16 comments on “DAKWAH MELALUI DUNIA MAYA

  1. Sesungguhnya Allah menciptakan manusia lengkap dengan akal untuk berfikir, kemajuan tehnoligi yang semakin pesat harus diimbangi dengan ketauhidan,keimanan, dan ketaqwaan sebagai pondasi agar manusia tidak tergelincir kehal yang negatif. saya sangat setuju berda’wah lewat media ini.semoga Allah merestui kita.Amiin.

  2. Berdakwah melalui dunia maya saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tak bisa dipungkiri, karena dinilai lebih efektif dan efisien. melalui dunia maya dakwah dapat tersebar luas keseluruh dunia dalam waktu singkat dan tak terbatas. Terlebih saat ini sedang marak terjadinya Ghazwul Fikri melalui berbagai media, terutama dunia maya. Oleh karena itu menurut saya penguasaan terhadap ilmu, komunikasi dan jurnalistik melalui teknologi canggih (salah satunya dunia maya) merupakan sebuah keharusan bagi umat islam agar dapat memberikan pemahaman yang benar tentang Al-Islam.

  3. Dakwah pendidikan melalui dunia maya dilihat dari sudut segi positifnya sungguh baik karena dapat dijangkau oleh berbagai golongan belajar melalui dunia maya tidak mengenal tempat dan waktu mudah mencari ensiklopedia dan informasi yang berhubungan dan berkaitan. Waktu pun bisa di atur sesuai kebutuhan dan kesempatan. Namun dilihat dari negatifnya tempat berkarya akan menjadi lambat bila ada pertanyaan akan lambat dijawab karena yang berkepentingan mungkin tdak sdng online tp alngkah b dilngkapi dddkan rta

  4. Dakwah pendidikan melalui dunia maya dilihat dri sudut segi positifnya sungguh baik karena dapat dijangkau oleh berbagai golongan belajar melalui dunia maya tidak mengenal tempat dan waktu mudah mencari ensiklopedia dan informasi yang berhubungan dan berkaitan. Waktu pun bisa di atur sesuai kbutuhan dan kesempatan. Namun dilihat dri negatifnya tempat berkarya akan menjadi lambat bila ad pertanyaan akan lambat dijawab karena yang berkepentingan mungkin tdak sdng online tp alngkah baik dilngkapi pddkan rata

  5. menurut saya berdakwah lewat dunia maya itu banyak manfaatnya. karena banyak yang akan membaca tentang tulisan kita ( isi dakwah kita). sebab Rasullah SAW bersabda ” Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat”. dan juga dakwah melalui dunia maya dapat dijangkau oleh siapa saja yang ingin berdakwah tanpa merasa gugup
    ( grogi) sebab biasanya kalau kita dakwah didepan jamaah biasanya suka gugup dan lupa akan apa yang akan kita bicarakan. mudah-mudahan kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain dengan cara dakwah ini.

  6. Saya sangat setuju dengan dakwah yang di lakukan melalui dunia maya. Selain mudah, juga dapat di jangkau oleh berbagai kalangan. Baik laki-laki maupun perempuan, tua ataupun muda. Internet merupakan salah satu media komunikasi yang sangat berpengaruh, karena ternyata jaringan internet yang hampir menelan seluruh penjuru dunia adalah merupakan lahan luas yang dapat digunakan untuk dakwah.
    Internet juga dapat digunakan untuk ajang silaturami untuk lebih mempererat persaudaraan antar sesama muslim.

  7. Saya sangat setuju dengan dakwah yang di lakukan melalui dunia maya. Selain mudah, juga dapat di jangkau oleh berbagai kalangan. Baik laki-laki maupun perempuan, tua ataupun muda. Internet merupakan salah satu media komunikasi yang sangat berpengaruh, karena ternyata jaringan internet yang hampir menelan seluruh penjuru dunia adalah merupakan lahan luas yang dapat digunakan untuk dakwah.
    Internet juga dapat digunakan untuk ajang silaturami untuk lebih mempererat persaudaraan antar sesama muslim.

    Nama: N. Nurlaelah
    NIM: 809011000027
    Smster: V PAI
    Kelas : 1.319 UIN

  8. “sy sngt setuju jika berdakwah melalui internat.,karena makin thn intaenet itu makin berkembang,nah, apa salahnya dakwah juga ikut berkembang sesuai perkembangan
    intenet,benarkan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!”

  9. Dear MARCHSMART, saya setuju, mari kita galakan dakwah melalui dunia cyber, terimaksih atas saran dan kunjungan Anda ke Blog Media Pendidikan
    Terakhir salam kenal semoga silaturrahim ini menjadi ibadah

  10. Berdakwah di dunia Maya (cyber) harus terus eksis dan dikembangkan secara inovatif sesuai dengan kreatifitas masing-masing para da’i cyber/aktifis dakwah/umat Islam yang merindukan kebangkitan & kejayaan Dinul Islam secara kaffah. Namun, fenomena media dakwah Islam yang menyebar di dunia maya itu hendaknya tidak sebatas media yang bersifat informasi keagamaan pada komunitas tertentu, tapi juga dapat dikembangkan dengan adanya network antar media Islam untuk umat manusia seluruh dunia. Pentingnya para da’i di era digital/virtual ini menguasai teknologi informasi agar pesan dakwah dapat efektif dan praktis diterima oleh masyarakat.

  11. sudah hakikat nya dakwah yang benar ialah cara Rasulullah, yakni dengan tali siraturahim, bukan dari media online atau apalah segalanya.
    jika dikatakan apabila kaki Rasulullah dicat warna merah maka seluruh jalan-jalan kota mekah ini berwana merah. ini terbukti dakwah dalam keseriusan dengan cara amaliah bukan dengan hal… butuh pergerakan bukan dengan tulisan, yang dapat menimbulkan kesesatan.

  12. fastabiqul-khairat, terkadang orang memandang dakwah yg dilakukan ulama terdahulu itu adalah kuno, padahal justru keberkahan ada di para ulama teruatama Mualif(pengarang) kitab2 kuning itulah semurni-murninya dakwah, namun ada baiknya juga dari pada tidak sama sekali tekhnologi dijadikan sarana untk berdakwah, terpenting adalah “dilalatul-hal aqwaa min dilalatil-maqool” dakwah dngan amaliah itu lebih utama daripada dakwah dngan ucapan segaligus tulisan, mega kita selalu berada dalam bimbingan Allah Ta’ala amiin terima kasih.

  13. kita adalah ummat yang terbaik yang diciptakan untuk membawa manusia kepada yang ma’ruf atau kebaikan dan mencegah kepada yang mungkar atau keburukan…semoga Allah selalu melindungi hamba2 Allah yang bertaqwa…semoga media dakwah melalui dunia maya berkembang untuk kemaslahatan manusia bukan untuk ke zaman kejahiliyan…” Allah ya’lamu ma la’ ta’lamuna saian” Allah lebih mengetahui segala sesuatunya sebelum kalian mengetahuinya…Allahu Akbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s