23 comments on “Indonesia belum Mampu Gunakan ICT

  1. Penerapan ICT di Indonesia sebaiknya di perkenalkan dulu kepada masyarakat, agar masyarakat akan semakin mudah menggunakannya. serta menjelaskan keuntungan atau kelebihan yang dimiliki ICT itu sendiri dibandingkan dengan yang lainnya(tradisional). tapi permasalahannya ada pada pemerintah itu sendiri yang kurang tanggap akan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat, dan pemerintah juga tidak siap untuk menerapkan ICT kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

  2. Sebenarnya ICT dapat diterapkan di Indonesia dan bisa menjadikan masyarakat Indonesia lebih sejahtera apabila :
    1. Tingkat pendidikan di masyarakat indonesia lebih di kembangkan kembali, terutama dalam bidang teknologi.
    2. Sarana ICT yang memadai dan mudah dijangkau.
    3. Perhatian pemerintah terhadap masyarakat lebih di tingkatkan khususnya di daerah-daerah terpencil, sehingga seluruh masyarakat di Indonesia dapat menggunakan manfaat ICT itu sendiri.
    4. Yang terpenting adalah kesadaran pemerintah yang tinggi akan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.

    Selain itu pemerintah juga harus memperkenalkan manfaat dan kegunaan serta dampak- damapk dari ICT itu.

  3. Pada dasarnya ICT sangat penting di Indonesia, akan tetapi SDM di Indonesia sangatlah merugi karena belum mampu dalam menggunakan Information and Communication Technology (ICT) tersebut, ketidakmampuan SDM di Indonesia dalam menggunakan ICT adalah tidak tahu dan tidak mau tahu akan berkembangnya ICT tersebut, dan juga tidak adanya dukungan dari pemerintah untuk diterapkan di Indonesia, seperti yang dikatakan oleh Eko Indrajit diatas, “Telematika belum dimanfaatkan secara efektif dan efisien di pemerintahan maupun pelayanan publik”.
    Peran serta pemerintah sangat dibutuhkan didalam pemerataan dan pemasyarakatan ICT yang ada di Indonesia, karena dengan adanya campur tangan pemerintah dapat menerapkan ICT untuk dipelajari di sekolah-sekolah yang ditujukkan kepada anak-anak, karena merekalah nantinya yang akan memegang Negara Indonesia ini, seperti apa yang saya pernah dengar “THE MAN BEHIND TECHNOLOGY”.

    “Teknologi dikendalikan oleh manusia, bukan manusia yang mengendalikan teknologi”.

  4. Ketika ICT(Information and Communication Technology) diterapkan di Indonesia harusnya masyarakat sadar dan paham tentang pentingnya keberadaannya di negara ini, pada mulanya tidak sedikit masyarakat yang menganggap dengan adanya ICT maka rusaklah peradaban kita sebagai manusia. Hal ini merupakan kesalahan dan keburukan bagi bangsa ini yang selalu menilai buruk hal-hal baru tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu, maka tidak heran kalau bangsa ini terbelakang dalam peradapan. Peran serta pemerintah dan masyarakat serta seluruh elemen-elemen bangsa sangat dibutuhkan guna pemerataan ICT di Indonesia. Kenapa kita terbelakang?karena kita tidak tahu,dan kita tidak ingin mengetahui apa itu ICT, Indonesia belum mampu gunakan ICT merupakan kalimat yang tepat untuk negara, karena memang sampai saat ini belum ada peningkatan yang signifikan bagi negara ini.^_^

  5. Dengan adanya ICT, seperti dikatakan Dikti Depdikas RI Prof Paulina Panen, diharapkan agar Indonesia dapat mencapai masyarakat informasi yang saling berkomunikasi, saling memahami satu dengan yang lain, baik pada tingkat komunitas, tingkat nasional, regional, maupun internasional.
    Pemerintah juga turut mendukung pengunaan ICT, terlebih pengadaan materi dan SDM-nya. Pemerintah segera mengesahkan RUU ITE menjadi UU, karena pemerintah mempunyai kebijakan dan pengaruh besar terhadap kemajuan ICT. Tidak hanya pemerintah tapi masyarakat juga mempunyai andil yang sama dalam hal ini. Disadari atau tidak, telematika merupakan pemicu perkembangan IPOLEKSOSBUDHANKAM di seluruh Nusantara secara merata
    Bila seseorang itu telah mengetahui informasi yang benar maka terjadinya kebohongan yang dilancarkan oleh para pelaku kebohongan publik dapat diminimalisir, atau bahkan tidak akan terjadi kebohongan publik.
    Namun kenyataannya, di Indonesia sendiri belum mampu menggunakan ICT dalam segala bidang secara meneyeluruh. Hal ini disebabkan karena kurangnya SDM dalam menguasai teknologi, contohnya penggunaan komputer. Di banyak bidang masih banyak menggunakan cara lama atau manual dalam menyelesaikan tugas. Padahal jika kita bisa menggunakan ICT dengan baik, maka segala pekerjaan akan terselesaikan lebih cepat dan lebih menghemat waktu.
    Kemampuan menggunakan ICT juga dapat digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, kebudayaan, dan lain sebagainya. Penghitungan jumlah penduduk (sensus) juga akan lebih mudah jika menggunakan sisten komputerisasi. Dan ternyata ICT juga menjadi salah satu solusi pengentasan kemiskinan.
    Dengan demikian kemudahan menjalankan segala aktifitas yang mengunakan ICT menimbulkan kesejahteraan bagi penduduk Indonesia, khususnya.

  6. Di era yang serba canggih seperti saat ini, masyarakat dunia, warga Indonesia khususnya, di tuntut dapat menyesuaikan diri. terlebih dalam masalah komunikasi. Teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia sudah maju, namun penerapannya kurang maksimal. Padahal jika hal itu di maksimalkan akan dapat mensejahterakan bangsa, sebagaimana ungkapan Billl Gate.
    Information and Communication Technology ( ICT ), dapat diterapkan secara maksimal dengan cara; pertama, meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) pada masyarakyat Indonesia secara merata. Dengan hal tersebut, kemajuan teknologi dapat di ikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan benar dan baik. kedua, adanya pembinaan moral dan etika pada diri masyarakat, agar kemajuan ICT tidak disalahgunakan. Saat ini ada golongan masyarakat yang menyalahgunakan kemajuan teknologi dalam hal yang negatif dan merugikan masyarakat Indonesia. ketiga, menumbuhkah motifasi pada masyarakat untuk menggunakan dan mengembangkan ICT, serta mengenalkan manfaat penggunaan ICT yang cukup banyak, dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

  7. patut diakui kedatangan Bill Gates pada pertengahan bulan tahun 2008 ke Indonesia merupakan sebuah peluang besar bagi Indonesia untuk menjalin kerjasama dengan chairman Microsoft ini. terlebih lagi ia mengatakan bahwa ICT akan mensejahterakan bangsa-bangsa. according to me, im agree with his statement! karena dengan ICT segala kemudahan dalam melakukan aktifitas akan terealisasikan. but in other side, seharusnya pemerintah juga memperhitungkan untung dan rugi apabila jalinan kerjasama ini dilancarkan. kita semua tahu, Bill Gates akan menyumbang software dan aplikasi untuk dunia pendidikan, tapi apa pemerintah tidak memikirkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk biaya sistem operasinya?!pertimbangan lainnya yaitu, apabila masyarakat Indonesia menggunakan Microsoft maka sudah dapat diperkirakan kalau kita akan selamanya bergantung pada Microsoft. sebenarnya di Indonesia ini sudah ada peranti lunak sistem operasi terbuka/ open source software dan itu gratis, tapi mengapa sekarang pemerintah malah ingin menggunakan yang mahal?? padahal dengan menggunakan open source ini paling tidak pemerintah bisa menghemat devisa negara. that’s all from me, thank you…

  8. Mengomentari pernyataan Bill Gates, yang menyatakan bahwa “ICT dapat mensejahterakan bangsa-bangsa”, saya sangat setuju. kenapa?karena dengan semakin berkembangnya ICT di Indonesia, dapat mempermudah manusia dalam melakukan segala hal. tetapi penerapan ICT di Indonesia belum maksimal. telihat dari sumber daya manusianya yang kurang mampu dalam mengelola dan memanfaatkan ICT tersebut. padahal dengan berkembangnya ICT di Indonesia, manusia dapat memprediksikan beberapa hal diantaranya; hujan, gunung meletus dan tsunami. selain itu dengan berkembangnya ICT di Indonesia diharapkan bisa mempersiapkan dalam menghadapi bencana-bencana yang tadi telah disebutkan. sehingga dengan berkembangnya ICT di Indonesia yang semakin pesat dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia sesuai dengan UUD 1945 pasal 33. untuk itu dalam penerapan yang belum maksimal ini, diharapkan peran pemerintah serta kaum intelektual agar mensosialisasikan ICT kepada masyarakat yang belum mengenal dan mengerti apa itu ICT.

  9. Saya sangat setuju dengan pernyataan Bill Gate bahwa dengan ict dapat mensejahterakan bangsa. Karena dengan berkembangnya teknologi akan mempermudah kehidupan kita. Walaupun akan ada pula dampak negatifnya. dengan ict kita bukan saja semakin mudah dalam berkomunikasi, di bidang ekonomi pun kita akan mendapatkan kemudahan, kita bisa mengefesiensikan waktu. Di bidang pendidikan dengan ict, sekolah tidak harus bertatap muka. seperti berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh. Lalu bagaimana penerapannya di Indonesia ? pendapat Saya Indonesia sudah bisa merasakan perkembangan teknologi seperti bangsa lain, namun memang belum menyeluruh. buktinya kita tidak kesulitan lagi untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi yang kita ingin kan kapan saja dan di mana saja. begitu pun di bidang ekonomi dan pendidikan. jangankan untuk sejahtera, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa menikmati ict. ini di karenakan SDM kita yang belum bisa menggunakan teknologi yang ada, masih banyak pendidikan masyakat kita yang rendah yang tidak bisa menggunakan ict. inilah yang membedakan kita dengan bangsa lain. pemerintah harusnya sudah bisa memecahkan masalah ini, masalah SDM Indonesia yang harus di perbaiki agar bisa menggunakan teknologi yang semakin berkembang. Pendidikanlah yang harus di utamakan agar terciptanya SDM yang berkualitas, agar kita pun bisa merasakan sejahtera dengan ict seperti bangsa lain.

  10. Mengomentari pernyataan Bill Gates, yang menyatakan bahwa Information and Communication Technology ( ICT ) dapat mensejahterakan bangsa-bangsa”,
    saya sangat setuju, karena itu merupakan hal yang sangat positif bagi kemajuan negara Indonesia. jika hal itu dapat di aplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bukan tidak mungkin, bangsa Indonesia dapat lebih mensejahterakan rakyatnya.
    salah satu contohnya adalah ICT dapat memberi kemudahan-kemudahan dalam melakukan segala aspek kegiatan, mulai dari segi pelayanan masyarakat maupun dari segi yang lainnya.
    namun kemudahan-kemudahan itu tidak datang dengan sendirinya, tapi diiringi dengan kerja keras sehingga hal itu dapat terwujud dengan sendirinya.

  11. Perkembangan ICT saat ini memang sangat pesat, bahkan bagi sebagian orang ICT dianggap bagian dari kehidupan, seperti bernafas, makan atau minum yang setiap hari rutin dilakukan. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidak mudah, tidak sesederhana seperti yang kita bayangkan, butuh proses yang panjang untuk dapat memaksimalkan ICT ini. ICT menjadi sederhana atau mudah bagi mereka yang terbiasa menggunakanya, namun menjadi hal yang asing bagi sebagian orang yang tidak memahami ICT itu sendiri. Pernyataan Bill Gate mengenai ICT dapat menyejahterakan bangsa-bangsa adalah sebuah pernyataan yang bagi saya pribadi adalah benar. Terbukti, ICT sangat membantu dalam setiap kegiatan. Contoh sederhana, seorang wartawan ketika ditugaskan meliput sebuah berita dan dibatasi oleh waktu, saat itu juga harus mengirimkan hasil peliputan, ia tidak perlu mengantarkan langsung ke ruang redaksi yang jaraknya cukup jauh, tetapi ia cukup menggunakan layanan email untuk mengirim data tersebut. Tentu ini sangat membantu dari segi waktu dan biaya. Namun, patut disayangkan ketika kita berbicara mengenai hebatnya ICT tetapi tidak diimbangi dengan keadaan di lapangan khususnya di Indonesia. Masih banyak masyarakat Indonesia belum memahami makna ICT itu sendiri, sehingga pengetahuan untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari masih kurang. Untuk itu dibutuhkan sosialisasi secara continue kepada masyarakat, khususnya masyarakat di daerah-daerah yang belum terjamah ICT. Disinilah peran Pemerintah melalui Menkominfo dapat lebih mengembangkan sosialisasi ICT. Sosialisasi melalui jalur pendidikan dapat dilakukan melalui sekolah-sekolah dari tingkat SD hingga Universitas. Selain disosialisasikan, dibutuhkan juga dalam hal praktek, seperti sekolah mulai menerapkan sistem komputerisasi dalam pelaksanaan belajarnya. Sehingga mereka dapat mengenal ICT sejak dini. Selain dari bidang pendidikan, dalam dunia kerja pun mulai diterapkan ICT baik itu dibidang ekonomi, sosial-budaya, kesehatan dll. Di Indonesia sudah banyak kantor-kantor publik maupun swasta yang menggunakan jasa ICT, tinggal bagaimana memaksimalkannya. Jika ICT benar-benar dapat tersosialisasi dengan baik, maka kesejahteraan yang dimaksud oleh Bill Gate akan tercapai.

  12. Saya setuju tentang pernyataan Bill Gate, bahwa dengan ICT dapat mensejahterakan bangsa-bangsa. namun dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia dapat dikatakan mengalami kemajuan yang relatif lambat. tapi tidak daat dipungkiri bahwa kondisi di Indonesia itu memang kompleks. ditambah juga kita mengalami krisis yang berkepanjangan yang menjadikan laju perkembangan di Indonesia menjadi menurun. namun semua itu tidak dapat kita jadikan alasan terus menerus. menurut pendapat saya, alasan utama perkembangan ICT di Indonesia mengalami berbagai hambatan di antaranya karena kurangnya kesadaran pemanfaatan serta penggunaan ICT yang semestinya. hal ini dapat disebabkan karena rendahnya sumer daya insan yang berkualitas. bahkan banyak yang mengaplikasikan ICT tanpa kesadaran yang utuh mengenai manfaat yang diharapkan dari kegiatan penggunaan ICT tersebut. akhirnya kitapun tidak menyadari bahwa ICT merupakan fasilitas penunjang yang semesinya kita gunakan untuk mempermudah kehidupan kita bukan hanya sebagai keinginan untuk memiliki teknologi saja. selain itu peran pemerintah pun sangat di butuhkan, dengan meningkatkan SDM yang lebih berkualitas. maka akan mampu mengkondisikan ICT di Indonesia sehingga bangsa kita tidak tertinggal dengan bangsa-bangsa lain.

  13. Mengenai pernyataan Bill Gate yang mengatakan bahwa “ICT dapat mensejahterakan rakyat”, menurut saya, hal tersebut memang dapat mensejahterakan rakyat jika dilihat dari sisi positifnya perkembangan teknologi ini dapat dipergunakan mulai dari sektor pendidikan, pertanian, dan pertahanan negara. Contohnya di bidang pendidikan di mana saat ini internet sudah masuk ke sekolah di desa-desa terpencil untuk mengakses dengan mudah ilmu pengetahuan dengan berbagai macam perkembangannya, walaupun penyebaran internet ini belum merata. Lalu, pertahanan negara yang di tuntut untuk menggunakan alat komunikasi berteknologi canggih untuk pertahanan negara.
    Akan tetapi di sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif karena seperti yang kita tahu masyarakat negara Indonesia belum dapat menggunakan ICT dengan baik dikarenakan pendidikan dan moralitas yang masih rendah. Sehingga tidak dipungkiri media ini sewaktu-waktu bisa disalahgunakan (cybercrime).

  14. Indonesia terdiri dari berbagai macam karakteristik masyarakat, mulai dari yang awam sampai yang modern. menanggapi penggunaan ICT di Indonesia yang belum merata diakibatkan tidak berkembangnya GLOBAL VILLAGE, Yaitu pemerataan masyarakat dalam segala aspek. dari kasus itu saja sudah bisa dilihat bahwa belum berkembangnya atau belum maksimalnya penggunaan ICT di Indonesia dikarenakan tidak adanya peranan pemerintah dalam menindaklanjuti keberadaan masyarakat “awam”. jadi pada adasarnya, ICT akan “eksis” di Indonesia bilamana semua lapisan masyarakat Indonesia dapat menjangkaunya. semoga blog ini bisa bisa sampai ke mata pemerintah. amiin.

  15. ICT dalam masa globalisasi dan era modern saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup yang disejajarkan dengan human right. sebagai sebuah contoh, dalam konteks keindonesiaan dan kebangsaan, Sarana-prasarana dan media ICT inilah yang telah dan turut membantu Pemerintah Indonesia membentuk masyarakat, membangun bangsa dan menjaga keutuhan NKRI.

    Membentuk masyarakat baik dengan pendidikan dalam berbagai tingkatan, moralitas bangsa, dll.
    membangun bangsa, jika pendidikan telah diberikan dengan baik oleh pemerintah. Bisa dibayangkan jika salah satu tekhnologi semisal komputer tidak bisa kita gunakan?. mungkin data siswa, mahasiswa, pendidikan dan perkembangan serta analisanya tidak bisa kita ketahui. kalau sudah begitu..ya wassalam Indonesia.

    Jika pendidikan sudah terpenuhi dalam semua tingkatan, bangsa ini akan diisi dan dikawal oleh orang2 cerdas dan bermoral. sehingga pembangunan bangsa kearah yang lebih baik akan tercapai.

    Menjaga keutuhan NKRI: Tidak bisa dipungkiri jika Indonesia tetap berada dalam satu kesatuan sebagai sebuah nation-state, maka dengannya Indonesia dan masyarakatnya akan mampu ikut nimbrung dalam tatanan global village.

  16. Saya sangat setuju dengan pertanyaan dari Bill Gates, yang menyatakan bahwa “ICT dapat mensejahterakan rakyat”, jika kita melihat di Indonesia sebenarnya ICT sudah sangat berkembang,
    Kita melihat banyaknya penemuan-penemuan di bidang teknologi komunikasi yang bermanfaat bagi manusia Indonesia, contoh yang dapat diambil dari kegunaan ICT itu sendiri yaitu : adanya e-learning, e- library, e- mail, adanya pendidikan jarak jauh juga akibat positif dari adanya ICT itu sendiri. Perkembangan teknologi di segala bidang juga dapat mensejahterakan rakyat Indonesia sebagai contoh, pengembangan di bidang pertanian, di bidang pendidikan dan di bidang informasi.
    Mungkin permasalahan yang tedapat di negara Indonesia ini ialah kualitas dari sumber daya manusianya itu sendiri, bagaimana ICT dapat mensejahterakan rakyat di Indonesia jika SDM di Indonesia saja masih belum maju? sebab pemanfaatan ICT di indonesia hanya dapat dilaksanakan jika SDM di Indonesia sudah maju, permasalahan selanjutnya ialah permasalahan moralitas sebab jika kita lihat akhir-akhir ini banyak sekali penyalah gunaan ICT di indonesia, seperti contoh : banyaknya hal-hal yang berbau pornografi yang dapat dibuka di situs-situs internet dengan mudahnya. Pemerintah sudah sangat baik dengan mensosialisasikan software anti pornografi yang dapat di download dengan gratis sehingga penyalahgunaan ICT di Indonesia dapat di minimalisir.

  17. saya sangat setuju dengan teori Bill Gate, karena dengan adanya ICT manusia dapat melakukan segala hal. contoh: telepon, dengan ini manusia mudah berkomunikasi tanpa harus menemui orang yang bersangkutan.
    Perkembangan ICT di Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan negara-negara lain lebih maju dari kita dilihat dari sisi pengetahuan dan pemanfaatan ICT. Perkembangan ICT sangat dipengaruhi oleh peran pemerintah dan dukungan masyarakat. Peran pemerintah dapat dinilai dari upaya-upaya yang telah ditetapkan, baik regulasi pemerintah dari segi peraturan atau perangkat hukum, maupun regulasi dari segi penyediaan sarana dan prasarana ICT. Peran masyarakat, selaku pengguna dan pemakai secara langsung, juga menentukan cepat atau lambatnya perkembangan ICT. Namun kesadaran masyarakat juga tidak terlepas dari peran pemerintah. Khususnya dalam bidang pendidikan yang tidak dapat terlepas dari ICT, karena proses pembelajaran dalam pendidikan akan lebih cepat dan efektif ketika dapat memanfaatkan ICT. Selain perubahan paradigma guru, dosen dan praktisi pendidikan dalam menggunakan ICT untuk proses pembelajar tentu sangat
    berharap adanya kebijakan yang mendukung dalam bidang ICT dari pemerintah.namun masih ada masyarakat yang belum dapat memanfaatkan dan menggunakan teknologi yang sudah ada.

  18. perkembangan ICT di Indonesia cukup berperan penting untuk menjadikan negara maju tetapi karena Indonesia yang memiliki berbagai pulau, akhirnya kuranglah mempublikasikan peran ICT ke penduduk/kaum marginal sehingga yang seharusnya ICT berkembang dan berperan penting membantu mengefektifkan kerja/peran masyarakat indonesia menjadi terhambat dalam menerima informasi. walau pun ICT memiliki peran yang positif
    tetapi ICT juga memiliki sisi negatif bagi masyarakat yang tidak menggunakan ICT sebagaimana fungsinya.

  19. Pada dasarnya Indonesia mempunyai potensi untuk mengejar ketertinggalanya dalam hal Perkembangan teknologi informasi. Penerapan ICT di Indonesia akan banyak mengalami kendala-kendala mengingat Rendahnya kualitas pendidikan, dan kurangnya minat atau rasa ingin tahu masyarakat terhadap perkembangan Teknologi Informasi yang berdampak pada SDM yang kurang berkualitas. khususnya pada masyarakat di pedesaan.pemanfaatan ICT tidak akan maksimal tanpa didukung oleh lingkungan. karenanya yang paling di utamakan dalam pemerataan ICT di Indonesia ialah dari segi pendidikan karena pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas generasi penerus. dengan mempersiapkan guru dan tenaga kependidikan.

  20. Jika merujuk pada pernyataan Bill Gate, bahwa ICT akan menyejahterakan bangsa-bangsa, memang benar. Banyak bukti ICT menyejahterakan bangsa-bangsa di dunia ini, terutama di negara-negara adidaya, sebab semua pekerjaan dan urusannya lebih banyak menggunakan teknologi, sebut saja urusan-urusan dalam lahan bisnis, pariwisata, pendidikan, dan dari arena sosiokultural lainnya. Namun, bila kita rela sesaat saja untuk menilik kondisi di negara-negara bagian ke-tiga khususnya di indonesia, pernyataan Bill Gate belum sepenuhnya disadari, baik dari masyarakat sipil, militer, atau aparatur negara.

    Memang, jika menimbang kenyataan di Indonesia, ICT sudah mulai merambah wilayah sektoral seperti pemerintahan dan instansi-instansi yang bergerak di bidang ekonomi bahkan pendidikan tapi itu belum merata karena terbentur dengan banyak persoalan yang dianggap cukup kompleks, seperti biaya operasional, ketersediaan sarana penggunaan ICT, bahkan sampai pada kesadaran memanfaatkan ICT itu sendiri, hal ini seakan-akan mencerminkan bangsa kita sedang syok akibat ketidak siapan menerima perkembangan teknologi. Adapun penggunaan internet, sistem komunikasi satelit, sistem transmisi dan teknologi fiber optik, serta sistem telepon selular adalah beberapa bagian dari pemanfaatan ICT di Indonesia. Namun, andaikan sepuluh sampai dua puluh tahun kedepan Indonesia tetap stagnan pada tahap penggunaan dan pemanfaatan ICT dalam beberapa sektor diatas, maka jerat kapitalis akan tetap mengakar di tanah indonesia dengan menjadikan masyarakatnya berjiwa konsumtif. Karena itu, perlu beberapa langkah aktif dari pemerintah untuk merangsang mobilisasi pemanfatan bahkan penciptaan ICT dalam sektor lain sesuai dengan kebutuhan bangsa ini secara global.

    Ada beberapa langkah-langkah yang saya tawarkan pada pemerintah dan masyarakat, guna pengembangan dan pemanfaatan ICT di Indonesia, adalah: pertama, pemerintah perlu menunjang para ahli di bidang ICT untuk melakukan pengembangan dan penemuan baru terkait kebutuhan bangsa, baik yang mendesak atau kebutuhan dalam jangka panjang. kedua, sosialisasi atau diseminasi yang maksimal dari pemerintah terkait manfaat menggunakan ICT ke berbagai strata kehidupan masyarakat, tak terkecuali masyarakat awam. ketiga, menerapkan sistem belajar berbasis teknologi (menggunakan dan memanfaatkan ICT) di sekolah atau universitas di Indonesia yang sudah berstandar internasional, sebab hal ini juga akan mendukung kurikulum berbasis kompetensi (KBK). dan solusi yang keempat adalah, bagi setiap warga, perlu secara sadar mendorong dirinya sendiri untuk memanfaatkan ICT secara maksimal.

    Pada intinya menurut saya, jika Indonesia mau memanfaatkan dan membuat inovasi baru mengenai pengunaan ICT secara maksimal dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan, maka Indonesia sesungguhnya sedang merekonstruksi sistem dalam tubuhnya untuk kenyamanan, keamanan dan kemajuan masyarakatnya menuju masyarakat yang kreatif, modern dan mampu menjawab tantangan globalisasi yang semakin ketat. satu harapan saya untuk indonesia, teruslah jadi bangsa yang optimis untuk maju.

  21. ICT UNTUK PENDIDIKAN: SEBUAH KEHARUSAN

    Kehadiran ICT di dunia pendidikan Indonesia, adalah sebuah keharusan. Sebab, penggunaan ICT yang rendah di masyarakat, tidak boleh terjadi dalam dunia pendidikan. Amanat konstitusi yang tertuang dalam undang-undang menyebutkan, 20% APBN diperuntukkan untuk pendidikan.
    Masyarakat pemerhati ICT khususnya dalam bidang pendidikan, harus bersatu padu dalam mendorong pemerataan dan pemanfaatan ICT di kalangan pendidikan.
    Akar dari kemajuan bangsa adalah terdidiknya masyarakat yang cerdas dan dinamis.
    Jika dunia pendidikan sudah merata dalam implementasi ICT, akan mendorong pemanfaatannya di masyarakat luas.
    Dengan demikian, Indonesia akan berdiri sejajar dengan bangsa lain, dalam kemajuan ICT.

  22. Ping-balik: ilmu kependudukan

  23. Ping-balik: komunikasi massa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s