengangguran di negeri tercinta ini.

  20. saya setuju dengan ucapan Bill Gate bahwasannya ICT bisa mensejahterakan masyarakat karena seperti yang kita ketahui banyak kelebihan yang dimililki ICT yang tentunya akan mensejahterakan masyarajat dengan catatan SDM yang terus di kembangkan terutama pada masyarakat awam yang tinggal dipelosok yang sama sekali belum tersentuh oleh kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat ini.

    penerapan ICT di Indonesia memang diakui masih kurang merata namun dengan kita sebagai masyarakat informasi bisa membantu pemerintah dan instansi terkait untuk mensosialisasikan penerapan ICT tersebut saya rasa itu akan memperbaiki keadaan kita yang tertinggal informasi menjadi yang banyak tahu akan informasi kemajuan teknologi dan perkembangannya.

  21. Bill Gates berkata bahwa “ICT Dapat Mensejahterakan Bangsa” bagaimana jika diterapkan di INDONESIA???

    ICT “Akan Mensejahterakan Bangsa” Bill Gate
    Saya sangat setuju dengan pernyataan Bill Gate karena dengan ICT dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan serta aktifitas dalam kehidupan manusia.

    Disisi lain saya kurang setuju menanggapi pernyataan Bill Gate “Perkembangan ICT untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia”. Saya mengakui memang benar adanya bahwa ICT membantu segala aktivitas kehidupan manusia. Dengan biaya terjangkau, dapat menembus ruang dan waktu dan bentuknya yang minimalis sangat mempermudah kita melakukan aktivitas. Contoh saja dengan adanya internet kita bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak dengan biaya murah dan waktu yang efisien, bandingkan dengan mencari di perpustakaan yang membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi apakah dengan semua itu masyarakat Indonesia sejahtera? Adanya perkembangan ICT menjadikan kesempatan kerja semakin menyempit, dikarenakan bertambah meningkatnya otomatisasi dalam proses produksi sebagai hasil berkembangnya komputerisasi, robotisasi dan kecerdasan artificial. Berapa banyak pekerja yang tersingkir jika semua penjaga SPBU, Jalan Tol, Ticketing airlines dsb digantikan oleh ICT? Dan jika suatu Negara banyak pengangguran dapatkah dikatakan sejahtera?

  22. Bill Gates berkata bahwa “ICT Dapat Mensejahterakan Bangsa” bagaimana jika diterapkan di INDONESIA???

    ICT “Akan Mensejahterakan Bangsa” Bill Gate
    Saya setuju dengan pernyataan Bill Gate karena dengan ICT dapat meringankan pekerjaan serta aktifitas dalam kehidupan manusia, penerapan ICT di Indonesia memang diakui masih kurang merata namun dengan kita sebagai masyarakat informasi bisa membantu pemerintah dan instansi terkait untuk mensosialisasikan penerapan ICT tersebut saya rasa itu akan memperbaiki keadaan kita yang tertinggal informasi menjadi yang banyak tahu akan informasi kemajuan teknologi dan perkembangannya.

  23. Indonesia Belum Mampu Gunakan ICT

    Menanggapi pernyataan seorang Bill Gates yang menyatakan bahwa “Information and Communication Technology (ICT) akan mensejahterakan bangsa-bangsa”

    Bagaimana penerapannya di Indonesia?

    Saya setuju dengan pendapat Bill Gates, hal tersebut tidak dapat dipungkiri karena dengan perkembangan ICT yang begitu pesat memudahkan seluruh lapisan masyarakat dalam memperoleh informasi dan komunikasi tanpa batas ruang dan waktu di berbagai bidang ekonomi, sosial, budaya, bahkan pendidikan yang dapat diakses online melalui internet. Hal ini perlu di apresiasi untuk kemajuan teknologi informasi dan ksejahteraan bangsa Indonesia. Tetapi kemajuan dan kesejahteraan tersebut tidak dapat terealisasi jika SDM bangsa itu sendiri masih sangat kurang dalam memanfaatkan ICT. Contohnya masih banyak masyarakat pedesaan yang belum mengenal internet padahal telah ada iklan di Televisi “Internet Masuk Desa” hal itu selain karena kurangnya rasa ingin tahu sebagian masyarakat akan informasi dan memang karena penerapan dan sosialisasi ICT yang belum merata di Indonesia. Disamping itu tidak dapat dipungkiri pula dengan pesatnya kemajuan ICT akan membawa fungsi dan disfungsi bagi masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat yang melek akan informasi dan menguasai ICT segalanya akan terasa mudah tetapi bagi yang tidak menguasainya segalanya akan terasa sulit bahkan ICT akan menguasai anda.

  24. Menanggapi dari pernyataan Bill Gates bahwa “ICT Dapat Mensejahterakan Bangsa” dan bagaimana jika diterapkan di indonesia?
    Menurut saya pendapat Bill Gates benar. namun untuk mensejahterakan bangsa perlu dibangunnya sarana dan prasarana lengkap yang mendukung ICT tersebut. khususnya di negara kita pemanfaatan ICT telah berkembang sejak tahun 1992 dan sampai saat ini terus berkembang.
    akan tetapi disini akan terjadi dilema infrastruktur, dimana pemerintah belum mampu mengembangkan sarana yang lebih baik untuk pemanfaatan ICT tersebut.
    perlu ditekankan bahwa, pernyataan Bill Gates tersebut bisa jadi untuk kepentingan perusahaannya, justru yang sejahtera bukan bangsa, namun dirinya dan perusahaannya yang sejahtera.
    Terima kasih.

  25. menurut saya setuju, ICT dapat diterapkan di Indonesia namun sebelum diterapkannya pemerintah harus terlebih dahulu mengenalkan ICT kepada masyarakat, dan memberitahukan dari sisi positif dan negatifnya.
    sebelum ICT itu diterapkan pemerintah harus dapat menyediakan saran dan prasarana, agar masayarat dapat mempergunakan ICT tersebut.
    Dan pemerintah harus bisa mengembangkan SDM terlebih dahulu, agar perkembangan ICT tidak merugikan bagi masyarakat banyak, karena perkembangan yang selalu berganti dan teknologi yang selalu berkembang dapat menimbulkan pengangguran bagi masyarakat yang belum mengerti akan teknologi.

  26. saya setuju dengan pendapat Bill gates, ICT dapat mensejahterakan bangsa.

    hal ini perlu didukungkangnya sarana yang baik untuk masyarakat itu sendiri, pemerintah harus berperan serta karena kita sebagai bangsa indonesia yang bernegara. perkembangan teknologi membuat masyarakat harus lebih waspada akan bertambahnya teknologi yang semakin canggih. kehilangan mata pencaharian bisa berpengaruh dengan kehidupan masyarakat di era modern ini. kita sebagai bangsa Indonesia akan ketinggalan zaman akan ke canggihan teknologi bukan karena gengsi atau malu tapi karena zaman yang sudah berbeda membuat semuanya berubah tetapi ambil hal positive dari kecanggihan teknologi jangan menjadi hal negative ctohnya : dengan kecanggihan teknologi membuat sebagian orang (anak dibawah umur) membuka situs PORNO. terima kasih….

  27. Bill Gates berpendapat bahwa “ICT dapat Mensejahterakan Bangsa” bagaimana jika di Indonesia?

    Saya sangat setuju dengan pandangan Bill Gates bahwa ICT itu mampu mensejahterakan bangsa.
    Semakin luas perkembangan teknologi ke berbagai pelosok dunia saat ini menjadi landasan betapa pentingnya ICT bagi
    sebuah negara yang ingin berkembang secara universal. perkembangan ICT dari berbagai pelosok dunia dapat memudahkan kita dalam mengakses berbagai macam informasi dunia melalui berbagai macam media teknology yang sudah marak beredar dimana-mana . Namun hal ini kembali lagi kepada kita sebagai warga negara yang sangat membutuhkan informasi tentang pemanfaatan teknology ICT bagi semua lapisan masyarakat. memang hal ini sukar dilakukan oleh semua orang jika SDM bagi masyarakat belum mencapai pada target pendidikannya. jika kita lihat pada setiap tahunnya pengangguran di indonesia semakin bertambah dan kebanyakan dari mereka buta akan perkembangan teknology yang kian pesat. oleh karenanya saya sepakat jika ICT itu mampu mensejahterakan bangsa nantinya. Namun lagi-lagi hal ini harus dilakukan dukungan dari pemerintah untuk melakukan sebuah tahapan-tahapan perkenalan ICT dan pemanfaatan dalam penggunaan ICT bagai semua lapisan masyarakat. terimakasih….

  28. Saya setuju, menurut saya ICT dapat mensejaherakan rakyat namun sebelum ICT itu diterapkan terlebih dahulu pemrintah meningkatkan SDM yang ada di Indonesia dan harus dilengkapi dengan sarana yang menunjang. selain itu tingkat pendidikan juga harus lebih ditingkatkan, agar masyarakat bisa merasakan manfaatnya.
    Dan pemerintah harus memberikan pengetahuan yang lebih terhadapa masyarakat agara masyarakat tidak menyalah gunakan pengunaan ICT.

  29. mampukah ICT MENSEJAHTRAKAN BANGSA SEPERTI YANG DIUNGKAPKAN BILL GATES?saya rasa saya setuju dengan pendapat tersebut karena zaman globalisasi ini menjadikan ikon pada abad 21.seperti yang diungkap oleh c.mcluhan”global vilage”bahwa segala apa yang terjadi dibelahan dunia lain akan mempengaruhi kondisi negara lain pula”menitik beratkan pada ICT bahwa pengaruh komunikasi menjadi sangat mudah terealisasikan.namun bagaimana dengan implementasinya di Indonesia,hal itu belum lah efektif namun menurut data depkominfo sebagai wadah pemerintah dalam merealisasikan ICT diIndonesia bahwa perkembangannya menjadi signifikan dengan meningkatnya funsional komputer dan internet dimasyarakat.hal ini menjadi sorotan tajam apa hubungan antara kesejahtraan dengan ICT,bahwasahnya ketidakpahaman akan ICT menyebabkan digital devide yang menjadikan bangsa akan kebodohan,yang seharusnya ICT mampu memberikan kontribusi akan pemanfaatan untuk melihat peluang usaha yang berdampak pada menurunnya pengannguran,seperti banyak timbulnya para pioneer perusahaan independent software(isv)walaupun hal demikian masih dipandang sebelah mata oleh negara lain hal ini menjadi motivasi untuk mengembangkannnya karena pemerolehan devisa negara maju adalah reproduksinya pada ICT .Indonesia yang memilki SDM dan alam sangat ironis jika tingkat kemiskinan sangat tinggi hal ini karena peran ICT belum efektif pada berbagai aspek kehidupan,karena negara kita sekarang hanya mampu menjadi konsumen aktiv saja.semoga ICT dapat menjadi solusi peluang usaha,memudahkan terealisasinya program pemerintah,komunikasi efektif antar beberapa daerah terpencil didaerah,peningkatan media massa yang berpengaruh mencerdaskan bansa.Dalam perkembangan kedepan bahwa pada tahun 2010 akan ditargetkan terselesaikannya pembangunan jaringan infrastruktur palapa ring dan memperluas jaringan fiber optik ,hal ini menjadi media efektif agar ICT terealisi dalam kehidapan masyarakat indonesia dan akan berdampak pada kesejahtaraan bangsa.amiennn

  30. saya sepakat dengan pendapat Bill Gates yang menyatakan bahwa ICT akan mensejahterakan Bangsa. dengan perkembangan teknologi maka semakin mudahlah bagi manusia untuk dapat mencukupi kebutuhannya. Dengan teknologi canggih, maka manusia dapat memenuhi kebutuhannya dengan lebih cepat dan lebih murah.
    Bahkan berkembangnya suatu Bangsa dan Negara pun ditandai pula dengan berkembangnya teknologi terlebih khususnya teknologi komunikasi dan informasi.

  31. menurut saya ICT sangat diperlukan oleh masyarakat di Indonesia,karena hal ini dapat menjadi alat atau perantara yang baik dan efektif dalam penggunaan media web dalam hal teknologi,merupakan yang paling dibutuhkan untuk masa sekarang dan selanjutnya,sehingga penggunaanya akan dirasakan untuk kelangsungan hidup bangsa indonesia.ICT akan menjadi paket yang sangat lengkap untuk penerapan hal teknologi dan komunikasi. sehingga kesan bangsa yang “gagap teknologi ” tidak akan lagi tercermin pada generasi masa depan yang harus berhadapan dengan kemajuan teknologi yang mayoritas dipengaruhi oleh bangsa asing.karena kesejahteraan suatu bangsa salah satunya tercermin dari kesanggupan masyarakat yang dapat menghadapi tatangan global.

  32. Ping-balik: meytaliana » Blog Archive

  33. Ping-balik: Aryang Creativity » Blog Archive » Teknologi Komunikasi

  34. Ping-balik: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI | Yulandari's Blog

  35. Ping-balik: Fisip » Blog Archive » sejarah perkembangan teknologi komunikasi

  36. Ping-balik: sejarah perkembangan teknologi komunikasi

  37. Ping-balik: FISIP » Blog Archive » SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI – Bag Satu 13 11 2008

  38. Ping-balik: FISIP » Blog Archive » SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI – Bag Satu

  39. menarik sekali untuk diabaca ,pengetauhuan menjadi luas .bermanfaat buat bhn tugs makalh sya . terinspirasi dehh!!!

  40. Ping-balik: SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI (Bag. I) | KMIK UBL

  41. menurut saya pribadi banyak sekali dampak media yang membuat manusia terjerumus, bahkan mereka ketergantungan…
    misalnya saja dampak dari komputer, manusia tidak berbudaya membaca lagi, mereka lebih mau men’search’ dibanding membaca buku, mencari berita pun begitu sampai mencari video atau gambar yang ‘fulgar’
    media itu memang ‘penyelamat’ tapi tidak ‘menyelamatkan’…

  42. Ping-balik: SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI | meitadina

  43. Ping-balik: SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI « ahmadjibrilhusenramadhan

  44. Ping-balik: SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI | muhammadisfak

  45. Ping-balik: Sistem Informasi Psikologi « My Mind, My Way

  46. Greetings! Very helpful advice in this particular post! It’s the little changes that produce the most important changes. Many thanks for sharing!

  47. terima kasih atas informasi sejarah teknologi komunikasi berkat ilmu ini saya bisa menyusun makalah dengan baik. saya tunggu ilmu-ilmunya lagi :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s