95 comments on “ICT-Information and Communications Technology

  1. i think what the teachers need is classroom action research (CAR)
    would you mind to up load the sample of ICT’s CAR
    many thanks and I’m so sorry with my English
    because aku wong Jowo

  2. menurut saya, salah satu tantangan bagi indonesia adalah persaingan indonesia dengan negara lain, yaitu kurangnya solidaritas serta acuh tak acuh, tidak adanya kebutuhan dari diri sendiri untuk mengembangkan information communications technology(ICT) sehingga kurangnya kerjasama sulit terbentuk,pengetahuan yang kurang luas, pengaruh budaya merupakan tantangan terberat bagi perkembangan ICT, karena pengaruh budaya sangat kuat bagi masyarakat sekitar.

  3. menurut saya, peranan Information and communication technology(ICT)telah memberikanberbagai kontribusi bagi kehidupan manusia.era globalisasi di tandai dengan adanya pertukaran informasi dan hubungan komunikasi. revolusi informasi dan komunikasi telah melahirkan peradaban baru, sehingga mempermudah manusia.

  4. Tanggapan terhadap ICT bagian 2 (limitations)

    Menurut saya benar adanya tentang berbagai hambatan yang dikemukakan oleh Bapak. Namun, kebanyakan hambatan yang dikemukakan oleh bapak bersifat teknis dan faktor ekonomi. Yang paling mendesak mungkin terletak pada kesadaran dan mental masyarakat kita terhadap era komunikasi, karena apabila masyarakat kita sudah menyadarinya, maka dengan sendirinya permasalahan yang bersifat teknis akan dapat diatasi.
    Untuk masa depan ICT di Indonesia saya juga optimis seperti apa yang dipaparkan oleh bapak.

  5. Menanggapi tulisan bapak tentang ICT 2 dan berbagai kendalanya, saya sependapat dengan bapak bahwa hambatan yang terjadi dalam perkembangan ICT dikarenakan oleh banyak faktor yang salah satunya adalah bahasa. Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang belum menyadari pentingnya mempelajari bahasa, terutama bahasa Inggris. seharusnya diperlukan kesadaran pada masyarakat sendiri bahwa bahasa bukan saja sebagai alat untuk komunikasi tapi dengan bahasa kita dapat membuka jendela dunia. dan kembali lagi dengan solusi pemeratan SDM dengan memberikan pelajaran, pemahaman akan pentingnya pendidikan.

  6. Perkembangan ICT di negara ini mungkin tergolong lambat yang diakibatkan adanya hambatan-hambatan yang real dalam segi kehidupan. hal ini dapat terlihat dari segi faktor budaya yakni masih minimnya pengetahuan dan kurangnya minat masyarakat dalam mempelajari kebudayaan di era globalisasi pada sekarang ini.

  7. setelah memperhatikan penjelasan yang dikemukakan oleh Drs. Zamris habib tentang berbagai macam kendala untuk merealisasikan dan menggunakan ICT tersebut dengan berbagai macam pemanfaatannya. kendala utama yang kerap terjadi pada masyarakat bisa dilihat dari keadaan masyarakatnya yang terlalu apatis (cuek) terhadap perkembangan informasi. di karenakan tidak adanya solusi yang kongkrit dalam tekhnik menggunakannya masih menggunakan bahasa inggris yang notabenya masyarakat masih belum menguasai bahasa inggris itu sendiri.

  8. menurut saya, ICT itu penting didalam menghadapi perubahan yang semakin maju, akan tetapi ada beberapa kendala yang menjadikan perkembangan ICT itu kurang diketahui oleh masyarakat, karena masayarakat kadang masih tergantung dengan kebudayaan dulu. solusinya penerapan ICT yang sudah ada di Indonesia khususnya harus lebih ditingkatkan dengan cara pemerintahan lebih memperkenalkan ICT pada masyarakat luas bukan hanya diperkotaan saja namun terlebih didesa-desa terpencil, agar pengetahuan masyarakat akan teknologi dan komunikasi lebih meningkat. serata penerapan ICT yang sudah ada lebih ditingkatkan lagi.

  9. Menurut hemat saya, ICT sangat mensejahterakan Bangsa karena dengan segala kebutuhan hidup manusia tidak bisa lepas dari ICT seperti halnya, sangat perlunya informasi bagi seluruh kalangan lapisan masyarakat baik menengah ke bawah maupun menengah ke atas, misalnya pendidikan tanpa dibantu dengan perangkat ICT tentunya kurang berjalan secara serentak dan menyeluruh. Contoh konkritnya penyama rataan waktu pelaksanaan Ujian Akhir Nasional yang dilaksanakan secra serentak itu Adela salah satu bentuk informasi yang harus sama rata walaupun berbeda letak wilayah. Pada penerapannya ICT di Indonesia saat ini belum maksimal dirasakan oleh seluruh kalangan, karena tidak seluruhnya masyarakat Indonesia mengetahui informasi mengenai ICT dan perkembangannya di Negara kita tercinta, Indonesia. Tapi semuanya merupakan dalam proses menuju ICT yang memberdayakan intelektualitas manusia demi masa depan Bangsa Indonesia.

    Oleh:
    Iman Syah Putra
    106051001828
    KPI V C

  10. Perkembangan ICT yang sudah ada masih mengalami banyak kendala, diantaranya adalah kurang meratanya penyebaran fasilitas ICT itu sendiri, lemahnya pendidikan yang diterapkan disekolah-sekolah, juga perhatian pemerintah terhadap manfaat dari ICT itu, sehingga tidak semua masyarakat dapat menggunakannya yang disebabkan oleh faktor diatas. Solusi agar seluruh masyarakat dapat menggunakan dan merasakan manfaat dari ICT tersebut adalah : Diterapkannya kekurangan-kekurangan yang sudah saya katakan diatas. serta kesadaran pemerintah yang tinggi jika memang benar-benar ingin negara Indonesia maju.

  11. Saat ini PC memang sudah menjadi penunjang utama dalam segala bidang terutama untuk melancarkan usaha berbisnis, berkomunikasi dan sarana belajar bagi sektor pendidikan. Apalagi dengan adanya sambungan internet. Selain mempermudah seseorang dalam melakukan transaksi bisnisnya, juga mampu membuka kesempatan besar sekaligus wawasan yang luas bagi para pencari informasi melalui internet. Namun, kembali kita harus menilik masalah yang ada pada sumber daya manusia di negara Indonesia ini. Ketika segala kemudahan dapat dicapai “hanya dengan duduk di hadapan komputer” maka sebagian orang malah menyalahgunakan fasilitas yang ada demi kepentingan pribadi. Seperti kita ketahui belakangan ini, telah terungkap woman trafficing yang beredar di situs internet. Belum lagi dengan beberapa kalangan remaja yang masih “nakal” (berpetualang di dunia maya, hanya untuk melihat gambar-gambar yang tidak senonoh). Miris sekali bukan!? Maka dari itu sebelum ICT benar-benar telah merajalela, bangsa Indonesia perlu membenahi moral-moral yang tidak bertanggung jawab. Dimulai dari menyadarkan diri sendiri akan bahayanya penyalahgunaan ICT. Setelah itu barulah kita mulai mengenalkan kepada orang-orang yang tidak mengerti tentang ICT karena betapa pentingnya bagi penunjang kehidupan. Seperti yang pernah Dosen kita katakan dalam perkuliahan: “beberapa tahun mendatang manusia yang disebut buta huruf adalah ia yang tidak mampu berbahasa Inggris dan mengaplikasikan komputer”. So, untuk para guru jangan pernah berhenti untuk selalu membimbing murid-muridnya ya…

  12. menanggapi artikel bapak tentang ict_2, saya setuju dengan adanya internet kita akan mudah mendapatkan informasi, tapi masyarakat kita masih ada yang belum bisa menggunakan internet, karena biaya yang harus di keluarkan masih terbilang mahal. dan faktor lain dari hambatan ict adalah bahasa, masyarakat kita yang tidak bisa menggunakan bhs inggris. yang membuat kita tidak bisa menerima informasi dari internet, yang pada umumnya masih banyak berbahasa inggris.penggunaan ict yang cenderung menyulitkan bagi masyarakat awam membuat informasi yang mereka dapat hanya yang mereka terima tanpa ada usaha untuk mencari informasi tersebut. harus ada pemasyarakatan ict dan mempermudah aksesnya bagi kalangan yang jarang menggunakannya karena ict merupakan bagian yang penting dalam mencari informasi yang di butuhkan.

  13. Kendala penerapan ICT di Indonesia yaitu: Pertama, kurangnya sosialisasi pemerintah melalui Depkominfo kepada masyarakat mengenai penggunaan ICT itu sendiri atau manfaat dari ICT. Sehingga belum bisa diketahui banyak oleh khalayak umum khususnya di daerah-daerah. Jika sosialisasi dilakukan dan tepat sasaran maka ICT akan diterima mayarakat baik kalangan menengah keatas maupun menengah kebawah. Sosialisasi pemerintah bisa melalui media massa seperti iklan layanan masyarakat di televisi, radio, media cetak (koran, majalah dsb) atau ada tim khusus yang langsung mendatangi masyarakat di desa-desa untuk diberikan penyuluhan mengenai ICT. Solusi lain adalah pemerintah daerah mulai menggunakan layanan publik yang baik dengan memanfaatkan ICT ini, seperti pelayanan pajak, listrik, Kendala kedua adalah sebagian sumber daya manusia di Indonesia masih lemah. Peran pendidikan sangat penting untuk menunjang lemahnya sumber daya manusia tersebut. Dengan kata lain, kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Kualitas sumber daya manusia juga ditentukan oleh kualitas pendidikan bangsa tersebut. Contohnya dalam penerapan ICT di bidang pendidikan seperti, di sekolah-sekolah, masih banyak kendala yang dihadapi seperti keterbatasan biaya dan tenaga operasional.Untuk menerapkan ICT dibutuhkan tenaga khusus, karena tidak setiap guru mampu mengoperasikan ICT. Untuk sekolah yang sudah memiliki kemampuan baik tenaga dan biaya tidak menjadi masalah, namun sekolah yang miskin dan tenaga guru pas-pasan tentu akan semakin menghambat penerapan ICT di Indonesia. Biaya untuk penggunaan ICT pun cukup mahal di negara kita ini, sehingga mempengaruhi masyarakat. Tidak heran jika masyarakat berpikir dua kali untuk menggunakan ICT ini. Sehingga tidak aneh juga ketika sekolah-sekolah menerapkan ICT kemudian biaya iuran sekolah pun ikut mahal, tentu hal ini menjadi hambatan bagi orang tua siswa yang kurang mampu. Kendala ketiga adalah mengubah paradigma dan cara berpikir sumber daya manusia secara keseluruhan dilingkungan kantor maupun dilingkungan lain dari yang terbiasa menggunakan cara-cara manual ke digital. Jika SDM sudah memahami betapa sangat bermanfaatnya menggunakan ICT maka paradigma atau cara berpikir akan berubah dan beralih menjadi pengguna ICT, kemudian menanggalkan cara-cara manual. Kendala ke empat adalah mengenai pasokan listrik dalam penerapan ICT, menggunakan ICT tentu menguras banyak pasokan listrik. Sudah menjadi rahasia umum, tidak ada yang bisa menjamin pasokan energi listrik termasuk dari PLN sendiri. Bahkan kini pemutusan aliran listrik secara bergiliran sudah menjadi keniscayaan.

  14. PC?Memang merupakan salah satu produk ICT. Semenjak tahun 1994 personal computer telah merajalela dikalangan masyarakat Indonesia, apalagi dikalangan orang-orang yang duduk dibangku sekolah, perkuliahan dan para pembisnis. Personal computer merupakan salah satu alat penunjang dalam melakukan segala aktifitas, misalnya PC bisa membantu dalam mengerjakan tugas bagi orang-orang yang masih duduk dibangku sekolah ataupun perkuliahan, karena PC merupakan salah satu alat atau sarana belajar. Semakin majunya perkembangan teknologi di Indonesia, maka semakin bertambah pulalah produk-produk dari ICT. Internet misalnya, salah satu manfaat adanya internet yaitu sebagai sarana pencari informasi. Tetapi sayangnya, produk ICT yang satu ini malah disalah gunakan oleh sebagian orang di Indonesia. Banyak sekali situs-situs porno yang ditemukan di internet. Inilah salah satu kelemahan bangsa Indonesia terhadap ICT. Bangsa Indonesia belum mampu mengelola ICT dengan baik, selain itu bangsa Indonesia juga belum menyadari, memahami dan mengetahui manfaat apa yang bisa dihasilkan dari ICT tersebut. Meskipun disebagian lembaga-lembaga sudah menggunakan produk ICT ini. Agar bangsa Indonesia mau menyadari, memahami dan mengetahui manfaat dari ICT serta menggunakannya, kiranya harus diadakan sosialisasi mengenai ICT tersebut. Dalam hal ini pemerintah juga harus ikut andil misalnya pemerataan ICT dipedesaan ataupun di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh ICT. Kalau tidak ada itu semua apa yang dikatakan Bill Gates mengenai “ICT bisa mensejahterakan bangsa-bangsa” nonsense!!!

  15. Menjawab pertanyaan mengenai tantangan ICT di Indonesia:
    ICT mengalami perkembangan yang sangat hebat. Hadirnya internet berhasil menembus hambatan geografis, batasan negara, ras, adat dsb. Mungkin kita pernah mendengar istilah “1000 negara di dunia”, maka itu akan dapat terwujud dalam dunia maya melalui komputer yang terhubung ke setiap individu penggunanya. Yang berperan disini bukanlah negara melainkan individunya, keberhasilan suatu negara dalam persaingan global ditentukan oleh keberhasilannya menghasilkan sumber daya manusia yang siap untuk bersaing, disamping tentunya pengadopsian ICT. Contohnya India kini menjadi salah satu negara yang kuat ICTnya, Cina pun demikian bahkan yang saya ketahui bahwa Taiwan menjadi basis perkembangan ICT yang dapat menyaingi Amerika. Agar tidak tertinggal jauh, Indonesia harus dapat dengan cepat mengimbangi perkembangan negara-negara tersebut. Sumber daya alam harus dipersiapkan sedemikian rupa sehingga dapat survive dalam iklim globalisasi. Cepatnya perkembangan ICT merupakan tantangan yang tidak ringan bagi Indonesia. Tetapi semua itu bukan berarti semua orang di Indonesia terlambat dalam menerima perkembangan teknologi. Secara individu maupun kelompok kecil banyak orang Indonesia yang sangat cepat menerima perkembangan ICT tersebut. Tantangan ICT yang saya baca dari sebuah artikel cukup menarik perhatian, yaitu menurut John Naisbitt: “Yang Penting Adalah Perangkat lunaknya“ Ini bukan hanya perangkat lunak untuk teknologi melainkan juga perangkat lunak untuk manusianya. Memasuki perdagangan bebas asia dan dunia, globalisasi komunikasi, maka tantangan terbesar yang muncul adalah bagaimana kita mempersiapkan individu-individu yang siap untuk terjun dan bersaing dalam dunia internasional. Keterlambatan Indonesia dalam mengadopsi teknologi komunikasi dan informasi dapat berakibat terhadap ketertinggalan lebih jauh dalam bidang sumber daya manusia.
    Pendidikan menjadi faktor terpenting bagi Indonesia dalam menghasilkan individu-individu yang siap untuk terjun dalam persaingan bebas. Selain itu tantangan ICT juga banyak mempengaruhi keberadaan media massa di Indonesia. Kemudian kemajuan ICT seperti adanya 3G, GRPS dan juga kemajuan pesat internet sangat mempengaruhi media massa dalam menyajikan informasi dan berita kepada publiknya.

  16. Tantangan penerapan ICT bagi bangsa Indonesia:
    Jika menilik tantangan penerapan ICT di Indonesia, sepertinya masih sulit sebab archipelago state ini terbentur dengan berbagai kendala. Karena itu, beberapa kendala yang menjadi tantangan penerapan ICT bagi bangsa ini harus diminimalisir, seperti kendala biaya operasional yang relatif mahal, kurangnya SDM bangsa yang fokus dalam bidang ICT, rendahnya minat dan motivasi masyarakat untuk memanfaatkan ICT secara maksimal, serta sistem dan sarana proses belajar-mengajar yang masih lemah dalam lingkungan pendidikan di Indoensia.

    Selain itu, tantangan penerapan ICT di Indoensia bukan hanya pada hal-hal diatas namun yang paling utama adalah strategi penerapan ICT secara nasional yang saya anggap kalah cepat dengan bangsa lain, jangankan kalah dengan bangsa yang maju, persaingan dengan bangsa-bangsa yang ada di dunia ketiga pun indonesia masih kalah gesit. sementara dilain sisi, kita juga tidak memiliki pemimpin dengan visi TI yang kuat. Faktanya, pemimpin kita adalah interpreneur bukan sejatinya pemimpin dengan kekuatan melayani dan mengabdi sepenuhnya untuk rakyat.

    Karena Indonesia disodorkan dengan berbagai fenomena ICT diatas, maka Indonesia secara menyeluruh harus punya agenda aksi yang jelas dan diaplikasikan secara intensif. Artinya, dalam pergulatan teknologi yang makin berkembang, pembahasan ICT di Indonesia tidak hanya sebatas wacana namun perlu kerja konkrit untuk mengaplikasikannya. Saya teringat sebuah anekdot yang pernah saya baca, yaitu “negara-negara eropa telah ke bulan dengan berbagai tumpukan besi dan mesin, sedangkan Indonesia telah ke bulan dengan berbagai tumpukan makalah dan artikel” huuuh lucu memang, hehehe… setidaknya, anekdot ini melambangkan lambannya kinerja bangsa ini di bidang teknologi.

    Dengan berjuta tantangan yang mengiringi perjalanan bangsa ini dalam peningkatan penerapan ICT, maka tidak ada alasan untuk kita supaya masih berleha-leha dalam melakukan sebuah perubahan besar secara perlahan-lahan. Kini, hal terpenting bagi bangsa ini adalah memecahkan rekor pribadinya dalam penerapan ICT dengan berusaha menanggulangi kendala-kendala yang ada dan memanfaatkan secara maksimal ICT dalam sektor pendidikan, guna menciptakan SDM yang mumpuni dan komprehensif dalam bidang ini.
    Pada intinya, Indonesia akan terus belajar dan mewariskan budayanya dengan baik jika mempunyai sumber daya manusia yang mapan dan keinginan yang kuat untuk menguasai dan memanfaatkan ICT secara maksimal.

  17. Tantangan ICT bagi bangsa indonesia sangat hebat sekali karena ICT di indonesia sudah berkembang pesat, hampir semua masyarakat indonesia pada zaman sekarang sudah mengenal ICT, memang tak bisa dipungkiri dengan adanya internet, masyarakat indonesia dapat mengetahui segala informasi seeluruh dunia melalui internet tersebut,apalagi sekarang HP sudah canggih program internet melalui hp sudah berkembang pesat sehingga kegunaan hp selain untuk berkomunikasi kita pun bisa mengetahui informasi dengan luas. Tapi ICT juga menjadi tantangan sekali bagi bangsa Indonesia karena ICT juga mempunya nilai positif dan negatifnya, semua tergantung dari diri manusia masing-masing, terkadang ICT hanya digunakan untuk nilai negatifnya saja contohnya seperti video porno ataupun hal-hal yang tidak bermopral sehingga ICT digunakan terhadap hal-hal yang tidak benar,oleh karena itu ICT tidak bisa dinilai dari sisi positifnya saja,tetapi ICT juga menjadi tantangan bagi kita dari sisi negatif juga. Dengan ICT semua orang bisa lebih tau, lebih berwawasan luas, serta lebih kreatif dan inofatif

  18. Tak ada suatu negara yang dapat bertahan untuk tidak menyertai revolusi informasi. Adanya revolusi informasi tersebut menuntut adanya kapabilitas dan intelektualitas masyarakat Indonesia. Disandarkan dengan bangsa Indonesia yang dari segi pendidikan dan ekonomi saja masih kurang (tidak merata) merupakan sebuah tantangan besar untuk pemerintah Indonesia dan kita selaku masyarakat khususnya. Dari beberapa halangan PC –Internet yang disebutkan di atas, seperti bahasa, pengganggu software dengan tersebarnya virus-virus computer, keamanannya, dsb dapat dengan mudah kita kalahkan dengan pengetahuan dan aplikasi kita terhadap perkembangan ICT tersebut. So we can face this era globalisation by smiling :)

  19. AKU GURU MODERN?
    Ya, saya adalah salah satu guru modern yang selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman baik itu ilmu pengetahuan maupun tehnologi. Salah satu upaya nyata saya adalah mengikuti program AKTAIV untuk meningkatkan profesional saya sebagai guru Hal ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru untuk menyampaikan materi pembelajaran yang saya ajarkan di kelas dengan menggunakan model, metoda, dan pendekatan pembelajaran sehingga saya mampu menyampaikan materi dengan kreatif, efisien dan efektif guna mencapai kompetensi pembelajaran.

    NURUL ISKY HASANAH (A4B)
    nurulisky@yahoo.com

  20. Tantangan ICT di Indonesia sangat bagus, itu semua berfungsi untuk menjadikan negara ini maju dalam bidang teknologi namun belum sepenuhnya Indonesia dapat memanfaatkan ICT, salah satunya kurangnya SDM dalam menerapkan atau memasyarakatkan ICT ke masyarakat pedalaman, tantangan ICT sendiri memberikan kemajuan bagi kehidupan sosial, ekonomi, politik maupun budaya. dengan maraknya internet, handphone, tv, dll menjadikan kita mudah menyerap segala informasi. tantangan yang harus kita waspadai adalah bagaimana kita memafaatkan ICT itu sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi menjaga nama baik moral negeri.

  21. ICT sebagai salah satu kemajuan teknologi sesuai dengan manfaatnya yaitu mempermudah cara kerja di setiap bidang, sayangnya ICT belum bisa dirasakan merata oleh semua daerah yang ada di Indonesia. Tenaga ahlinya pun belum banyak yang mampu menguasai ICT. Segala keterbatasan yang Indonesia hadapi dalam menggunakan ICT tidak membuat kita putus aral, walaupun belum bisa menggunakannya dengan maksimal tapi kita masih bisa mempelajarinya. Semoga Indonesia bisa perlahan tapi pasti dapat menggunakan ICT.

    Kalau penggunaan ICT di UIN,.. boleh juga nih dicoba kalo setiap pengendara punya seperti motor/car card yang akan memasuki/keluar dr UIN. Repot kan kalo setiap hari mau keluar mesti keluar masukin STNK, cape deh!

  22. Menurut saya dunia teknologi informasi dan komunikasi (ICT – Information and Communication Technology) adalah dunia yang sangat dinamis, bergerak sangat cepat memimpin perkembangan jaman. oleh karena itu kita sulit untuk mengenal lebih dalam mengenai ICT tersebut karena sangat cepat berkembang dan terus menerus meninggalkan kita.
    Tantangannya adalah bagaimana kita mampu menyesuaikan diri dengan terjadi perkembangan ICT tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi kekurangan pengembang ICT adalah melalui pendidikan dan diseminasi pengetahuan di bidang ICT melalui program-program yang mampu mempermudah kita mengenal lebih jelas apa itu ICT. Jika kita sudah mengenal dan bisa menggunakan ICT secara mahir, maka itu akan mempermudah jalan kita untuk berkembang dan terus maju dalam kehidupan masyarakat.

  23. Dari apa yang saya pahami dari penjelasan tentang Information and Communication Technology (ICT) di artikel bapak, bahwa ICT adalah sebuah wadah untuk semua kemajuan teknologi yang ada saat ini, di dalam wadah itu ada berbagai macam teknologi, dimulai dengan hadirnya radio, televisi, internet dan masih banyak lagi yang lainnya.
    Dan biasanya ICT ini sering disebut sebagai IT (information Technology). Dan saya dapat mengambil kesimpulan bahwa kecanggihan teknologi saat ini sudah semakin pesat, dan tugas kita sekarang ini sebagai manusia yang membutuhkan teknologi itu harus benar-benar mengikuti perkembangan zaman, jangan hanya mampu melihat atau mendengar tetapi mampu menggunakan teknologi itu untuk kemudahan dalam menjalani kehidupan ini. Karena saat ini IT sudah termasuk bagian dalam pendidikan dan pemerintahan. Karena kita adalah manusia yang membutuhkan komunikasi, komunikasi adalah bagian dari kehidupan kita tanpa komunikasi tidak akan pernah ada yang namanya kehidupan.
    Adapun kecanggihan ICT pada saat ini menjadikan sebuah tantangan untuk bangsa ini khususnya saya selaku orang akademik yang terjun di bidang komunikasi. Tantangannya, sekalipun ICT sudah semakin canggih tetapi kemajuan itu tidak dibarengi dengan kemajuan di bidang pendidikan tentang IT karena SDMnya sangat kurang. Saya begitu tertantang ketika membaca artikel bapak tentang Indonesia belum mampu gunakan ICT, di mana yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah SDMnya. Sebelum para murid mengerti apa itu IT??Sebaiknya guru atau dosen yang terlebih dahulu mengerti apa itu IT, jadi tidak ada lagi guru yang “GAPTEK”, dan diharapkan merata bukan hanya guru yang mengajar dibadang IT saja yang mengerti tetapi Guru agama dan guru-guru dibidang lain pun harus juga mengerti sekalipun itu bukan bidangnya.
    Itu tantangan dari segi SDMnya, lalu apa tantangan dari pemerintah, pemerintah pun harus benar-benar memperhatikan tentang kesiapan pendidikan menghadapi kemajuan teknologi, dengan cara memberikan fasilitas IT ke seluruh sekolah, sekalipun itu di pelosok. Dan ini harus dipukul rata, jangan membiarkan anak dipedesaan semakin menjadi orang yang deso(kalo kata mas Tukul) karena tidak pernah melihat bagaimana keadaan di belahan dunia sana.
    Namun, saat ini sepertinya pemerintah sudah mulai memperhatikan tentang masalah ini, dimulai dari program pemerintah yaitu Internet masuk desa. Dan semoga nantinya akan terus berlanjut program pemerintah yang akan memajukan pendidikan di Indonesia ini lewat kemajuan teknologi.
    Kemajuan demi kemajuan terus berjalan, bahkan di Amerika sudah tidak menggunakan jasa manusia untuk transaksi di tol. Apakah di Indonesia sendiri bisa seperti itu? Ini adalah sebuah tantangan atau malah sebuah ketakutan?? Ingin rasanya Indonesia bisa seperti itu, tetapi begitu banyak pertimbangan dalam hal ini. Seandainya Indonesia seperti itu, lalu para pekerjanya mau dikemanakan? Berarti makin banyak lagi beban pemerintah, karena begitu banyaknya pengangguran. Solusinya adalah seandainya ingin seperti itu, pemerintah harus menyediakan lapangan pekerjaan baru untuk orang-orang yang “tergusur” pekerjaannya karena kecanggihan sebuah mesin.
    Dengan kehadiran televisi dan internet bisa membuat sebuah konflik baru dan kemerosotan kebudayaan. Misalkan televisi yang menampilkan cara orang-orang barat berpakaian saat ini mulai dicontek oleh para remaja di Indonesia. Awalnya Indonesia adalah negara yang berbudaya melayu, tetapi saat ini budaya Indonesia sudah menjadi budaya melayu yang kebarat-baratan. Dan dalam bidang internet bisa menimbulkan konflik seperti kasus pelecehan Nabi Muhammad saw. Yang bisa di akses di seluruh dunia dalam hitungan detik., Solusinya, seharusnya insan pertelevisian bisa memberikan batasan-batasan agar kebudayaan di Indonesia tidak tercampur dengan budaya barat. Dan juga para remaja bisa lebih bijak dalam mengahadapi persoalan ini dan bisa menjaga dengan baik kebudayaan di Indonesia. Dalam segi internet harus diadakan Cyber Law yang tegas agar orang yang pintar dalam segi IT, tidak menyalahgunakan kemajuan teknologi untuk hal-hal yang tidak baik.
    Tantangan demi tantangan yang ada saat ini sudah saya paparkan, semoga dengan adanya diskusi ini kita bisa berpikir bersama-sama bagaimana keluar dari tantangan-tantangan di era globalisasi saat ini dan bisa menjadikan bangsa ini jauh lebih baik lagi dibidang Information and Communication Technology(ICT). Semoga!!!

  24. Tantangan ITC di Negara kita iaa?? Ah itu sih bukan tantangn melainkan sesuatu yang harus benar-benar kita manfatkan. Tapi emang sih belum menyeluruh, nah itu dia masalahnya kenapa ITC belum merata?? harusnya itu yang menjadi topik kita kali ini yaitu tentang belum meratanya ITC bukan tantangan adanya ITC…Gimana iaa??
    Gini deh buktinya dengan pemanfaatan tugas yang Bapak berikan ke mahasiswa dengan cara seperti ini,dalam segi ekonomi emang sih berat buat mahasiswa yang pas-pasan tapi percaya deh hal ini tuh menguntungkan banget, pertama hemat waktu, tenaga, dan kita gak jadi gaptek. Tapi gimana dengan mahasiswa yang tinggal nun jauh disana yang jarang ada internet bahkan sinyal pun susah?? apa mereka bisa merasakan keefektifan seperti kita?? itu sebenarnya yang jadi masalah…
    klo kita selalu menyalahkan SDM Indonesia yang gak “mutu”, itu salah besar,. tengok deh Prof.Habibi yang udah mengoptimalkan otak di bidang teknologi. Roy Suryo yang kini jadi ahli telematika, dan tidak menutup kemungkinan suatu saat, saya pun menjadi penerus mereka,. amin dong!!!
    sekarang ratain aja dulu deh teknologi mpe ke pedalaman baru kita ngomongin tantangan,.
    Segala sessuatu itu harus kita laksanakan bukan kita pikirkan.(ini pepatah turunan keluarga saya lho Pak)
    So must go on iaaa…..

  25. Tantangan ICT bagi bangsa Indonesia, seperti kita ketahui di indonesia masih belum meratanya masyarakat yang mengenal ICT. berbeda dengan masyarakat yang hidup diperkotaan yang telah mengenal dan akrab dengan ICT. diwilayah pedesaan walaupun sebenarnya ICT sudah menyebarkan virusnya namun masyarakat pedesaan masih belum dapat memaksimalkan penggunaan ICT. misalnya sekarang ini HP tidak hanya berfungsi untuk telepon dan mengirim pesan saja, namun telah dilengkapi dengan internet. walaupun begitu masyarakat pedesaan sebagian besar belum mengetahui kegunaannya apalagi untuk memanfaatkannya untuk mencari informasi dengan lebih mudah dan cepat.karena belum adanya sosialisasi di pedesaan mengenai perkembangan ICT. untuk itu tugas kita semua yang telah dapat maksimal menggunakan ICT agar masyarakat di pedesaanpun dapat mengenal ICT. tidak terlepas dari peran pemerintah sendiri dalam pemerataan ICT di Indonesia dari kota hingga desa.

  26. ICT yang saya pahami merupakan media yang tidak sulit untuk diterapkan di era masa kini.hal ini menjadi sesuatu yang terlihat “tabu” bagi pengguna teknologi apabila dalam praktek penggunaan ICT sendiri tidaklah secara merata dan penerapannya sendiri terlihat sangat minim,baik dari segi ekonomi,SDM,dan sosialisasi pemerintah,sehingga kesan masyarakat “gagap teknologi” akan terus melekat pada bangsa Indonesia.pada sisi ekonomi,masyarakat Indonesia yang tidak dapat menjalankan ICT pasti akan sulit untuk pengoperasiaanya,karena untuk mendapatkan fasilitas yang canggih pastinya tidak akan mengeluarkan cost yang minim,hal ini menjadi hambatan yang umum terjadi dewasa ini.pada segi SDM,masyarakat akan terlihat “gaptek” apabila minat kita untuk tertarik pada hal yang berhubungan dengan teknologi canggih saja tidak ada,bahkan terlihat “alergi” dengan hal yang berbau IPTEK,minimnya pendidikan menjadi hal yang utama teersorot pada konteks ini.dari segi sosialisasi pemerintah,ICT hendaknya sudah dijadikan suatu keharusan dalam kehidupan keseharian,baik dimulai dari bangku pemerintahan itu sendiri,maupun pengenalannya pada masyarakat luas,terutama pada daerah tertinggal,yang belum merasakan mudahnya berkomunikasi dengan media ICT.jadi ICT,masih perlu,dan sangat perlu untuk diperhatikan bagi masyarakat luas,karena saya sangat yakin,apabila dalam penerapan ICT terjadi secara optimal,hal ini akan menjadi bekal kesiapan masyarakat Indonesia dalam menghadapi keterpurukan teknologi…

  27. ICT yang saya pahami merupakan media yang tidak sulit untuk diterapkan di era masa kini.hal ini menjadi sesuatu yang terlihat “tabu” bagi pengguna teknologi apabila dalam praktek penggunaan ICT sendiri tidaklah secara merata dan penerapannya sendiri terlihat sangat minim,baik dari segi ekonomi,SDM,dan sosialisasi pemerintah,sehingga kesan masyarakat “gagap teknologi” akan terus melekat pada bangsa Indonesia.pada sisi ekonomi,masyarakat Indonesia yang tidak dapat menjalankan ICT pasti akan sulit untuk pengoperasiaanya,karena untuk mendapatkan fasilitas yang canggih pastinya tidak akan mengeluarkan cost yang minim,hal ini menjadi hambatan yang umum terjadi dewasa ini.pada segi SDM,masyarakat akan terlihat “gaptek” apabila minat kita untuk tertarik pada hal yang berhubungan dengan teknologi canggih saja tidak ada,bahkan terlihat “alergi” dengan hal yang berbau IPTEK,minimnya pendidikan menjadi hal yang utama teersorot pada konteks ini.dari segi sosialisasi pemerintah,ICT hendaknya sudah dijadikan suatu keharusan dalam kehidupan keseharian,baik dimulai dari bangku pemerintahan itu sendiri,maupun pengenalannya pada masyarakat luas,terutama pada daerah tertinggal,yang belum merasakan mudahnya berkomunikasi dengan media ICT.jadi ICT,masih perlu,dan sangat perlu untuk diperhatikan bagi masyarakat luas,karena saya sangat yakin,apabila dalam penerapan ICT terjadi secara optimal,hal ini akan menjadi bekal kesiapan masyarakat Indonesia dalam menghadapi keterpurukan teknologi.
    (106051001853)

  28. Tantangan ICT bagi bangsa Indonesia,kembali pada individu masinng-masing, ketika kita mempunyai keinginan untuk mengembangkan diri dengan membedah dan mempelajari ICT. namun kita pun tidak boleh terlarut dengan teknologi yang ada. kita harus bisa memilah dan memilih positif dan negatifnya bagi kehidupan kita. apalagi sekarang ini kita dapat lebih mudah dan cepat mengakses internet dengan HP, dengan fasilitas internet di Hp setiap orang dapat kapan dan dimana saja ngenet. tanpa adanya kesadaran pada diri individu itu sendiri mereka dapat mengakses hal-hal yang tidak baik. untuk itu harus adanya sosialisasi akan penggunaan ICT agar tidak disalahgunakan. dengan begitu tugas kita semua dalam menghambat situs-situs yang dapat merusak moral dengan tidak ikut membukanya.

  29. Menaggapi tulisan Bapak tentang ICT..

    Perkembangan Information and Technology Communication begitu cepat sehingga berdampak pada berbagai sendi kehidupan manusia. Tidak dapat dipungkiri bahwa kenyataannya disamping ICT memiliki dampak negatif, ICT memang mempermudah manusia dalam memperoleh informasi dan komunikasi dengan siapapun, dimanapun dan kapanpun bahkan dari belahan dunia manapun yang berbeda budaya, ras dan suku bangsa. Baik melalui televisi, telephone,email dan internet, internet seperti disebutkan diatas. Namun, tantangannya bagi bangsa kita adalah bangsa ini masih sangat memiliki keterbatasan SDMnya akan kemampuan menggunakan dan memanfaatkan ICT, ini adalah tantangan besar bagi bangsa kita, karena pembangunan suatu bangsa memerlukan aset sumber daya manusia (human resources) dan sumber daya alam (natural resources) tetapi mana yang lebih penting adalah sumber daya manusianya karena sumber daya manusia adalah penggerak bagi pembangunan suatu bangsa. Dalam era globalisasi sekarang ini pendidikan yang bermutu perlu diarahkan agar mampu menyediakan SDM yang mampu memanfaatkan ICT. Dari sebuah artikel yang saya baca, pendidikan bermutu ditentukan oleh berbagai faktor, secara teoritis menurut Purwadi (2000) dan Nickerson (1985) media pengajaran adalah salah satu unsur yang penting dalam mendesain proses pembelajaran pendidikan efektif. Dan dari berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa yang paling efektif digunakan untuk mencapai mutu pendidikan dalam era globalisasi sekarang ini adalah ICT.

  30. sebagai bangsa yang maju, menurut hemat saya perkembangan ICT merupakan suatu rahmat, penemuan yang sangat membantu manusia untuk menuju kepada kemudahan, kecepatan, sehingga tercipta kedinamisan hidup dengan adanya berbagai informasi yang beragam dan berwarna kita dapat memilih, menyeleksi suatu informasi yang sesuai dengan kebutuhan kita sebagai manusia yang menuju masyarakat informasi. tentu semua itu harus dibarengi dengan kapabilitas kita sebagai manusia terpelajar. Revolusi komunikasi dan Perubahan yang cepat ini didorong oleh adanya berbagai penemuan di bidang teknologi. Sehingga apa yang dulu merupakan kendala dalam kegiatan komunikasi [belum ada hp, internet, dll], sekarang sudah terbuka lebar. Seseorang dapat berhubungan dengan keluarganya yang jauh di pulau seberang atau bahkan di lain negara tanpa dibatasi oleh faktor ruang dan waktu. “Tidak ada kemajuan tanpa tantangan” itulah semangat kita aebagai generasi yang terpelajar, yang harus menambah kualitas intelektual kita dalam mengendalikan informasi (my Be) dengan cara menyeleksi semua informasi dari yang dihasilkan teknologi komunikasi. Dari semua itu, kemajuan Iptek dalam berbagai wujudnya hanya bagian kecil dari kemahakuasaan Allah SWT atau perwujudan kemahakayaan-Nya. dibandingkan dengan penemuan manusia, karena dibalik penemuan manusia sangat sarat ketidak sempurnaan (banyak kekurangannya) bahkan madharatnya lebih banyak dari pada manfaat untuk generasi berikutnya. Always Keep Our Spirit for to be Human behing the ICT!!!!!!!!!! Study, study n study, don’t n never give Up!. Thanks n Wassalam.

  31. menurut saya tantangan-tantangan ICT bagi Indonesia sangatlah banyak dimulai dari warga indonesia yang harus dikenalkan tentang ICT hingga bagaimana pemanfaatan ICT itu sendiri di negara kita. jika indonesia ingin menggunakan ICT maka harus dilihat dulu dari kesadaran akan peran masyarakatnya dari berbagai lapisan. jangan sampai hanya masyarakat yang mampu saja yang dapat menggunakan dan memanfaatkannya fasilitas ICT, tetapi masyarakat bawah juga harus merasakannya. oleh karena itu jika indonesia ingin membangun ICT maka indonesia juga harus benar-benar siap menghadapi berbagai macam tantangan yang harus dihadapi, karena semua itu merupakan proses untuk maju.

    salah jikalau kita hanya mengatakan semua itu karena SDM nya yang belum siap, lantas kapan dong SDM nya bakalan siap menerima ICT di Indonesia?? oleh karena itu kita hrus selalu siap menerima perubahan dalam hal yang baik dan bermanfaat bagi hidup kita kelak.

  32. Tantangan ICT bagi Indonesia….???
    Peran ICT terhadap berbagai bidang kehidupan sangatlah besar, karena mampu mengubah cara orang berkomunikasi, cara orang bekerja, atau dengan kata lain mengubah cara hidup. Tetapi penerapan ICT memiliki tantangan tersendiri. Masalah muncul ketika aktivitas yang berbasis ICT berinteraksi dengan orang-orang yang masih gagap teknologi. Proses komunikasi teknologi informasi akan tersendat, bahkan tidak berfungsi ketika berhadapan dengan manusia-manusia yang belum terlalu akrab dengan komputer, jaringan dan internet. Menurut saya ada tantangan penerapan ICT selain faktor ekonomi yaitu sarana dan prasarana, masyarakat dan individu. tantangan yang ada dalam sarana dan prasarana adalah software yang digunakan untuk fasilitas pendukung ICT sebagian besar belum berbahasa indonesia.Sedangkan tantangan dalam masyarakat adalah kurangnya SDM yang mampu untuk memjadi teknisi alat-alat yang mendukung penerapan ICT. Dan yang terakhir adalah tantangan dalam individu adalah masih adanya orang-orang yang phobia terhadap pertumbuhan dan penerapan ICT yang diakibatkan oleh masih adanya mentalitas rendah.

  33. Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang akan atau sedang berjalan pastinya banyak mendapatkan suatu hambatan dan tantanggan, begitu juga dengan tantangan ICT di Indonesia banyak faktor-faktor yang menjadi tantangan diantaranya SDM, dana, sikap masa bodoh masyarakat serta pendidikan yang rendah yang mengakibatkan tidak meratanya penggunaan dan pemahaman tentang ICT, salah satunya yang sudah di terapkan di Indonesia adalah internet, ya…lagi-lagi walaupun internet penyebarannya sudah meluas tetep aja yang menjadi tantangannya yaaa masyarakat itu sendiri bahkan mahasiswa juga banyak tuh yang masih belum ngertiiiii paling-paling make internet cuma wat chating dari yang cuma cari temen, pacar ampe cari pasangan juga ada lohhh(bagi yang JOMBLO). padahal internet tuh bukan cuma bisa dipake wat itu aza kan. ya….bisa dibilang internet tuh otaknya dunia he2x semua nya adaaaaaaaaa..
    “ICT hadir menawarkan kemudahan dan memajukan Bangsa dan Negara”(@_@)cieeee…

  34. Tantangan penerapan ICT di Indonesia ???
    di era informasi seperti sekarang ini penggunaan ICT sudah bukan hal aneh lagi, bahkan anak – anak sekolah dasar pun sudah banyak yang menggunakannya, hanya saja baru sebatas penggunaan dan mereka belum mampu mengusai nya. kemudian masalahnya adalah penerapan ICT di indonesia yang masih belum merata, dan mereka baru bisa menggunakan tapi belum mampu menciptakan.yang ke dua adalah pemerintah yang belum bisa masuk ke pedalaman dan hanya berada di sektor – sektor besar, dan tenaga – tenaga ahli dalam bidang ICT itu sendiri masih sangat jarang bahkan hampir tidak ada, atau indonesia nya saja yang masih kaget dengan kemajuan teknologi kita sekarang ini, karena hanya mereka yang mampu saja yang akan bisa merasakan perkembangan teknologi untuk mereka yang pas – pasan atau bahkan kurang tidak akan bisa tau perkembangan bahkan persaingan di dunia teknologi. Indonesia adalah bangsa yang besar, maka itu jangan mau di permainkan oleh mereka yang kecil.dan bangsa ini tak kan berkembang jika mereka hanya memikirkan perutnya ketimbang bangsa atau generasinya. penerapan ICT YAKUSA

  35. Menaggapi penyataan bapak di atas..
    ICT berperan penting bagi kemajuan bangsa, tetapi apakah bisa diterapkan di Negara Indonesia., ini yang menjadikan polemic Negara kita yang sulit berkembang, jika ada saran dan prasarana ynag lengkap kita bisa menyaingi Negara maju..tapi apakah Negara Indonesia bisa??? Pemerintah selaku pembawa negara yang maju harus menjadikan Negara kita lebih lebih baik lagi dan menyaingi negara berkembang.
    Belum meratanya ICT yang membuat belum maju nya Negara ini, di samping sarana dan prasarananya, dari segi pemerataan ICT dari desa terpencil yang belum sampai teknologi seperti internet sebagai sarana pendidikan terkini dan lain-lain.
    Tetapi sedikit perubahan yang berarti ketika bangsa ini tidak terlalu gaptek dengan teknologi masa kini yang canggih seperti di per kotaan dengan dunia yang mewah, dia bisa tahu akan segala hal dengan teknologi terkini.. yang berbeda jauh dengan masyarakat pedesaan yang notaben miskin dan terpinggirkan karena kekurangan materi.
    Sebaiknya pemerintah harus lebih membuat meratanya program ICT bagi bangsa ini, untuk masa depan yang lebih cerah lagi.

  36. Menurut saya tantangan ICT di Indonesia masih sangatlah beragam yakni kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentang pentingnya ICT itu sendiri dengan cara menambah eskul di sekolah, keterbatasan bahasa terutama bahasa Inggris, serta virus-virus yang tersebar di komputer, seperti yang telah bapak sebutkan di atas. Tantangan terbesar bagi tumbuh kembangnya internet di Indonesia sebenarnya ada di berbagai sisi. Dalam hal infrastruktur, Indonesia sangat jauh tertinggal dengan Negara lain. Untuk itu pemerintah perlu mendukung pemain di industri infrastruktur internet agar pertumbuhan infrastruktur jaringan internet dapat menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Di sisi konten juga Indonesia memiliki tantangan besar.
    Keamanan jg menjadi penting ketika seluruh kehidupan ekonomi terkait dengan internet. Kejahatan virtual secara personal bisa saja terjadi seperti pencurian kartu kredit, spam email, dll. Dalam dunia bisnis juga dikhawatirkan akan terjadi kekacauan jika saja ada pihak yang merusak sistem. Seperti digambarkan dalam film Die Hard 4.0. Bisa saja fenomena itu menjadi kenyataan ketika semua sistem sudah saling terkait melalui internet. Pemerintah dalam hal ini harus benar-benar serius menghadapi permasalahan ini. Dan menurut saya perlu dibentuk tim khusus yang menangani kejahatan virtual di Indonesia.

  37. Perkembangan ICT merupakan sebuah keharusan dalam era modern. Perkembangan dunia global sangat menuntut masing-masing individu mampu untuk mempergunakan, mengoperasikan dan memanfaatkan guna keberlangsungan kehidupan mereka.
    Dalam konteks sosial dan kemasyarakatan, ICT mampu membentuk opini masyarakat yang pada akhirnya dipergunakan sebagai sebuah peraturan yang tidak tertulis.
    Sebagai contoh, kehidupan artis yang diekspos melalui media audio visual (TV, internet, dll) tidak menutup kemungkinan akan memberikan sebuah persepsi yang berbeda dalam diri masyarakat. sehingga, nilai yang diperoleh juga akan berbeda dan aplikasi yang berbeda pula.
    Selain itu, ICT juga mampu mempermudah kehidupan manusia. Sebagai contoh, informasi pada wilayah dunia maya (internet) dengan fasilitas komputer dan satelit tidak akan sampai kepada kita (masyarakat) jika kita tidak mengetahui cara mengoperasikannya. Olehnya, secara umum masyarakat sangat dituntut mampu mengenal, mengoperasikan dan memanfaatkan alat dan media ICT.

  38. Menanggapi pertanyaan bapak mengenai, Tantangan penerapan ICT di Indonesia. Menurut saya salah satunya adalah Pemahaman dan Penerapan ICT pada beberapa daerah di Indonesia masih belum merata. Yang mana pada dasarnya ICT dapat mengubah cara orang berkomunikasi, cara orang bekerja, cara orang belajar atau dengan kata lain mengubah cara hidup,dengan kata lain mau tidak mau masyarakat itu sendiri harus mampu berinteraksi dengan alat- alat elektronik yang cangih karena jika tidak impian tentang indonesia yang maju, indonesia yang kaya akan orang-orang yang berpendidikan dan berakhlak tidak akan terwujud…….cukup sekian dan terimakasih.

  39. Menurut saya tantangan bagi dunia ICT di indonesia ialah, Sumber daya manusianya itu sendiri yang belum mampu memanfaatkan ICT dengan baik, jika kita lihat program pemerintah dengan istilah “internet masuk desa” mungkin cukup baik buat perkembangan ICT di indonesia, tapi apa yang dapat dilakukan jika fasilitas yang telah memadai sedangkan SDMnya belum bisa memanfaatkan ICT dengan baik? pada akhirnya pendidikanlah yang dapat memecahkan segala tantangan di dunia ICT indonesia, dengan pendidikan yang baik maka ICT dapat dimanfaatkan oleh masyarakan indonesia, sehingga fasilitas yang disdiakan oleh pemerintah menjadi tidak sia-sia.

  40. Tidak di pungkiri bahwa saat ini adalah zaman modern, zaman teknologi. dan kehidupan kita sehari-hari tidak luput dari teknologi itu sendiri contoh misalkan handphone saat ini HP sudah menjadi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi.
    Adapun ICT di indonesia sudah berkembang baik itu dari dunia pendidikan, bisnis, komunikasi dsb.
    Namun nyatanya, sekalipun dunia sudah berteknologi canggih lagi-lagi masyarakat indonesia belum siap akan ICT itu sendiri. masih banyak masyarakat yang belum tahu bahkan buta tentang ICT itu sendiri walaupun sudah merambah ke dunia pedesaan.
    oleh karena itu menurut saya pemerintah harus terus mensosialisasikan tentang ICT, dan memfasilitasinya. karena mau tidak mau kita tidak bisa menghindar bahkan lari dari ICT.

  41. menurut saya yang menjadi kendala dalam penerapan ICT adalah masalah bahasa. karena sebagian besar internet menggunakan bahasa inggris dalam mengaksesnya. namun sebagian besar rakyat indonesia tidak semuanya menguasai bahasa lain selain bahasa indonesia. hanya orang-orang yang berpendidikan saja yang mampu berbahasa asing. dan sebagian rakyat indonesia yang belum bisa bagaimana cara menggunakan internet itu sendiri. padahal internet saya berguna bagi kemajuan rakyat indonesia. dengan adanya internet kita bisa mengenal dunia luar itu seperti apa?

  42. menanggapi pernyataan bapak tentang ICT.
    menurut pengamatan saya ICT hadir untuk memudahkan manusia dan memajukan bangsa, hanya sekarang tinggal manusianya saja yang dapat memanfaatkan ICT dengan sebaik-baiknya.
    masalah terbesar adalah rendahnya minat dan motivasi masyarakat untuk memanfaatkan ICT secara maksimal. Tapi ICT juga bisa menjadi bumerang untuk bangsa Indonesia dan menjadi tantangan yang luar biasa jika digunakan oleh tangan-tangan nakal, karena ICTpun tidak selamanya membawa kebaikan untuk negara karena ICT pasti mempunyai nilai positif dan negatif, semua tergantung dari diri manusia yang bisa memanfaatkan ICT dengan baik. tapi pada kenyataannya kebanyakan ICT hanya digunakan untuk hal-hal yang bernilai negatif saja contohnya seperti membuka situs-situs yang bersifat pornografi ataupun hal-hal yang tidak bermoral.
    tinggal kita sebagai pengguna ICT yang baik (^,~) dapat memanfaatkan ICT dengan sebaik-baiknya, dan semoga benar adanya jika ICT itu dapat mensejahtrakan bangsa kita.

  43. menanggapi pernyataan bapak tentang ICT.
    menurut pengamatan saya ICT hadir untuk memudahkan manusia dan memajukan bangsa, hanya sekarang tinggal manusianya saja yang dapat memanfaatkan ICT dengan sebaik-baiknya.
    masalah terbesar adalah rendahnya minat dan motivasi masyarakat untuk memanfaatkan ICT secara maksimal. Tapi ICT juga bisa menjadi bumerang untuk bangsa Indonesia dan menjadi tantangan yang luar biasa jika digunakan oleh tangan-tangan nakal, karena ICTpun tidak selamanya membawa kebaikan untuk negara karena ICT pasti mempunyai nilai positif dan negatif, semua tergantung dari diri manusia yang bisa memanfaatkan ICT dengan baik. tapi pada kenyataannya kebanyakan ICT hanya digunakan untuk hal-hal yang bernilai negatif saja contohnya seperti membuka situs-situs yang bersifat pornografi ataupun hal-hal yang tidak bermoral.
    tinggal kita sebagai pengguna ICT yang baik (^,~) dapat memanfaatkan ICT dengan sebaik-baiknya, dan semoga benar adanya jika ICT itu dapat mensejahtrakan bangsa kita.

  44. menurut saya tantangan ICT dindonesia yaitu kurangnya sdm, kurangnya pemanfaatan teknologi yang sudah ada. dan yang terlebih lagi masih ada sebagian orang yang menggunakan teknologi tersebut untuk hal-hal negativ salah satunya situs-situs porno yang tersebar di internet. hingga saat ini masih ada orang yang masih gagap teknologi karena kurangnya pendidikan atau pengetahuan sehingga mereka kurang berminat menggunakan teknologi yang sudah ada.

  45. Cepatnya perkembangan ICT merupakan tantangan yang tidak ringan bagi Indonesia. Indonesia terlambat dalam mengadopsi teknologi komunikasi khususnya internet. Tetapi semua itu bukan berarti semua orang di Indonesia terlambat dalam menerima perkembangan teknologi. Secara individu maupun kelompok kecil banyak orang indonesia yang sangat cepat menerima perkembangan teknolgi tersebut. Banyak yang berhasil dalam bisnis tersebut. Tantangan terbesar yang muncul adalah bagaimana kita mempersiapkan individu-individu siap dalm iklim globalisasi.Hal ini sangat berimplikasi terutama dalam hal pendidikan. Jika pendidikan Indonesia tidak mengalami perubahan yang berarti, maka ketertinggalan kita akan semakin jauh. Saat ini saja masih banyak Perguruan Tinggi yang memberikan kurikulum komputer dan teknologi informasi hanya sebatas kurikulum penunjang dengan kredit yang sangat kecil, padahal kurikulum tersebut sangat dibutuhkan oleh lulusan Perguruan Tinggi sekarang ini.Terakhir, berhasil atau tidaknya Indonesia dalam percaturan global sangat ditentukan oleh kesiapan sumber daya manusianya agar ICT dapat difungsikan untuk membantu mensejahterakan masyarakat Indonesia

  46. Menurut pendapat saya mengenai tantangan ICT di Indonesia adalah kurangnya SDM yang mampu untuk menjadi teknisi alat-alat yang mendukung penerapan ICT, kurangnya jumlah SDM yang memiliki keterampilan dan kemampuan untuk memanfaatkan informasi yang disediakan oleh teknologi informasi, masih tersendatnya komunikasi antar ahli ICT untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sehari-hari, masih hidup dan dipertahankannya budaya-budaya negatif, kebiasaan yang tidak baik dan mentalitas rendah dalam masyarakat Indonesia, misalnya korupsi, kolusi, dan lain-lain, kurangnya kedisiplinan terhadap peraturan, malas, pembajakan karya cipta (termasuk mencontek jawaban soal pada ujian), egois dan kapitalis yang mematikan fungsi sosial manusia karena selalu berorientasi kepada keuntungan material dan cenderung individualis yang sekuler, sosialis yang meniadakan sisi pribadi manusia dan menjadikan manusia hanya berfungsi sebagai makhluk komunal, kurang mengenal diri sendiri, kurang bertanggung jawab.
    Konsep penerapan teknologi informasi dan komunikasi akan percuma jika tantangan yang ada dalam masyarakat dan pribadi bangsa Indonesia tidak kita tanggulangi. Hal itu akan memperparah jika peluang yang ada tidak kita manfaatkan. Penyambutan elektronisasi dalam segala bidang harus kita persiapkan dengan pembentukan budaya baru dalam diri bangsa Indonesia. Pembentukan budaya ini tidak berarti mengganti seluruh budaya yang ada, namun lebih cenderung kepada penggabungan budaya-budaya baik yang ada pada dua kebudayaan (kebudayaan internal dan kebudayaan eksternal) dengan tujuan terciptanya satu budaya unggul yang memanusiakan manusia dan menunjukkan manusia yang menjadi dirinya sendiri namun tetap sesuai fitrahnya.
    Tantangan tersebut dapat di atasi yaitu dengan meningkatkan mutu pendidikan tentang ICT di Indonesia dan harus lebih di sosialisasikan lagi terhadap masyarakat luas

  47. berdasarkan tulisan bapak, saya dapat menyimpulkan bahwa ICT itu dapat mencakup 3 aspek baik dari lingkup TV, radio, dan internet, karena 3 aspek ini masing-masing saling berkaitan dan juga saling membutuhkan.
    Mengenai tantanganya di Indonesia yaitu dalam masalah pendidikan ICT yang belum merata serta masyarakat masih banyak yang kurang memanfaatkan ICT dalam kehidupan sehari-harinya.

  48. menerapkan ICT adalah tantangan dan bukan perkara mudah semudah membalikkan telapak tangan, kita sebagai manusia berperan penting guna memasyarakatkan ICT, dan salah satu contoh dari penerapan ICT adalah internet yang sudah mendunia dan hampir seluruh manusia telah mengetahui dan bisa mempergunakannya, internet memberi kemudahan bagi umat manusia, untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang tadinya dilakukan dengan manual, kini dapat mengakses dan mengoprasikan berbagai macam kegiatan dengan banyak tenaga dan biaya. Tetapi dibalik kenyamanan yang diberikan oleh internet banyak pula dampak negatif dengan adanya situs-situs porno yang sudah merajalela di dalam dunia maya, inilah tugas kita sebagai SDM, kita harus bisa membuat filterisasi dalam kehidupan guna menyaring seluruh hal-hal negatif dalam ICT khususnya di dalam internet.
    thanks…
    ^_^

  49. berdasarkan tulisan bapak, saya dapat menyimpulkan bahwa ICT itu dapat mencakup 3 aspek baik dari lingkup TV, radio, dan internet, karena 3 aspek ini masing-masing saling berkaitan dan juga saling membutuhkan.
    Mengenai tantanganya di Indonesia yaitu dalam masalah pendidikan ICT yang belum merata, serta masyarakat masih banyak yang kurang memanfaatkan ICT dalam kehidupan sehari-harinya.

  50. Kehadiran ICT merupakan sebuah tantangan, Namun tantangan dalam hal ini saya kira itu adalah hanyalah pernyataan bagi orang-orang yang lemah akan teknologi. sekarang dapat kita amati hampir 85% penduduk Indonesia menggunakan produk yang temasuk bagian dari ICT. kemudian dapat kita bayangkan jika semuanya ditarik kembali (tidak ada penggunaan alat teknologi), maka betapa sulittnya kita bayangkan bahwa semua akses informasi akan lumpuh total karena tidak mungkin kita kembali ke zaman dulu (menggunakan alat ketik dsb.). Menurut pernyataan saya mengenai tantangan ICT adalah bagaimana kita semaksimal mungkin untuk dapat mengembangkan perkembangan ini. itu saja! Perkembangan ICT dan tantangannya bisa kita Ibaratkan bagai singa buas yang berada dalam rumah kita, dan mau tidak mau kita akan jadi sasaran utamanya. sama seperti halnya ICT, jika kita tidak bisa memanfaatkan secara Efektif, kreatif dan proaktif maka kita akan lumpuh tergeser oleh perkembangannya. contoh kecil kita menggunakan HP tapi kita tidak bisa memanfaatkan secara positif (sebagai sarana mengembangkan wawasan pendidikan dan bisnis). ya kita cuma tahu berapa jumlah pulsa yang habis. jika ICT adalah singa yang buas maka kita harus menjinakkan agar bisa kita manfaatkan sebagai penjaga rumah kita. maksudnya adalah kita harus mengusainya sehingga dapat kita gunakan semaksimal dan sebaik mungkin terutama dalam hal pengembangan wawasan, pendidikan dan ekonomi, baik secara personal maupun universal. saya yakin jika semuanya seperti ini Indonesia akan lebih maju pendidikan maupun ekonomi.

  51. Menurut saya kendala yang paling nyata bagi perkembangan ICT di Indonesia adalah terbatasnya SDM yang mampu memanfaatkannya secara efektif dan efisien. namun begitu, pengembangan ICT merupakan keharusan terlebih bagi dunia pendidikan. sekarang tinggal dukungan pemerintah secara proaktif dan kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah informasi.

  52. ICt itu bbisa mencakup tiga aspek baiak dari lingkup TV, Radio dan Internet karena tiga aspek ini saling berkaitan dan juga saling membutuhkan. mengenai tantangannya di Indonesia kurang meratanya mengenai pendidikan ICT di masyarakat.

  53. Tantangan ICT di indonesia sangatlah besar dimana jumlah penduduk yang sangat besar dan negara kepulauan, meskipun ICT sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia sejak lama, namun hingga saat ini, perkembangan dan pemanfaatannya belum dirasakan secara luas. Indikator umum ICT Indonesia menunjukkan penetrasi PC baru mencapai 5 juta unit, pengguna internet yang baru mencapai 20 juta.Dan hanya terkonsentrasi di kota-kota besar saja seperti; Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dll. Selain itu, jumlah pengembang perangkat lunak baru mencapai 200 vendor, programmer hanya 0,1 per 1000 penduduk. Sebuah potret yang cukup menantang.

    Salah satu cara untuk mengatasi kekurangan pengembang ICT adalah melalui pendidikan dan diseminasi pengetahuan di bidang ICT dan pengembangan serta pembangunan yang mendukung ICT.

  54. Menanggapi tulisan bapak, mengenai tantangan ICT di Indonesia…
    Menurut saya, adanya ICT dapat memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi dan komunikasi dengan siapapun,dimanapun dan kapanpun. salah satu kendala yaitu kurangnya sumber daya manusia, pemerintah kurang merata dalam mensosialisasikan tentang ICT itu sendiri terutama di desa-desa terpencil sehingga banyak masyarakat yang pada zaman globalisasi ini masih gagap teknologi baik itu dalam penggunaan handphone maupun internet,dan keterbatasan bahasa juga terutama bahasa inggris yang mana sebagian masyarakat masih kurang menguasai dan memahami.
    untuk itu agar ICT bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia secara meluas,pemerintah harus meningkatkan sdm supaya Indonesia tidak tertinggal dengan negara-negara lain.

  55. Globalisasi membawa dampak pada perkembangan teknologi komunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia saya rasa masih jauh dari maksimal. Hal ini tak terlepas dari adanya tantangan yang harus di pecahkan oleh pemerintah agar teknologi komunikasi di Indonesia dapat dirasakan dan di manfaatkan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia.

    Tantangan perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia menurut saya didasaria pada dua hal, yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan keterbatasan sarana.

    SDM merupakan faktor penting dalam perkembangan teknologi komunikasi. Kurangnya pembekalan SDM dalam rangka pemanfaatan teknologi komunikasi akan menghambat. Dalam pembekalan SDM sang sekarang terjadi kurang merata, hanya lapisan masyarakat tertentu yang memiliki SDM dalam memanfaatkan teknologi komunikasi.

    Keterbatasan sarana teknologi komunikasi juga menghambat perkembangan teknologi komunikasi. karena sarana merupakan alat dalam memanfaatkan teknologi komunikasi.

    Dua hal ini haruslah berimbang, demi terciptanya pemanfaatan teknologi komunikasi di Indonesia secara maksimal.

  56. “Di dalam kemudahan itu pasti terdapat tantangan/hambatan dalam pelaksanaanya”

    hal itu juga berlaku di dalam penerapan ICT, tidak mungkin dalam penerapan ICT tidak ada tantangan/hambatan di dalamnya. menurut saya faktor utamanya adalah masalah SDM, bangsa Indonesia belum banyak memiliki tenaga yang benar-benar terampil dalam masalah ini.
    faktor lain adalah kurangnya keseriusan Pemerintah dalam masalah pengembangan ICT ini.
    Jika kedua masalah ini dapat diatasi, maka bukan tidak mungkin Bangsa Indonesia dapat lebih maju dan dapat menjadi Bangsa yang makmur.

  57. MANUSIA TANPA JIWA

    Jiwa tanpa raga adalah hampa
    Hampa tanpa jiwa adalah delima
    Jiwa adalah komandan raga
    Raga adalah sahabat jiwa
    Jadi, raga tanpa jiwa adalah mati
    Mati adalah sesaat dan pindah alam

    Jiwa adalah ruh yang bergetar
    Getaran ruh adalah insting yang bertubi-tubi
    Getaran ruh adalah elastis
    Karenanya jagalah ruhmu
    Sebelum ditinggalkan teman setianya
    Teman setia ruh adalah raga

    Raga adalah kumpulan organ tubuh
    Seindah-indah organ tubuh
    Organ tubuh yang patut disyukuri
    Untuk menumbuhkan jiwa yang mutmainnah
    Mutmainnah jiwa ditempuh
    Dengan sajian-sajian kesejukan hati

    Melalui ilmu yang optimal
    Pola fikir yang sehat
    Hati yang jernih
    Pandang yang mubarroh
    Maka sungguh akan melahirkan
    Dedikasi dan semangat
    Ruhul jihad yang sempurna
    Itulah akhirnya menjadi
    Insan yang khamil

    NURUL ISKY HASANAH (A4B)
    nurulisky@yahoo.com

  58. Setelah saya membaca artikel bapak, ternyata saya harus masih banyak belajar tentang ICT karena menurut saya penerapan yang ada di Indonesia masih belum dapat dikatakan “baik” dalam hal penerapan karena di kota Jakarta saja masih banyak mahasiswa yang belum mahir dalam penggunaan ICT . Istilah – istilah yang digunakan dalam ICT belum bisa saya pahami benar secara keseluruhan. faktor yang dapat menghambat kelancaran dalam ICT bisa berupa fasilitas penunjang seperti PC yang masih banyak belum dimiliki oleh orang banyak dan masih adanya keterbatasan ekonomi. terimakasih.

  59. Setelah membaca artikel di atas, saya berkesimpulan bahwa dengan ICT dapat membuat sesuatu menjadi lebih mudah (technology makes practise) di berbagai ruang lingkup, banyak pengeluaran yang bisa “ditekan” sehingga banyak penghematan dan akhirnya memberikan kemudahan dan keuntungan. Mungkin saat ini kita memang baru mulai menerapkannya jauh tertinggal dari negara maju seperti Jepang, namun demikian hal itu justru seharusnya bisa memotivasi kita semua untuk lebih memahami dan menerapkan ICT dalam kehidupan sehari-hari…………..terimakasih

  60. Setelah saya membaca artikel bapak, saya dapat menyimpulkan bahwa ICT sangatlah penting dan bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia. Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang belum menyadari dan memahami akan ICT itu sendiri. Karena, masyarakat di Indonesia hanya sebagian saja yang bisa mengikuti perkembangan ICT tersebut. Di dalam dunia pendidikan pun, masih kurangnya sarana dan prasarana untuk memperkenalkan peserta didik pada ICT. Contohnya pada beberapa universitas ataupun sekolah yang kurang memadai sarana dan prasarananya. Sehingga, banyak generasi yang gaptek (gagap tekhnologi) dan akhirnya jauh tertinggal dengan negara lain. Hal ini dapat menimbulkan dampak krisis pengetahuan tekhnologi dan tidak dapat memajukan negara kita dengan ICT ke mancanegara. Generasi penerus hanya bisa menjadi konsumen atau pemakai bukan sebagai produsen atau penghasil. Fungsi ICT adalah untuk mempermudah terlebih dalam bidang pendidikan. Karena, dengan adanya ICT peserta didik dapat mengetahui berbagai hal.

  61. menurut saya ICT sangat membantu dalam dunia pendidikan pada zaman sekarang,sesuai dengan perkembangan teknologi,dimana kita dapat ilmu tidak hanya disekolah tetapi kita bisa mendapatkan ilmu melalui televisi,radio,internet.hanya saja masyarakat belum sepenuhnya bisa menggunakan itu semua.dengan adanya ICT masyarakat Indonesia dapat mempermudah dalam berkomunikasi dengan siapapun,dimanapun mereka berada.tetapi sayang sekali ICT ini belum banyak dikenal masyarakat,hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menggunakan teknologi komunikasi. ini menandakan minimnya bahasa yang digunakan masyarakat indonesia..terima kasih

  62. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    menurut saya dengan adanya ICT sangat berperan aktif bagi kehidupan kita di dunia khususnya kita yang menggeluti ilmu pendidikan. Dalam masa/zaman sekarang sangat dibutuhkan ICT, karna dengan ICT kita dapat maju dan berkembang baik misalnya dengan mempelajari bahasa,komputer dan alat-alat canggih yang bisa merubah zaman menjadi modern.
    Dengan bahasa kita dapat berkomunikasi dengan baik sekalipun berbahasa asing, karna dalam negara kita sangat membutuhkan berbahasa asing misalnya bahasa Belanda.Dengan bahasa itu kita dapat berkerja sama dengan negara tentangga.
    Selanjutnya dengan komputer kita bisa mempelajari bagaimana komunikasi dengan mudah dan cepat.ICT di negara kita sangat kurang meningkat dibandingkan negara lainnya. Mungkin dengan adanya persaingan ICT mudah-mudahan di negara kita(Indonesia) dapat berkembang pesat seperti negara tetangga.Dan juga harus didukung oleh pemerintah untuk mengembangkannya.
    jadi tanpa ICT sangat mempengaruhi perkembangan zaman dalam kehidupan kita, dan ICT sangat penting dalam kehidupan kita.
    Wassalam Wr.Wb

  63. asslamualaikum
    Menurut saya dalam dunia globalisasi ICT memang sangat penting di pakai dalam hal apa pun,bukan hanya di gunakan dalam suatu pekerjaan tapi penting juga dalam pendidikan yang banyak di tempuh oleh kalangan masyarakat.ICT sangat di butuhkan di zaman yang modern,apa lagi banyak teknologi yang canggih banyak pemerintah membuat alat yang mudah dan cepat di jangkau oleh kalangan orang indonesia,seperti komputer dan pesawat telepon.yang mudah di gunakan dalam komunikasi dalam jarak jauh dan dekat,di dunia yang sekarang lebih maju dan modern tidak seperti yang dulu banyak kesulitan.ICT memang suatu unggulan yang mudah di pakai dalam komunikasi sampai kepenjuruan yang jauh termasuk di luar negri mudah di terima.

  64. ASSALAMUALAIKUM.Wr.Wb
    Selamat siang pak dosen!!!!!!!!!!!!!!!
    HUBUNGAN ICT DLAM DUNIA PENDIDIKAN
    Dalam artikel bapak yang di tuliskan dalam bahasa inggris yang menjelaskan tentang ICT
    Menurut saya hubungan ICT dalam era globalisasi sekarang ini dalam dunia pendidikan sangatlah penting,karena dengan adanya tiga komponen tersebut dalam pendidikan maka proses belajar mengajar semakin terarah
    INFORMATION:sangatlah penting karena komponen tersebut dapat menambah wawasan tentang dunia luar bagi pendidik dan peserta didik
    COMUNICATIONS:sangatlah penting karena komponen tersebut membahas tentang bagaimana seorang pendidik menyampaikan materi kepada peserta didik agar peserta didik dapat dengan mudah menangkap materi yang telah disampaikan oleh pendidik.
    TECHNOLOGY: sangatlah penting karena komponen tersebut merupakan suatu alat untuk membantu memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi dan dapat memudahkan daya tangkap peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan oleh pendidik
    WASSALAMUALAIKUM.Wr,Wb

  65. Fungsi dari teknologi adalah untuk mempermudah. Begitu juga dengan ICT yang dapat mempermudah dalam dunia pendidikan. Tetapi banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mengerti apa itu ICT, bahkan mereka belum mengerti apa fungsi dari ICT itu. ICT menjadi seakan percuma bagi orang yang belum atau tidak mengerti apa itu teknologi. Walaupun demikian, ICT sangat berguna dalam dunia pendidikan. Namun butuh waktu untuk mengetahui dan menggunakan ICT. Munculnya ICT merupakan salah satu jalan keluar untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

  66. Ass…

    Disadari atau tidak kita sekarang telah memasuki pada perkembangan teknologi ICT (Information and Communication Technology)yang maju pesat sekali di era globalisasi. Pengaruh globalisasi ini semakin terasa berkat semakin banyaknya saluran informasi dalam berbagai bentuk media, baik media cetak ataupun non cetak, broadcast maupun non broadcast, elektronik mupun non elektronik seperti surat kabar, majalah, radio, TV, telepon, fax, komputer, internet, satelit komunikasi dan sebagainya…..,
    Maka ICT itu sangat penting sekali untuk dunia pendidikan dikarenakan dengan menggunakan teknologi yang sedang berkembang sekarang maka, dunia pendidikan kita tidak akan tertinggal oleh perkembangan teknologi.
    Dan dengan menggunakan ICT maka akan memudahkan proses belajar mengajar disekolah-sekolah sehingga dapat memudahkan anak didik menerima materi yang disampaikan oleh guru..
    Dan dengan adanya ICT yang digunakan disekolah-sekolah adalah suatu bekal penerus bangsa untuk menghadapi era globlisasi yang sangat maju pesat…
    Jadi, amat sangat memprihatinkan bila masih banyak masyarakat pedalaman kita yang belum menikmati adanya ICT (Information and Communication Technology)..
    karena mereka akan semakin tertinggal, tertindas, bahkan terabaikan…

    Wsl…

  67. Information and Comunications Technology (ICT) di Indonesia, bisa dikatakan baru dimulai perkembangannya. Sebab dari data yang ada bahwa negara kita tertinggal kurang lebih selama 15 tahun dengan negara Jepang ( negara yang teknologi sangat maju ), dalam hal ini Indonesia hendaknya menyikapi dengan serius, sebab ICT di saat ini hendaknya dapat di manfaatkan dan di rasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Sebab tujuan dari tekhnologi adalah mempermudah kehidupan manusia. Terlebih dalam dunia pendidikan pun harus luput dari perkembangan ICT, setidaknya harapan saya di tiap – tiap sekolah harus sudah mempunyai sarana ICT.

  68. Assalamualaikum wr.wb

    pengaruh positif INFORMATION TECHNOLOGY and COMMUNICATION terhadap dunia pendidikan…………..
    menurur saya ICT tidak hanya digunakan dalam dunia pemerintahan saja namun sangat berperan penting dalam dunia pendidikan.Apalagi dalam menghadapi era globalisasi sekarang ini. Pendidikan tidak akan maju tanpa adanya ICT tersebut karena dunia pendidikan memerlukan berbagai informasi2 yang luas dari berbagai sumber. serta perkembangan teknologi sekarang ini misalnya adanya program internet masyarakat dengan mudah dan cepat untuk memperoleh informasi aktual dan pengetahuan luas. dan munculnya berbagai jaringan komunikasi untuk mempermudah memperoleh berita dari berbagai penjuru dunia

  69. asalam setelah membaca dan menelaah artikel bapak tentang information,comunication & tehnology, maka menurut hemat saya ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan antara satu dan yang lain nya karena dari ketiganya saling berkaitan,dan ICT merupakan suatu keharusan yang harus diperhatikan secara serius oleh kita sebagai generasi yang hidup dalam dunia yang moderen seperti saat ini, sebagaimana kita ketahui dalam kaitannya dengan dunia pendidikan ICT sangat di butuhkan karena dengan adanya ict se orang guru dapat meyampaikan infor masi kepada peserta didiknya dengan mudah begitupula dengan comunication,menberkan kemudahan kepada pendidik dalam bertukar pikiran gengan peserta didiknya sehingga tercipta suasan belajar yang terlihat hidup dan dapat memotifasi peserta didik untuk berpikir lebihdewasa sedangkan technologi sendiri juga sangat penting peranan nya dalam pendidikan karena dengan technologo yang memadai maka proses belajar megajar pun akan berjalan denga baik sebab tersedianya sarana dan prasarana yang di butuh kan dalam pendidikan
    wassalamualaikum.wr,wb

  70. Pemanfaatan ICT di indonesia sudah sangat berkembang,akan tetapi bila dibandingkan dengan negara-negara lain apalagi Jepang, masih sangat tertinggal.Hal ini dikarenakan SDM kita yang masih kurang memadai dalam menerima perkembangan teknologi.Hal inilah yang menjadi tantangan maupun PR bagi pemerintah dalam memajukan ICT.Sebenarnya pemerintah sudah berusaha untuk memajukan ICT di Indonesia seperti dengan mengadakan warung-warung informasi (warnet), ini adalah sebagian pemerintah untuk memajukan ICT di Indonesia, akan tetapi kesadaran akan kebutuhan ICT di Indonesia masih sangat minim. Padahal banyak sekali yang bisa kita kerjakan dengan ICT dan semua pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan praktis. Dengan ICT kita bisa mengakses informasi dari seluruh penjuru dunia, tanpa harus mencari ke perpustakaan, kita juga bisa berdiskusi secara on-line, ICT juga bisa mempermudah proses belajar mengajar, menciptakan proses belajar yang lebih enjoy, aktif dan lebih mandiri.
    Sekarang yang menjadi tantangan adalah bagaimana usaha pemerintah dalam memajukan ICT di Indonesia, yaitu dengan cara meningkatkan SDM dengan banyak memberikan semacam pelatihan atau pembekalan tentang manfaat penggunaan ICT. Dan meningkatkan kesadaran mereka akan kebutuhan ICT dizaman sekarang ini.

  71. Assalamu’alaikum
    ICT (information, comunication and technology) adalah bagian yang sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, karena hal itu dimaksudkan supaya mutu lulusan pendidikan Indonesia dapat berkompetisi dan sejajar dengan pendidikan luar,dengan adanya ICT maka para peserta didik dapat memperoleh informasi dari luar sehingga ia dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan perkembangan zaman, dapat menggunakan teknologi dalam mencari ataupun menerapkan pengetahuannya dan dapat berkomunikasi dengan baik . Untuk itu maka diharapkan pada setiap lembaga-lembaga pendidikan disediakan sarana-sarana yang mendukung ICT yang merata sehingga semua lapisan masyarakat dapat merasakannya. Dengan adanya ICT tersebut maka akan mempermudah kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.Dengan penguasaan ICT maka lulusan-lulusan pendidikan di Indonesia diharapkan dapat berperan dalam kemajuan era globalisasi yang semakin kuat.

    Wassalam…

  72. Pemanfaatan ICT di indonesia sudah sangat berkembang,akan tetapi bila dibandingkan dengan negara-negara lain apalagi Jepang, masih sangat tertinggal.Hal ini dikarenakan SDM kita yang masih kurang memadai dalam menerima perkembangan teknologi.Hal inilah yang menjadi tantangan maupun PR bagi pemerintah dalam memajukan ICT.Sebenarnya pemerintah sudah berusaha untuk memajukan ICT di Indonesia seperti dengan mengadakan warung-warung informasi (warnet), ini adalah sebagian cara pemerintah untuk memajukan ICT di Indonesia, akan tetapi kesadaran akan kebutuhan ICT di Indonesia masih sangat minim. Padahal banyak sekali yang bisa kita kerjakan dengan ICT dan semua pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan praktis. Dengan ICT kita bisa mengakses informasi dari seluruh penjuru dunia, tanpa harus mencari ke perpustakaan, kita juga bisa berdiskusi secara on-line, ICT juga bisa mempermudah proses belajar mengajar, menciptakan proses belajar yang lebih enjoy, aktif dan lebih mandiri.
    Sekarang yang menjadi tantangan adalah bagaimana usaha pemerintah dalam memajukan ICT di Indonesia, yaitu dengan cara meningkatkan SDM dengan banyak memberikan semacam pelatihan atau pembekalan tentang manfaat penggunaan ICT. Dan meningkatkan kesadaran mereka akan kebutuhan ICT dizaman sekarang ini.

  73. ICT (information, comunication and technology) dan korelasi atau hubungannya dengan pedidikan, karena bahwasanya pendidikan merupakan proses transformasi ilmu pengetahuan, pembinaan sikap atau tinkah laku dan pembentukan ketrampilan. Sedangkan dalam proses KBM, ICT berada di dalam proses tersebut bahkan menjadi bagian yang menentukan dalam pencapaian tujuan pendidiakan.
    gian yang sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia

  74. ICT (information, comunication and technology) dan korelasi atau hubungannya dengan pedidikan, karena bahwasanya pendidikan merupakan proses transformasi ilmu pengetahuan, pembinaan sikap atau tinkah laku dan pembentukan ketrampilan. Sedangkan dalam proses KBM, ICT berada di dalam proses tersebut bahkan menjadi bagian yang menentukan dalam pencapaian tujuan pendidiakan.
    Oleh karena itu, ICT merupakan bagian yang sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

  75. Di dalam kemudahan itu pasti terdapat tantangan/hambatan dalam pelaksanaanya,
    hal itu juga berlaku di dalam penerapan ICT, tidak mungkin dalam penerapan ICT tidak ada tantangan/hambatan di dalamnya. menurut saya faktor utamanya adalah masalah SDM, bangsa Indonesia belum banyak memiliki tenaga yang benar-benar terampil dalam masalah ini.
    faktor lain adalah kurangnya keseriusan Pemerintah dalam masalah pengembangan ICT ini.
    Jika kedua masalah ini dapat diatasi, maka bukan tidak mungkin Bangsa Indonesia dapat lebih maju dan dapat menjadi Bangsa yang makmur.Dalam segala macam aspek kehidupan.

  76. Bismillahi Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Information and Communications Technology/ICT adalah sebuah istilah, termasuk dari semua tekhnologi memanipulasi komunikasi dan informasi dan terkadang istilah itu sering digunakan dalam mengistilahkan informasi tekhnologi terutama sekali dalam komunitas, pendidikan dan pemerintahan.
    ICT dan pendidikan hubungannya erat karena pendidikan merupakan proses pencarian ilmu pengetahuan dan ICT merupakan bagian sari pendidikan tersebut.
    ICT ini dapat menjadi perubahan sarana di negara berkembang, secara bebas ICT ini digunakan oleh siswa untuk mengakses informasi dari buku yang mereka tidak mampu untuk membelinya. seperti internet yang membuka banyak kesempatan dengan berbagai cara weblogs, email, internet forums dll.
    Dan saat ini zaman sangat berkembang, kemajuan tekhnologi semakin canggih dan pesat. dan kita sebagai generasi penerus bangsa ini jangan mau tertinggal dengan kemajuan tekhnologi,
    Bangsa Indonesia ini akan maju dan berkembang jika kita sebagai pemuda/generasi penerus mau mengikuti perkembangan zaman.
    Pemuda bangsa ini tidak akan bodoh hanya karena tekhnologi.
    Insya Allah.
    wassalamu’alaikum

  77. Assalamuialaikum Wr Wb

    ICT terhadap perkembangan ilmu pengetahuan sangatlah mempunyai pengaruh besar.Khususnya di negara kita Indonesia yamg masih menjadi negara berkembang.Karena dengan perkembangannya merupakkan salah satu faktor yang sangat menentukkan proses pembelajaran yanb baik dan tercapainanya pendidikan Nasional dan Internasional.Namun dalam perkembangan ICT juga negara bisa menjadi hancur khususnya di bidang moral.Contohnya sekarang sudah banyak anak anak kecil yang sudah dapat mempergunakkan tehnologi canggih (hp, komputer/internet)yang mungkin orang tuanya belum tentu bisa mempergunakannya, di media media tersebut mereka sekarang banyak ditemukkan hal hal yang sangat tidak cocok bagi mereka( film porno)dan mereka dengan sengaja menyimpannya, mereka juga dengan sengaja mengoleksi berbagai macam permainan yang juga sangat tidak ada hubungannnya dengan dunia pendidikan.Dan mereka juga dapat menemukan fasilitas tesebut denagn mudah.

    Ini mungkin pelajaran bagi kita dan pemerintah untuk dapat lebih serius menyaring ICT yang masuk dari penjuru dunia antara yang baik dan tidak baik untuk dapat disiarkn keseluruh warga dunia khususnya untuk kalangan anak anak dan pelajar agar mereka dapat tidk menyalah gunakkan perkembangan ICT. Ini juga bukan berarti agar tidak adanya perkembangan ICT. Namun alangkah baiknya apabila dengan perkembangan ICT di ikuti denngan perkembangan SDM yang baik pula tanpa adanya perusakkan moral anak bangsa. Karena ICT merupakkan salah satu tombak terciptanya kemajuan bangsa dan pendidikan.

  78. Assalamualaikum Wr.Wb……….
    Information and Communication Technology (ICT), merupakan salah satu alat yang mendukung dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Korelasi antara ICT dengan dunia pendidikan berpengaruh satu sama lain.Dalam dunia pendidikan,adanya transformasi ilmu pengetahuan. Sedangkan ICT berada dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). SDM pun sangat berperan dalam meningkatkan ICT dalam dunia pendidikan. Karena dengan adanya ICT dalam dunia pendidikan, peserta didik bisa mendapatkan informasi dari mana saja serta dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki. ICT yang berada dalam proses KBM sangat menentukan tujuan dari pendidikan. Dan seharusnya lembaga pendidikan yang ada di Indonesia pun menyediakan sarana yang mendukung ICT, agar tujuan pendidikan dapat menuju tingkat maksimal serta dapat menyesuaikan di era globalisasi saat ini.
    Wassalamualaikum ……….

  79. assalamualaikum wr wb
    dalam era globalisasi saat ini di segala bidang membutuhkan Information Comunication Tecnologhi (ICT) tidak terkecuali dunua pendidikan. memang pada kenyataannya kecanggihan teknologi saat ini banyak memberikan dampak yang negatif, namun itu semua adalah dampak dari kurangnya kontrol dari lingkungan, karena tidak dipungkiri kecanggihan teknologi juga banyak memberikan manfaat unuk kemajuan dunia pendidikan khususnya, dimana dengan kecanggihan teknologi ini diharapkan peserta didik dapat mendapatkan banyak hal yang sangat mendukung dalam perkembangan dunia pendidikan. kalaupun saat ini banyak yang menyalahgunakan kecanggihan teknologi itu merupakan kesalahan dari orang-orang yang tidak dapa memanfaatkan,karena justru dari kecanggihan teknologi ini seharusnya kita dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan berbagai pengetahuan, informasi dan yang lannya. arena ilmu pengetahuan dapat di dapat dari manapun tergantung dari pribadi kita

  80. Assalamualaikum wr-wb

    Selamat malam pak…
    ICT sangat penting bagi dunia pendidikan di negara berkembang seperti indonesia ini dalam pendidikan menurut kami wajar sekali kalau pendidikan itu menggunakan teknologi karena akan mempermudah bagi manusia dalam mendapatkan pendidikan tanpa harus bayar mahal contohnya seperti mengetahui sesuatu via internet mempermudah kita dalam mendapatkan informasi tanpa membuanag waktu.information of comunication teknologi dalam pendidikan juga harus tetap didampingi dengan media lain misalnya dengan buku-buku dan teacher.kenapa kami bilang harus didampingi oleh guru karena guru disini adalah sebagai pengawas bagi kita atau pembimbing untuk kita dalam mengatur mental dan moral biar gimanapun guru tetap berpengaruh sekali dalam dunia pendidikan meskipun tanpa mengurangi pembelajaran via teknologi tersebut.Menurut kami ICT bisa disebut juga salah satu dari media pembelajaran iya toh,kenapa karena media ini bisa digunakan untuk mempermudah untuk mendapatkan pengetahuan ampe lagi dalam memajukan pendidikan di indonesia ini agar tidak tertinggal oleh negara lain.
    Maaf ye kalo ade kate-kate nyang saleh.Terimakasih.

    Wassalamualaikum………

  81. Assalamualaikum wr,wb
    met malem pak.
    sungguh ironis memang kehidupan dijaman era globalisasi ini banyak timbul manusia-manusia tanpa jiwa dikarenakan banyak kebutuhan hidup yang tak tercapai,mereka berbuat tanpa berfikir panjang dalam menempuh hidup yang akhirnya banyak pula orang-orang yang terbebebani oleh mereka(manusia tanpa jiwa) mari kita bantu mereka mari kita ajak mereka untuk berfikir lebih cerdas dalam mengambil suatu tindakan,agar manusia tanpa jiwa ini tidak terlahir maka kita harus didik mereka dengan ajaraj-ajaran agama ,karena dengan agama hidup menjadi lebih terarah.

  82. Penggunaan ICT (information comunication technology) baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia pendidikan sangat penting. karena ICT merupakan alat dimana bisa membantu atau mempermuda dalam melakukan hal. Dalam dunia pendidikan indonesia ICT baru dikenal secara menyeluruh beberapa tahun yang lalu, oleh karena itu apabila dibandingkan dengan dunia pendidikan ICT di internasional, indonesia tertinggal jauh dari negara-negara maju lain. tapi kita sebagai warga indonesia yang mengenyam pendidikan dengan mengenal ICT sangat berharap bisa lebih baik lagi, terutama untuk sarana pendidikan dimana kita mengenyam pendidikan.tks

  83. Dalam dunia pendidikan sangat penting sekali menggunakan sarana teknologi termasuk dengan ICT (information and communication technology). Para pengajar dan orang-orang sekitar masih asing bahkan belum bisa memanfaatkan untuk memperaktikan dan menggunakan ICT tersebut. Padahal ICT tersebut sangat penting dan sangat di butuhkan untuk mempermudah dalam proses pencarian dan informasi yang di butuhkan bagi pelajar dan pengajar maupun orang disekitarnya. Pada masa teknologi yang maju seharusnya setiap lembaga pendidikan mengetahui dan bisa mempraktikan ICT pada masing-masing lembaga pendidikan dan masing-masing individu. Akan tetapi sangat minim yang bisa memperaktikannya, maka dari itu kita sebagai pelajar pada khususnya dan masyarakat indonesia pada umumnya untuk membiasakan diri menggunakan ICT mulai dari sekarang agar tidak tertinggal dengan negara-negara lain.

  84. Menurut pendapat saya, IT bagi dunia pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pendidikan. Namun hal Pemanfaatan IT ini di Indonesia baru memasuki tahap mempelajari berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan memasuki milenium ketiga ini. Apabila kita amati dengan seksama, apa sebenarnya yang menjadi inti permasalahan pada dunia pendidikan, mungkin jauh lebih sulit dari menggantang asap. Berbagai hal dapat saja dipersalahkan sebagai pokok masalah yang menghambat kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Namun demikian, yang jelas-jelas dapat kita temukan sebagai suatu kecacatan ialah proses belajar mengajar konvensional yang mengandalkan tatap muka antara guru dan murid, dosen dengan mahasiswa, pelatih dengan peserta latihan, bagaimanapun merupakan sasaran empuk yang paling mudah menjadi sasaran bagi suara-suara kritis yang menghendaki peningkatan kualitas pada dunia pendidikan. Ketidakefektifan adalah kata yang paling cocok untuk sistem ini, sebab seiring dengan perkembangan zaman, pertukaran informasi menjadi semakin cepat dan instan, namun institut yang masih menggunakan sistem tradisional ini mengajar (di jenjang sekolah tinggi kita anggap memberikan informasi) dengan sangat lambat dan tidak seiring dengan perkembangan IT. Sistem konvensional ini seharusnya sudah ditinggalkan sejak ditemukannya media komunikasi multimedia. Karena sifat Internet yang dapat dihubungi setiap saat, artinya siswa dapat memanfaatkan program-program pendidikan yang disediakan di jaringan Internet kapan saja sesuai dengan waktu luang mereka sehingga kendala ruang dan waktu yang mereka hadapi untuk mencari sumber belajar dapat teratasi. Dengan perkembangan pesat di bidang teknologi telekomunikasi, multimedia, dan informasi; mendengarkan ceramah, mencatat di atas kertas sudah tentu ketinggalan jaman.

  85. Menurut pendapat saya, penggunaan ICT ( Information and communication technology) pada zaman sekarang sangatlah penting karna jika kalau tidak dimulai dari sekarang mau sampai kapan kita akan tertinggal. ICT sangatlah berpengaruh untuk dunia pendidikan baik dikalangan sekolah, mahasiswa, maupun kalangan para pekerja. oleh karena itu dunia pendidikan jangan sampai tertinggal oleh teknologi yang semakin jauh berkembang.saya berharap pendidikan diindonesia mampu mencapai pendidikan yang lebih maju dan berteknology. karna dengan ICT kita dapat mengakses semua pengetahuan yang lebih baik dan berkembang. Amiin……

  86. Sebelumnya saya minta maaf karena komentar saya ini terlambat. ICT menurut saya adalah program bagus untuk masa depan kita, saya hanya ingin mencari solusi tentang sosialisasi ICT ke masyarakat yang lebih luas dalam hal arti ke seluruh pelosok desa di Indonesia. Yang pertama-tama adalah kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan, para pendidik dan masyarakat, mulai dari tingkat kecamatan, kemudian kelurahan, lalu RW dan kemudian RT. Disana diadakan training-training tentang ICT lengkap dengan perlengkapannya, kemudian diadakan evaluasi dan pengamatan, apakah masyarakat kita mampu? dan seberapa pentingnya keberadaan ICT menurut mereka? kemudian Kalau itu semua dapat berjalan dapat kita ketahui hasilnya, barulah kita wujudkan pengadaan ICT dilingkungan kita dengan sponsor utama oleh pemerintah dan penanggung jawab adalah warga.(M. Khaidir 2005510058).

  87. ICT dalam pembelajaran saat ini sangat perlu karena dapat mempermudah guru dalam mengajar dan membuat waktu mengajarnya lebih efektif dan efisien, sehingga tugas guru yang mengajar dan memdidik dalam dilaksanakan dengan baik ,karena guru memiliki banyak waktu luang un tuk lebih memperhatikan siswa-siswinya.Selain itu pembelajaran dengan menggunakan ICT juga dpat membuat siswa lebih semangat dalam menerima pelajaran karena lebih menarik dan tiadak monoton.

  88. kami sebagai warga negara indonesia sebagai pribumi ,sumberdaya manusia semakin menurun dan selalu rayat mengelu sama pemerintah daerahkabupaten maupun provinsi ,dan solusi yang terbaik ,apa yang kami lakukan terhadap masyarakat ini.

  89. ICT — bagian dari perangkat Teknologi Pendidikan. Kalau siswa belajar dituntut untuk menguasai ICT maka itu merupakan tuntutan buat pendidik menguasai perangkat ICT itu. Bagaimana pun, banyak yang bisa dilakukan pendidik untuk itu seperti ikut seminar tentang teknologi pendidikan yang hampir tidak pernah kita dengar penyelenggaraannya. Nah… kalo ada seminar dan pameran tentang teknologi pendidikan, apa kita akan merasa terpanggil untuk ikut dan meningkatkan wawasan kita di bidang itu?????

  90. Great knowledge to learn, can i have ict definition to write down on my paper ? my greatfull (NBA)

  91. menurut saya bimbingan orang tua yang akan mempengaruhi perkembangan pada anak dan untuk mencegah kemalasan belajar sebaiknya orang tua memberikan motivasi jika nilai anaknya bagus dapat dibelikan hadiah

  92. bisakah anda menjawab pertayaan saya?
    bagaimana cara kita membimbing anak kita supaya menjadi anak berguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s