38 comments on “Murid SD di Inggris Mesti Paham Wikipedia dan Blog

  1. Yupz, memang sudah seharusnya begitu.. Kalau tidak, ketinggalan donk !!

    So, untuk anak-anak Indonesia (mungkin tugas guru2nya kali yaa)?? .. Siap2 makin ketatnya persaingan untuk generasi anak bangsa di masa yang akan datang….

  2. dari penjelasan yang sudah dipaparkan di atas. di sini menunjukkan, bahwa Inggris sebagai negara besar dan juga maju, sangat memperhatikan masalah kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) di negara mereka. ini terlihat dengan upaya pemerintahan Inggris menyusun kurikulum baru untuk jenjang sekolah dasar (SD), yang menyebutkan ratusan spesifikasi berkaitan dengan pengetahuan alam, kewilayahan dan kesejarahan mesti dikuasai anak sebelum berusia 11 tahun sehingga mereka lebih gampang memahami pelajaran di jenjang berikutnya, juga kedepannya dapat bersaing di kancah internasional. kebijakan ini, menurut saya sebenarnya dibuat berdasarkan kesadaran pemerintahan Inggris mengenai perkembangan kemajuan teknologi yang terus berkembang. sehingga Inggris berupaya menyiapkan SDM yang berkualitas juga profesional.

  3. untuk pengembangan pengetahuan mulai dari dini seperti ini, bisa jadi menyulitkan anak itu sendiri. dimana masa anak-anak identik dengan kecerian, jam bermain mereka bisa berkurang drastis sampai dengan 5 jam hanya untuk browsing dan surfing di media maya itu. namun pengajaran seperti ini harus dilakukan agar anak-anak bisa mengikuti perkembangan IPTEK dan Teknologi serta penciptaan sumber daya manusia yang andal. program seperti ini patut ditiru di Indonesia agar bisa menciptakan SDM yang andal juga, supaya tidak semakin terkungkung oleh kapitalisme dan bisa menciptakan dunia ekonomi sendiri. namun apa daya, masalah yang begitu pelik menyulitkan untuk pengembangan pengetahuan teknologi khususnya masyarakat Indonesia sendiri masih sangat gagap teknologi.

  4. Bagus sekali pendidikan di inggris.
    Memang seharusnya pendidikan seperti itu harus diterapkan sejak dini agar perkembangan IPTEKnya semakin maju.
    Apalagi kalau sistem seperti itu juga diterapkan di negara indonesia, pasti anak2 Indonesia ngga kalah hebatnya dengan anak2 di inggris yang sudah paham dengan perkembangan teknologi informasi.
    Pendidikan seperti itu pasti bagus, karena akan melahirkan anak bangsa yang maju dalam perkembangan teknologi dan pastinya akan mensejahterakan SDM yang akan di masa yang akan datang.
    Intinya jangan jadi bangsa yang lemah dan terus menjadi bangsa yang maju.

  5. rancangan ini sangat menarik sekali karena sistem pendidikan yang seperti ini akn menjawab tantangn sekaligus menjadi pelaku terhadap globalisasi modern, serta dapat melahirkan cikal bakal Behind the technology yang canggih dan berkualitas.
    memang pada masa usia anak-anak SD, sejatinya mereka memiliki daya tangkap yang cepat dalam menangkap hal-hal yang baru di kehidupannya, terlebih lagi pendidikan. tetapi konsep ini juga harus memperhatikan faktor psikologi anak pada umumnya yang biasanya mereka lebih sering bermain dengan keceriaan,kesenangan,kebebasan, dan lain sebagainya.
    jadi metode pada sistem pendidikan ini berkaitan dengan rancangan mengenai pemahaman tentang blogging, podcast, Wikipedia dan Twitter, haruslah disesuaikan dengn kemampuan dari aspek psikologi anak pada umumnya. seperti konsep bahan materinya yang disesuaikan, kadar pemberian materinya tidak berlebihan dan hal-hal tekhnis yang menurut anak2 SD itu menyenangkan.
    apabila realisasi sistem pendidikan tersebut disinergikan dengan kondisi anak usia dini pd umumny, maka pemahamn yang diberikan nantinya bisa mencapai target yang maksimal.
    mudah2an ini bisa menjadi Inspirasi bagi tmen2 jurnalstik 6 UIN Jkarta, apabila nanti ada yang menjadi Presiden RI untuk bisa menerapkannya di Tanah Air Tercinta IndonesiaKu (amiin).

  6. Ya kurikulum tersebut sangat bagus. Jika bisa diterapkan di pendidikan nasional kita maka pendidikan nasional negeri ini akan semakin maju dan kompetitif. Menurut saya sudah seyogyanya kurikulum tersebut diaplikasikan dalam dunia pendidikan bangsa kita, sehingga pendidikan kita tidak akan tertinggal lagi dan ke depan bisa setara atau sejajar dengan pendidikan negara lain yang sudah maju. Melalui kurikulum ini siswa di tantang untuk mengeksplorasi pengetahuan sebanyak-banyaknya tanpa harus menunggu dari sang guru. Mudah-mudahan kurikulum ini bisa di terapkan di Indonesia di masa mendatang dalam rangka meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan dan sumber daya manusia Indonesia. Semoga…

  7. Kemajuan Teknologi Komunikasi telah membawa perubahan yang sedemikian dahsyat. Seperti halnya di Inggris ini, dimana tingkat Sekolah Dasar akan dicanangkan kurikulum baru berbasis jejaring dunia maya. Memang, tak ada salahnya. Namun sebaiknya, perkembangan itu juga harus diikuti dengan tingkat psikologi masing- masing anak. Karena satu hal, kita tidak dapat mengeneralisasikan kemampuan Emotional dan Intellectual dari masing-masing siswa. Apalagi ini di tingkat Sekolah Dasar yang masa-masa mereka dihiasi dengan belajar, mengeja, bermain serta berinteraksi dengan keadaan sekitarnya. rancangan perubahan ini pun tak hanya berdampak positif. dampak negatif pun pasti ada. Dengan perencanaan kurikulum baru ini, mau tidak mau si anak menjadi lebih terkesan individual (jika tingkat kecintaannya terhadap dunia maya sangat besar). Apalagi, kurikulum ini hanya diajarkan bagaimana mengatasi gangguan teman. Mengapa tidak malah diajarkan bagaimana cara berteman yang baik?
    Sependapat dengan Teresa Cremin, Presiden United Kingdom Literacy Association, lahirnya rencana kurikulum baru ini justru akan meningkatkan ketidakminatan siswa dalam membaca. Mereka justru akan berlama-lama di depan dunia maya.
    melihat fenomena di atas, laju perkembangan teknologi komunikasi turut mempengaruhi beberapa bidang. Seperti di dunia pendidikan Sekolah Dasar di Inggris ini. Namun tetap saja, peranan guru sama sekali tak dapat dihilangkan. guru yang bersangkutan sebaiknya menyeimbangkan, kapan mereka bergelut di dunia maya, kapan mereka harus berinteraksi dengan guru juga teman sebayanya. Dan tetap saja, rencana kurikulum di tingkat Sekolah Dasar di Inggris yang menekankan pada aspek jejaring internet ini patut kita apresiasikan. Semoga kelak Indonesia dapat menyusul untuk menempuh kurikulum pendidikan yang lebih baik lagi. Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin..

  8. Metode ini sangat baik karena anak sejak dini diperkenalkan media internet agar anak sejak dini mengetahui perkembangan teknologi dan tidak gaptek tetapi apakah metode tersebut baik bagi perkembangan psikologi mereka? sejatinya anak sekecil itu identik dengan kesenangan, kecerianaan dan bermain bersama teman-teman sebaya mereka. Apabila mereka sudah di wajibkan untuk mengenal wikipedia, twitter dan ensiklopedia setidaknya mereka membutuhkan waktu untuk mendalami hal tersebut dan mengurangi waktu untuk kesenangan mereka. Mungkin saja itu dapat membuat mereka tertekan dan stress.

  9. sebuah rancangan pola pendidikan yang menurut saya sangat relevan dengan kehidupan di masa yang akan datang. saya kira pemerintah Inggris tahu betul bagaimana cara yang secara tidak langsung dapat diterima oleh calon generasi penerus bangsanya untuk menjadi pribadi yang unggul dan berkualitas serta benar-benar tahu dan mengerti tentang bangsa dan negaranya. jika kita kaitkan dengan Indonesia dalam hal ini, saya rasa bentuk pendidikan dengan pendekatan teknologi dan informasi seperti ini masih sangat sulit untuk diterapkan. selain akses internet yang belum memadai, kesadaran masyarakat untuk mengakses internet pun masih sangat rendah. namun catatan penting bagi saya adalah sebaiknya pemerintah Indonesia mencontoh strategi pemerintah Inggris dalam mencetak generasi unggul mereka. walaupun pastinya dengan pendekatan berbeda yang tidak sama dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah Inggris.

  10. di era informasi sekarang ini memang diperlukan adanya kemampuan menggunakan media atau teknologi sebagai sarana pencari informasi, dan kurikulum tersebut dapat menunjang keadaan yang saya sebutkan di atas. ingris sebagai salah satu negara industri terbesar di dunia sangat memperhatikan kualitas pendidikan sumber daya menusianya. itu ditunjukkan dengan adanya universitas yang elit yang mungkin akan menjadi tujuan utama seluruh dunia jika biayanya murah. seperti universitas Oxford. jika saya dilahirkan di sana, maka pola pikir saya akan berbeda mengenai tanggapan ini. karena setiap negara memiliki pola pikir yang berbeda sudut pemikiran. meskipun memang setiap orangpun berbeda, namun tanpa di sadari pola pikir juga dipengaruhi oleh kebiasaan dan budaya. oleh karena itu agak susah jika kurikulum tersebut diterapkan di indonesia. membaca aja males. apalagi nulis.

  11. Rancangan kurikulum yang diajukan oleh sIr Jim Rose khusus untuk anak-anak Murid sekolah dasar(SD)DI Inggris merupakan suatu ide yang cemerlang,karena dengan adanya perkembangan zaman yang semakin modern menuntut anak-anak diseluruh dunia untuk menguasai teknologi informasi.apalagi yang mereka dapatkan bukan hanya ilmu mengenai aritmatika dan sejarah,akan tetapi mereka juga mendapatkan wawasan ilmu dengan bobot berbasis internet seperti wikipedia dan twitter yang sekarang merupakan trend dunia.apalagi kurikulum yang diterapkan disana menuntut mereka untuk memahami materi tersebut pada usia 11 tahun,sehingga mereka dapat lebih mudah melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.namun jika kurikulum ini diterapkan,akan membuat anak-anak di Inggris menjadi lebih memilih berkomunikasi menggunakan teknologi yang lebih modern seperti internet ketimbang bersosialisasi langsung dengan teman-temannya.

  12. Rancangan yang diajukan oleh Sir Jim Rose untuk tingkat pendidikan anak sekolah dasar sangat bagus sekali. Hal ini bisa mempersiapkan mental anak-anak dalam menghadapi dunia globalisasi dengan kemajuan teknologi informasi yang kian pesat. apalagi disini anak-anak juga tetap bisa mendapatkan kurikulum pelajaraN lain seperti matematika, sains dan lain-lainnya. rancangan kurikulum tersebut kurang lebihnya juga dapat menciptakan SDM yang berkualitas, sehingga sejak dini anak-anak SD sudah diberikan pola pendidikan dengan pola kemajuan teknologi informasi. dengan begitu kelak anak-anak tidak ketinggalan dengan kemajuan arus informasi tersebut. semoga bisa mengikuti pola pendidikan di Inggris sehingga di Indonesia pula bisa menciptakan SDM yang berkualitas.

  13. Memang untuk sebuah negara maju seperti Inggris, hal seperti ini sudah menjadi hal lumrah. Apalagi dengan ditunjang fasilitas-fasilitas teknologi yang maju untuk media pembelajaran. Seperti harus memahami wikipedia, blogging, podcast dan twister. Meskipun hal tersebut terkesan dipaksakan dalam perkembangan didik anak (dalam hal ini adalah SD). Sewajarnya, dalam usia anak-anak SD lebih baik bermain di outdoor, bersosialisasi dengan dunia nyata (bukan dunia maya) dan lain-lain. Hal ini bisa menghapus kecerdasankecerdasan yang lain. seperti kecerdasan emosional, seni dan sosial.
    Lantas bagaimana dengan aplikasinya dengan dunia ketiga (Indonesia)? Saya kira masih teramat sukar untuk menerapkan hal tersebut terhadap anak SD di Indonesia. Terutama dalam segi fasilitas penunjang yang masih amat minim daripada Inggris. Misalnya, fasilitas yang didapatkan di kota dengan desa. Seandainya, apalagi teknologi pembelajaran ini digunakan di Indonesia tentu saja akan menjadi diskriminasi kecuali terjadi pemerataan teknologi pembelajaran di seluruh pelosok negeri. Tidak terkecuali negara maju saja.
    Untuk tahap pengenalan terhadap teknologi sejak dini juga terdapat segi positifnya. Tapi, tetap saja komunikasi antar pribadi dalam teknik belajar mengajar lebih diutamakan.

  14. Rancangan kurikulum baru itu tidak hanya meliputi pelajaran yang biasa diajarkan sebelumnya seperti sejarah dan aritmetika, namun juga memasukkan media lebih modern dan keahlian berbasis Internet yang bobotnya sama dengan pendidikan cinta lingkungan. Jadi menurut saya hal tersebut merupakan sebuah terobosan baru yang cukup fenomenal. Semua murid mau tidak mau harus selalu akrab dengan media pendukung (komputer) untuk terus menjalankan pendidikan yang menggunakan sistem baru. Namun secara tidak langsung akan mengubah jalan pikir anak yang akan selalu menyendiri dan larut dalam dunia internet tersebut. Mereka akan merasa canggung untuk berinteraksi langsung dengan teman-teman sebaya mereka. Tidak akan ada lagi kecerian mereka untuk bercanda secara langsung.

  15. Perkembangan media massa memang menuntut siapapun untuk mengakses informasi dengan cepat. Mengenai rancangan kurikulum baru pendidikan tingkat dasar Inggris, di mana anak-anak tingkat sekolah dasar diharuskan mempelajari jejaring sosial maya Twitter dan ensiklopedia online Wikipedia, tentu saja hal tersebut dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang berkembang di Inggris.

    Di sana, Internet sudah berkembang lebih dulu dibandingkan di Indonesia, dan biayanya pun bisa dikatakan murah. Sisi positifnya, siswa dituntut untuk lebih mandiri dalam mendapatkan informasi, di luar saat mereka berada di dalam kelas, menerima informasi dari guru.

    Namun, apabila itu terjadi secara berlebihan, maka akan muncul sikap individualistis dari dalam diri seorang anak, ia merasa bahwa dari internet, ia bisa mendapatkan informasi yang ia kehendaki. Mungkin saja ia akan bertahan lama di depan komputer, dan meninggalkan sumber lain, dalam hal ini buku. Apabila itu terjadi, tentu saja itu merupakan dampak negatif yang timbul. Guru pun harus lebih teliti dalam mengajar, menyeimbangkan antara sitem belajar mandiri dengan tatap muka dengan guru, agar tidak terjadi ketimpangan dalam belajar.

    Akhirnya, Insya Allah sistem tersebut dapat diterapkan di Indonesia, tentunya ditunjang dengan fasilitas yang memadai, namun harus juga mempertimbangkan kondisi masyarakat.

  16. Pemaparan sekilas di atas menyadarkan kita bahwa di negara bagian lain yaitu Iggris sudah diterapkan suatu sistem pembelajaran untuk anak SD yang sudah mulai belajar melalui seperti Twitter dan blogging,,kurikulum baru ini sesuai dengan masyarakat Inggris yang sudah mulai mempunyai teknologi yang canggih..Sudah sangat wajar jika sejak SD murid-murid d Iggris harus bisa menguasai komputer agar mereka bisa dengan mudah mengikuti kurikulum yang diterapkan.
    Kurikulum yang diterapkan ini mempunyai nilai positif, dimana sejak dini anak-anak sudah menguasai dunia maya dan penggunaan komputer jadi kemungkinan jika diajarkan sejak dini maka akan menjadi semangat anak-anak untuk lebih meningkatkan teknologi yang lebih canggih di kemudian hari.
    Namun dibalik keunggulan kurikulum ini ada sisi negatif,,diamana anak-anak lebih tertarik pada komputer daripada bermain dengan teman sebaya..jadi seharusnya dengan kurikulum ini di harapkan guru dapat menyeimbanginya dengan faktor-faktor yang lain agar tidak ada kecenderungan terhadap dunia maya agar kurikulum ini berjalan dengan baik.

  17. Rasulullah SAW bersabda,”Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina,” atau sabda beliau yang lebih fenomenal,”Tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat,”(al-Hadist). Hadist Rasulullah SAW ini merupakan suatu bentuk dukungan saya terhadap rancangan yang dibeberkan oleh para pendidik di Inggris. Bagaimana mereka berusaha agar siswa SD di Inggris mampu menggunakan Wikipedia dan blog.Tidak lain, ini salah satu ide yang brilian.Bukan hanya membuka cakrawala dunia tapi juga makin memudahkan siswa mencari-cari apa yang mereka butuhkan dan kreasikan, khususnya bersifat pengetahuan.
    Tentunya, saya akan amat bergembira jika rancangan di Inggris berlangsung di Indonesia.

  18. pemaparan diatas merupakan salah satu fenomena perkembangan teknologi komunikasi. tidak mengherankan jika perkembangan teknologi komunikasi tersebut digunakan dalam pemoderenan sistem pembelajaran (pendidikan) sekolah dasar di Inggris. istilah “melek informasi” merupakan suatu alasan yang dapat diterima dalam menyikapi hal ini. sistem pembelajaran yang mengasup wikipedia, twitter, blogging, podcast sebagai sumber informasi. sistem pembelajaran yang dimasukan kedalam kurikulum adalah merupakan suatu terobosan yang dilakukan oleh Inggris dalam mendidik peserta belajar (sd) dalam memehami teknologi komputerisasi yang sangat berkembang di dunia, dan hal ini merupakan acuan yang baik dalam membentuk pribadi (siswa) dalam mengasa keahlianya di jenjang yang lebih tinggi.
    hal ini merupakan inspirasi untuk kita (bangsa Indonesia) dalam membenahi sistem pembelajaran saat ini. asupan kurikulum yang bersifat komputerisasi dapat menunjang keahlian peserta didik kita serta dapat mengurangi tingkat “gagap teknologi” di Indonesia.

    terimakasih.

  19. menurut saya, kurikulum yang akan di terapkan di inggris itu sangat baik. karena sekarang adalah zaman-nya tekhnologi. Dan perlu sekali anak-anak inggris mengetahui apa itu wikipedia dan blog. karena dengan wikipedia dan blog, orang ( anak-anak inggris yang akan mempelajari-nya ) lebih mengerti dan mudah mengakses informasi dari berbagai tempat di seluruh dunia. hal yang menurut saya menarik ialah : ide cemerlang yang di hadiahkan dari sir jim rose untuk di terapkan di sekolah di inggris. betapa peduli-nya beliau terhadap anak-anak inggris yang tumbuh degan penuh harapan dan masa depan itu. dan satu hal yang saya harapkan, seandai-nya pemerintah RI mau mengadopsi sistem pendidikan yang akan di sahkan di inggris itu, saya yakin, indonesia akan menguasai tekhnologi di masa depan, khususnya Asia.

  20. bagus dong…berarti anak-anak sekarang tidak hanya mempergunakan internet sebagai ajang permainan online saja, tetapi kini mereka dapat dan harus mengikuti kurikulum baru yaitu ” BELAJAR DENGAN INTERNET”.
    jadi..mereka dapat berkembang dengan program yang ada di dunia maya.
    tapi…mungkin akan muncul ke khawatiran baru, apa benar mereka belajar sungguh2? atau mungkin…dengan adanya kurikulum baru tersebut, ada kemungkinan anak-anak menjadi malas untuk membaca melalui buku? atau…yang paling parah…bagaimana jika si anak menyalahgunakan internet untuk BELAJAR menjadi ajang untuk mencari KESENANGAN.?
    sehingga tekhnologi ini dikatakan memiliki multi fungsi :
    1. membangun masyarakat tekhnologi informasi (hehe…modul banget ya?)
    2. membangun anak menjadi over dosis dengan permainan,malas membaca dan tak bermoral (ck…ck…)
    jadi…kurikulum ini perlu diawasi oleh pihak sekolah dan orang tua. dan…mungkin perlu diselidiki lagi, apakah dapat mengenai sasaran yang diinginkan?
    wallahualam…….

  21. apa yang di kemukakan oleh sir jim rose ini merupakan ide yang kreatif. sungguh luar biasa, sepertinya indonesia harus benar-benar membenahi sistem pendidikan saat ini agar tidak ketinggalan oleh negara-negara yang telah maju. kita sepertinya harus banyak-banyak mencontoh negara-negara yang telah maju, bisa di bayangkan anak SD saja di inggris sudah menggunakan tekhnologi komputer dan internet untuk belajar. di indonesia tentunya masih menjadi sebuah tanda tanya besar, kapan hal tersebut dapat terelealisasi???. sebuah harapan besar dari diri saya pribadi mudah-mudahan negara republik indonesia dapat merubah sistem pendidikan secara merata dari kota sampai desa dengan cara memanfaatkan tekhnologi komputer agar indonesia menjadi masyarakat tekhnologi informasi. jadikan ini sebuah inspirasi untuk bangsa kita agar indonesia menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya amin…amin…amin ya allah, waullahalam bi sawab.

    terima kasih……….

  22. Apa yang dilakukan oleh pemerintah Inggris dengan rencana mengharuskan mempelajari jejaring sosial maya Twitter dan ensiklopedia online Wikipedia bagi anak SD, harus disambut dengan baik dan didukung. Bahkan kalau memungkinkan perlu juga dicontoh oleh Indonesia. Karena sebenarnya belajar tekhnologi mulai sejak dini akan sangat efektif di era informasi ini. Saat ini, teknologi bukan barang yang “wah” yang hanya bisa diketahui dan dipelajari orang yang kaya saja. tapi sudah merambat kesemua level. Apalagi di kalangan akademisi. mulai dari SLTP samapai Perguruan Tinggi. Teknologi tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan kita sebagai akademisi. maka selayaknyalah, pelajaran tentang teknologi diusia dini harus ditanggapi dengan baik. saya setuju dengan Mary Bousted, Sekretaris Jenderal Asosiasi Guru dan Dosen, yang melihat kurikulum tersebut menawarkan program studi yang lebih masuk akal, disamping membuat guru lebih leluasa berkreasi di kelas.
    semoga kurikulum baru itu terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan. Dan kita yang berada di Indonesia, emoga cepat terinspirasi dan juga bis menerapkan kurikulum seperti itu juga.

  23. Saya setuju dengan kurikulum baru itu, yang untuk mempelajari jejaring sosial maya Twitter dan ensiklopedia online Wikipedia bagi anak SD. karena menurut saya hal itu akan memberikan gairah belajar baru bagi anak-anak. tapi saya juga khawatir sama seperti yang dirasakan Teresa Cremin, Presiden United Kingdom Literacy Association. tidak ada penekanan dalam cinta membaca. dikhawatirkan dengan adanya kurikulum ini minat baca buku siswa menjadi menurun.
    Tapi saya akan memandang optimis rencana kurikulum baru ini. karena saya juga sadar begitu penting belajar teknologi di era teknologi ini. apalagi dimulai sejak dini.

  24. Suatu hal yang bagus akan kemajuan teknologi yang bisa menunjang kurikulum sekolah. Tidak hanya ilmu eksak dan sejarah yang dipelajari, tetapi juga perkembangan fisik dan cinta lingkungan. Program cinta langkungan merupakan sebuah program yang bagus, karena sejak kecil anak itu dikenalkan dengan lingkungan maka akan semakin bagus. Apalagi global warming saat ini sedang mewabah. Tidak usah terlalu dikhawatirkan juga mengenai sosialisasi si anak, karena dalam kurikulum ini juga diajarkan cara bersosialisasi, mengatasi tekanan dll. Tetapi harap tetap diingat komuniksai dan sosialisasi yang paling efektif adalah yang dilakukan secara langsung. Jangan sampai sang anak keasikan dengan kepraktisan dunia maya ini dan menjadi tidak peka lingkungan. Semoga Indonesia juga bisa mengambil kebaikan dari kurikulum berbasis ini. Karena sangat disayangkan internet saja masih tidak disentuh oleh orang awam di Indonesia.

  25. Bagus memang menjadi lebih praktis dalam belajar. Kurikulumnya pun bermutu. Tidak hanya kurikulum biasa seperti sejarah dan aritmatika, tetapi juga aspek fisik dan cinta lingkungan. Murid harus memahami blogging, podcast, Wikipedia dan Twitter sebagai sumber informasi dan bentuk komunikasi, selain diharuskan pandai menulis dan mengeja. Anak tersebut juga jadi bisa memahami studi kasus dan bertukar pikiran. Namun Internet jangan menjadikan anak ini asyik sendiri di dunianya, karena mereka adalah selayaknya anak biasa yang membutuhkan sentuhan langsung dari lingkungan. Jadi juga diperlukan kurikulum yang bisa diterapkan secara outdoor atau praktek langsung. Karena sosialisasi yang seperti inilah yang dibutuhkan umumnya pada murid SD.

  26. Perkembangan ilmu pengetahuan pada saat ini memang sang luar biasa, dimana seseorang dari daerah terpencilpun dapat mengetahui situasi terkini di seluruh dunia. Dan mereka pun dapat berkomunikasi tanpa adanya keterhambatan jarak dan waktu. Inilah yang saat ini dirasakan ketika kemajuan teknolgi internet dapat dirasakan oleh semua orang. Pada kemajuan teknologi ini dalam sistem pendidikan anak-anak dirasakan perlu juga mereka untuk belajar untuk menyesuaikan perkembangan pembelajaran dengan kemajuan cara penyampaian ilmu pengetahuan terhadap mereka pada saat ini. Agar dengan mempelajari ilmu dalam bidang internet seperti podcast, blogg dan lain-lain, pandangan merreka kedepan telah mempunyai gambaran kemajuan teknologi dimasa yang akan datang. Dan mereka pun akan terhindar dengan yang namanya gaptek (gagap teknologi). Namun walaupun begitu seperti apa yang saya baca dalam blog ini, kurikulum pembelajaran ini tidak dapat dipaksakan agar anak-anak mempelajarinya, bila ini terjadi suatu pola pikir anak akan merasa tertekan karna banyaknya materi yang diajarkan. Sekiran agar kurikulum yang diajukan diatas mengetahui dahulu daya ingat anak dalam berpikir. Tidak hanya mengikuti kemajuan teknologi saja, namun lihatlah dahulu daya ingat pembelajaran pada setiap anak, agar tidak merasa tertekan. Tapi saya berharap kurikulum ini dapat dilakukan di negeri Indonesia tanpa ada biaya tambahan ……dengan begitu semua dapat menerima…(ingat masyarakat disini masih banyak yang kekurangan…)

  27. internet saat ini merupakan saluran penghubung seluruh dunia. tepat sekali jika anak-anak sejak dini mungkin diperkenalkan dan diharuskan untuk mengerti. dengan ini mereka akan dapat mengetahui informasi dari seluruh duni dengan cepat. Tapi pengajaran tentang internet ini harus dikontrol agar jangan sampai mereka bergantung dan tenggelam dalam dunia maya.apa yang terjadi di inggris merupakan bukti bahwa masyarakat disana sangat sadar akan pentingnya berbagai hal yang berhubungan dengan internet tersebut. Hal ini entah kapan bisa diterapkan di Indonesia, mengingat sulit dan masih belum terjangkaunya biaya sambungan internet.

  28. Jaman yang semakin berkembang.
    di tandai dengan adanya banyak kemajuan di bidang teknologi komunikasi. salah satunya di negara Inggris. sangat bagus program yang di bentuk tersebut. semoga Indonesia bisa mengikuti perkembangan teknologi dengan baik. sebaik negara-negara maju lainnya.diharapkan Indonesia bisa mengembangkan SDM yang ada. tujuannya agar semua potensi yangada di negeri ini bisa di optimalkan. Jika kita memiliki SDM yang baik, dengan dukungan pemerintah dan semua aparat yang terkait. bukan hal yang mustahil Indonesia akan lebih maju dari Inggris. bahkan mungkin bisa mengalahkan negara maju lainnya.

  29. Saya setuju dengan kurikulum baru mempelajari jejaring sosial maya Twitter dan ensiklopedia online Wikipedia bagi anak SD. Sangat bagus jika sejak dini sudah diperkenalkan dengan dunia teknologi, karena teknologi di era globalisasi sangat penting. Kurikulum ini juga bisa meningkatkan kreativitas serta motivasi belajar anak. Tetapi segala sesuatu pasti ada kekurangan dan kelebihan, perlu dipertimbangkan juga dampaknya yaitu hilangnya minat dan kecintaan membaca pada anak dan kurangnya interaksi antara guru dan murid bahkan antar sesama siswa. Padahal, komunikasi dan sosialisasi itu sangat penting bagi perkembangan psikologis anak dimasa kini dan ketika ia tumbuh menjadi dewasa. Jadi untuk menerapkannya perlu pertibangan yang matang.

  30. Kemajuan Teknologi Komunikasi pasti membawa dampak positif dan negatif. Apapun bentuknya. Namun metode yang di terapkan di Inggris dalam artikel tersebut sangat bagus, karena disebutkan bahwa kurikulum tersebut juga memperhatikan aspek perkembangan fisik, kesehatan dan program kesejahteraan yang akan berguna bagi kesehatan, makanan dan kegiatan jasmani anak-anak, serta hubungan mereka dengan keluarga dan teman. Kurikulum ini pun mengajarkan enam inti pelajaran, yaitu pemahaman Bahasa Inggris, komunikasi dan bahasa, matematika, sains dan teknologi, kemanusiaan dan lingkungan, kesehatan fisik dan kesejahteraan, dan terakhir seni dan desain, menurut saya ini sebuah formula yang sangat baik. Dimana aspek ilmu pengetahuan, nila-nilai sosial dan kemanusian diajarkan sejak dini, sehingga diharapkan kecerdasan intelektual dan emosional mereka bisa berjalan seimbang. Jadi sejak dini anak diajarkan untuk mengenal lingkungan dengan baik, mengenal nilai-nilai sosial, yang saat ini sering terlupakan oleh kita. Karena “mind set” kita selama ini hanya untuk mengejar pendidikan dan ilmu pengetahuan yang setingi-tingginya, dan sering melupakan nilai-nilai penyeimbang yang ada disekitarnya.
    Semoga Indonesia terus berkembang dalam bidang pendidikan dan teknologi komunikasi.
    Trims.

  31. Jika dilihat dari satu sisi memang hal itu bisa di katakan sebagai terobosan baru dalam metode pembelajaran dan untuk sekaligus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di suatu negara dalam hal ini adalah inggris. Namun hal yang harus diperhatikan adalah sejauh mana tingkat IQ dan EQ siswa (SD). karena perlahan hal ini akan berimbas pada psikologi anak yang bersangkutan. Jika penekanan hanya sebatas sebagai pengetahuan dan pemahaman maka hal itu sangat lah bagus bahkan bisa di tiru oleh semua negara dalam rangka menyiapkan generasi muda mandiri dan potensial tapi masalahnya adalah apabila pengetahuan dan pemahaman ini bergeser bahkan merubah sistem pembelajaran maka akan membebani-secara mental- siswa dan juga orang tua. dan hal itu akan dengan cepat mempengaruhi pola pikir dan kembang anak untuk indifidualis dan malas untuk melakukan baca tulis.

  32. Arus globalisasi sudah sedemikian maju dan terus berkembang, begitu juga yang di perlihatkan oleh pemerintah Inggris dalam ini pada bidang pendidikan SD yang sudah diperkenalkan pelajaran berbasis teknologi. kita berharap Indonesia bisa mencontoh dari penerapan sistem pendidikan di Inggris.
    mau tidak mau generasi masa depan harus dihadapkan dengan dunia teknologi oleh karena itu memang seharusnya pengenalan teknologi di perkenalkan sejak usia kanak-kanak agar mereka terbiasa. Alhamdulillah sekolah dasar sudah ada pelajaran teknologi informasi komunikasi (TIK) yang dimana pelajaran tersebut mempelajari dasar-dasar teknologi. ini adalah langkah awal dari peningkatan SDM yang ada di Indonesia khususnya pada bidang teknologi. negara inggris memang sadar betul bahwa Teknologi penting diajarkan kepada anak-anak sedini mungkin karena nantinya anak tersebut menjadi gegnerasi yang mlek teknologi bahkan menguasai teknologi alias tidak gaptek.
    ini harus di tanggapi dengan serius khususnya pemerintah dalam bidang pendidikan, agar bagaimana pelajaran teknologi kepada anak seusia dini dapat di realisasikan dan merata di seluruh indonesia. Indonesia dapa belajar dari inggris tentang pentingnya teknologi. sangat bagus sekali bahwasanya pemerintah inggris memperhatikan bidang teknologi untuk kemajuan generasi masa depan yang unggul. pelajaraj teknologi memang seharusnya wajib dan harus di pelajari dan diajarkan pada anak-anak, karena dunia sudah di kuasai teknologi. kita berharap pemerintah indonesai juga sadar akan pentingnya teknologi untuk gegerasi masa depan, jika kita ingin maju maka tidak ada kata terlambat untuk membenahi diri dan mudah-mudahan teknologi di indonesia berkembang dengan baik dan merata. Amien….

  33. Pemaparan di atas jelas menunjukkan bahwa saat ini teknologi komunikasi semakin berkembang bahkan hal ini merambah dalam dunia pendidikan. Rancangan kurikulum baru pendidikan tingkat dasar di Inggris untuk mempelajari jejaring sosial maya Twitter dan ensiklopedia online Wikipedia ini memang sangat bagus dan menarik, Namun hal ini juga perlu diperhatikan dampak positif dan negatifnya terhadap perkembangan anak. Dari segi positif, rancangan ini akan membuat anak-anak lebih maju dalam bidang pengetahuan. Mereka pasti lebih banyak tahu informasi di belahan dunia lain dibandingkan anak-anak yang tidak menggunakan dunia internet sebagai media informasi dan komunikasinya. Namun dilihat dari segi negatifnya, minat anak-anak terhadap membaca buku akan berkurang seperti yang di khawatirkan Teresa Cremin.
    Secara pribadi, saya setuju dengan sistem pendidikan yang diajukan oleh Sir Jim Rose. Sistem pendidikan seperti ini semoga saja bisa menginspirasi bangsa Indonesia untuk memperbaiki sistem pendidikan yang selama ini diterapkan sehingga anak-anak Indonesia menjadi lebih maju dan berkembang.

  34. Rancangan kurikulum yang di ajukan oleh Sir Jim Rose sangat bagus dan baik.
    Dari sejak dini, anak-anak di Inggris dituntut untuk mempelajari dan mengetahui dunia internet sebagai bentuk komunikasi dan media informasi. Kurikulum ini mengajarkan enam inti pelajaran, yaitu pemahaman Bahasa Inggris, komunikasi dan bahasa, matematika, sains dan teknologi, kemanusiaan dan lingkungan, kesehatan fisik dan kesejahteraan, dan seni dan desain. Selain itu kurikulum ini juga mengajarkan kepada anak-anak agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. dan bisa menghadapi permasalahan dengan teman.
    Kurikulum ini merupakan sebuah terobosan yang sangat besar dalam perkembangan teknologi komunikasi dalam bidang pendidikan. Namun rancangan ini juga bisa memberikan dampak yang negatif terhadap perkembangan anak.
    Masa bermain anak-anak menjadi berkurang dan minat baca buku pun ikut berkurang karena media internet jauh lebih mudah dan lebih praktis dalam mendapatkan informasi.
    Dan alangkah lebih baiknya, jika Indonesia bisa mengaplikasikan sistem pendidikan ini sehingga anak-anak Indonesia bisa berkembang dan tidak terlindas arus globalisasi.
    HIDUP INDONESIA..

  35. Dari pemaparan diatas, bahwa negara inggris ingin membuat kurikulum tentang anak – anak SD sudah harus mengerti blog, wikipedia and sebagainya. Memang dizaman teknologi seperti sekarang ini sangat bagus negara mengembangkan sistem seperti itu. Tetapi harus di lihat bagaimana kondisi perkembangan si anak tersebut. Mungkin ada yang sudah mengerti dan ada juga yang belum. Kalau masa anak – anak mereka di wajibkan untuk mengerti blog, wikipedia dan sebagainya, yang seharusnya masa kanak – kanak di gunakan untuk senang – senang, sudah tidak ada. Karena mereka di wajibkan untuk mengerti apa itu blog dan apa itu wikipedia. Seharusnya Pemerintah memikirkan ke arah situ, biarpun gagasan tersebut memang bagus untuk perkembangan si anak, tetapi lihat juga sisi negatifnya.

  36. Perkembangan teknologi saat ini semakin berkembang pesat. tidak hanya orang dewasa, anak SD pun mampu mengakses informasi melalui internet dengan mudah. Dalam dunia maya pun anak-anak dapat bersosialisasi dengan siapa pun dan dari Negara mana pun. Tidak hanya bermain, anak-anak juga bisa belajar melalui internet. Contohnya, di Negara maju seperti Inggris pun mampu menciptakan metode pembelajaran dengan efektif . Yang lebih dasyat dari rancangan kurikulum ini adalah ketentuan yang mengharuskan murid memahami blogging, podcast, Wikipedia dan Twitter sebagai sumber informasi dan bentuk komunikasi, selain diharuskan pandai menulis dan mengeja. Kemudian, anak-anak harus terbiasa mempelajari peristiwa menurut pemikiran berkronologi dimana anak mesti menyusun periode, peristiwa dan perubahan hasil studi mereka dalam kerangka kronologis, serta memahami perkaitannya.
    Saya setuju dengan sistem pendidikan Sir Jim Rose –mantan ketua Ofsted (Office for Standard of Education.
    Semoga Indonesia dapat menerapkan Rncangan Kurikulum baru tersebut untuk bangsa yang lebih maju dan kreatif… amiiiinnn…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s