2 comments on “Akta IV – Kontrak Perkuliahan 2008/2009

  1. saya guru primitif atau guru modern?
    saya adalah guru modern karena ketika akan mengajar, saya selalu bertanya pada diri saya, apa media yang akan saya gunakan untuk materi besok, tujuan materi pembelajaran tersebut apa, sasarannya siapa, waktunya berapa lama sehingga saya dapat memilih media yang tepat yang akan saya gunakan. sedangkan kalau guru primitif bertanya apa saya perlu menggunakan media atau tidak. saya guru modern karena media telah menyatu (integrated) dalam proses pembelajaran dikelas saya. karena dengan menggunakan media, konsep yang abstrak dapat dikonkritkan, bisa menampilkan objek yang berbahaya, yang terlalu besar, yang terlalu kecil, yang terlalu lambat dan yang terlalu cepat sehingga menghasilkan keseragaman pengamatan dan persepsi pada siswa. dengan menggunakan media dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. oleh karena itu, saya adalah guru modern dimana media telah terintegrated dalam proses belajar mengajar di kelas saya.

  2. Nama : Ami Mutiyah ( A4A)

    Guru Modern Atau Primitif

    Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan, oleh karena itu pendidikan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa memiliki peranan penting dan strategis. Pendidikan berkontribusi dalam mengembangkan sumber daya manusia yang bermutu, dengan indikator berkualifikasi ahli, trampil, kreatif, inovatif serta memiliki sikap dan prilaku yang positif. Dalam hal ini seorang guru atau tenaga pendidik diharapkan untuk profesional. Pada era globalisasi dan modern ini ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang merupakan sumber bahan untuk dipelajari berkembang dengan cepat. Dalam kondisi demikian tuntutan terhadap kualitas manusia terdidik baik kemampuan intelektual, kemampuam vakasional dan rasa tanggung jawab kemasyarakatan kemanusiaan dan kebangsaan. Perana guru tidak lagi hanya memberikan pelajaran dengan ceramah dan menggunakan bahan pelajaran yang sudah ketinggalan jaman. Guru juga tidak lagi hanya membantu peserta didik dapat menjawab pertanyaan yang sifatnya hapalan, guru modern harus mampu dalam hal : merancang dan memilih bahan pelajaran serta strategi pembelajaran atau silabus yang sesuai dengan anak dengan latar belakang yang berbeda, mampu mengelola proses pembelajaran secara taktis dan menyenangkan, mampu memilih media belajar , mampu merancang program evaluasi yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang berorientasi kepada penguasaan kompetensi.
    Dalam pemilihan media belajar harus diperhatikan kriterianya seperti : tujuannya, sasaran, waktu, ketersediaan, biaya, karakteristik yang bersangkutan dan mutu. Media memiliki potensi antara lain : konsep yang abstrak dapat dikonkritkan, dapat menampilkan obyek (yang berbahaya, terlalu besar, terlalu kecil, terlalu lambat, terlalu cepat}, keseragaman pengamatan dan persepsi, menyajikan informasi dengan konsisten, membangkitkan motivasi belajar, menjangkau sasaran yang luas, mengontrol arah dan kecepatan belajar.
    Penggunaan komputer,internet , laptop dan media yang lain sudah harus dapat cara menggunakannya atau mengoperasionalkannya.

Tinggalkan Balasan

