70 comments on “Sains Membuat Pikiran Manusia Kian bisa Dibaca

  1. otak memang merupakan organ tubuh kita yang sangat penting, karena pentingnya organ ini makakita harus rawat dan jaga agar tetap dapat berfungsi sebagaimanamestinya, jangan sampai otak menjadi pasif karena jarang kita asah dengan berfikir secara positif.otak merupakan alat perekam atau memori kita dari sejak lahir sampai sekarang, dan kekuatan otak ini berbeda-beda tergantung dari pemiliknya.jika otak sering digunakan untuk berfikir pada hal-hal positif tentu akan aktif, tetapi bila jarang digunakan untuk berfikir otak akan kurang ransangan, maka rangsang dan gunakan otak kita untuk selalu berfikir dan berfikir positif agar selalu bekerja saraf-saraf yang ada pada otak ini.orang dapat menilai seseotang juga dari sudut pandang cara berfikir, sampai dimana otak kita mampu memecahkan problem misalnya.

  2. Muniroh (teknologi pendidikan)

    Renungan reformasi
    menurut pendapat saya;
    Bicara masalah reformasi dinegara ini menurut saya belum ada perubahan secara konsisten, dalam periode 4 orang kepemimpinan presiden.tetapi tergantung siapa dan apa yang akan dilakukannya.akan tetapi untuk melakukan suatu perubahan tidak semudah membalik telapak tangan.walaupun sudah berubahnya seorang pemimpin dan perubahan dalam berbagai aspek tetapi untuk kesejahtraan masyarakat secara menyeluruh dinegeri ini belum ada perubahan walaupun ada belum mencapai 50%. yang ada dipikiran mereka(seorang pemimpin) hanyalah kepentingan individu. bagai mana caranya untuk memperkaya diri sendiri dan keluarganya tanpa memikirkan kepentingan dan kesejahtraan masyarakat supaya makmur dinegri ini.walaupun sudah dilakukannya perubahan misalkan dalam segi aspek diadakannya pilkada,pemilu,perubahan undang-undang dsb.itu hanyalah janji-janji manis dan kedok belaka untuk mendapatkan simpati dari rakyat. tetepi untuk kesejahtraan dan kemakmuran rakyat belum ada secara konsisten (menyeluruh) apa lagi otonomi daerah masih banyak rakyat miskin dan orang lapar, kekurangan gizi, pendidikan dan sekolah-sekolah yang kurang diperhatikan. dan banyak bibir koruftor-koruftor yang lahir tidak bertanggung jawab atas amanah dan tanggung jawab atas pekerjaannya yang dipercayakan oleh masyarakat dan bangsa ini.dan kami berharap ada seorang pemimpin dinegeri ini taat,beriman,dan bertanggung jawab pada pekerjaannya dan amanah,yang telah diberikan oleh masyarakat untuk kesejahtraan rakyat dan bangsa ini secara menyeluruh.

  3. Setelah ditumbangkannya pemerintahan Orde Baru, maka diadakan reformasi untuk perubahan karena pemerintahan Orde Baru sangat otoriter. Reformasi tersebut belum terlaksana dengan baik, bahkan reformasi tersebut sepertinya kebablasanan.

  4. Tekhnologi selalu memberikan manfaat yang besar dalam kehidupan manusia bila digunakan oleh manusia yang berakhlak. tekhnologi ini akan sangat membantu tugas-tugas penyelidikan pihak kepolisian terhadap kasus-kasus yang sulit diungkap motifnya. disisi lain tekhnologi ini akan membuat manusia bisa kehilangan privasinya bila digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  5. KEUNIKAN CIPTAAN ALLAH MELALUI OTAK & TEHNOLOGI

    Secara harfiah, bahwa manusia di ciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang paling sempurna dan sebaik-baik bentuk. Ini jelas termaktub dalam surah At Tin, ayat 4. Kemudian sebaik bentuk tersebut Allah lebihkan manusia dalam kapasitas otak / akal dibandingkan dengan maklhuk lainnya.
    Namun di sisi lain, dengan akal tersebut manusia bisa sebagai pendamai dunia terhadap sesama maklhuk Allah ataupun sebaliknya sebagai penghancur kedamaian dunia seperti Zionis Israel. Kecepatan berfikirnya manusia mampu menciptakan berbagai kemajuan zaman dalam hal tehnologi. Yang membedakan sebagai hamba Allah adalah tingkat taqwanya. Tentunya dengan karunia akal yang lebih dibanding dengan maklhuk lain harus konsisten dalam mensyukuri nikmat tersebut melalui implementasi beribadah kepadaNya. Dan tidak Allah ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah.

  6. SITI AISAH ( TP )

    Sains Membuat Pikiran Manusia Kian bisa Dibaca menurut saya :

    Secanggih apapun Teknologi tentang Sains yang bisa membaca Pikiran Manusia, tidak akan perna bisa sempurna , karena hanya Allah yang bisa mengetahui hati dan pikiran manusia , teknologi ini hanya bisa membaca memory dan aktifitas dalam otak besar manusia tetapi tidak bisa membaca pikiran dalam otak yang akan di kerjakan atau yang akan terjadi .
    Kalau di perhatikan Teknologi ini secara mendalam tidak ada keistimewaan sedikit pun yang bisa mengalahkan apa yang sudah Allah ciptakan baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit .
    Manusia hanya bisa mencontek apa yang sudah Allah ciptakan,seseorang bisa menciptakan Teknologi Sains yang bisa membaca pikiran orang,hanya akan membuat dunia semakin kacau karena sifat manusia selalu ingin tahu apa yang sudah diperbuat oleh manusia lainnya.
    Rasa iri dan ingin tahu inilah yang akan memicu kehancuran dunia ,akan banyak orang mati sia-sia karena banyak orang yang jadi korban dari orang-orang pintar yang membuat otak orang sebagai bahan percobaan untuk penelitian .
    Disini kita merenung lagi untuk apa kita mau tahu tentang pikiran orang lain kalau hanya untuk membuat hati kita jadi semakin bimbang ( benar nggak sih , benar nggak sih ) jadi dari pada kita hidup di dunia dengan teknologi canggih tapi hati bimbang lebih baik kita hidup apa adanya dan bisa menunjukkan prestasi dari diri kita sendiri tanpa mencontek dari pikiran orang lain dan alangkah bangganya kalau kita bisa berkreasi tanpa harus membaca pikiran orang lain.

  7. Otak adalah pusat dari jaringan syaraf yang mungkin berjuta – juta yang akan memerintahkan anggota tubuh manusia, akan tetapi tatkala itu semua sudah dapat dibaca oleh orang lain dengan memakai suatu alat akankah fungsi otak itu akan mendapat saingan sehingga manusia sudah dengan mudahnya bisa membaca apa yang ada dalam pikiran orang lain…mungkinkah? akan tetapi teknologi haruslah dipergunankan sebijaksana mungkin sehingga efek negatifnya akan bisa diminimalisir… sekian wassalamualaikum wr. wb

  8. Dengan penemuan alat pemindai yang dapat digunakan untuk membaca pikiran manusia, maka tekhnologi ini akan sangat membantu dalam proses pembelajaran yaitu dapat digunakan untuk membaca pikiran dari peserta didik. Sehingga segala permasalahan yang menghambat proses belajar siswa akan dapat diidentifikasi dan kemudian dicari solusi yang tepat. Kemudian dimungkinkan dimasa mendatang guru tidak perlu lagi mengadakan kegiatan evaluasi tertulis seperti ujian nasional, karena dengan menggunakan tekhnologi pemindai ini saja guru sudah dapat mengukur hasil belajar siswa. Sehingga tugas guru semakin ringan dimasa mendatang.

  9. Penemuan ini memang canggih, tetapi tentunya ada dampak positif dan negatifnya bagi proses pembelajaran. seperti masalah-masalah yang terjadi dapat membantu dengan membaca fikiran anak didik terdapat pada dampak yang positif. dan pada dampak negatifnya adalah setiap manusia biasa yang bisa saja salah dalam memanfaatkan teknologi ini justru merusak pikiran anak didik dalam pembelajaran. penelitian ini pastinya memiliki tujuan bagi manusia, oleh sebab itu para ilmuan mampu menunjukkan bahwa pikiran manusia dapat dibaca. penemuan ini memang benar-benar canggih karena kita bisa membaca pikiran seseorang dalam satu masa singkat, sedangkan untuk mungkin diterapkan teknologi yang dapat membuat fikiran manusia kian bisa dibaca tersebut membutuhkan masa yang lama.

  10. Assalamu’alaikum wr.wb!
    sehebat apapun tekhnologi yang ada di dunia ini yang telah ditemukan para ilmuwan, tidak ada apa-apanya dengan kekuasaan Allah. Tapi, kita patut berbangga hati, karena adanya para ilmuwan yang terus meneliti, sehingga sampai menemukan alat pemindai.
    Dan dengan ditemukannya alat ini pasti memiliki sisi positif dan negatifnya, dari sisi positifnya, bahwa manusia secara langsung terus dan terus mengkaji ilmu dan semakin banyak apa yang ingin diketahuinya serta semakin banyak apa yang ingin di hasilkannya. sehingga, penemuan ini akhirnya dapat bermanfaat bagi orang banyak.
    Namun dari sisi negatifya, bahwa manusia tidak menemukan kepuasan, selalu mencoba dan mencoba. dan pastinya dari percobaan itu, akan menemukan berhasil atau tidak berhasil. jika berhasil, maka dapat berbangga hati dengan hasil tersebut. namun, yang kita sedihkan, jika tak berhasil akan membawa masalah dan terjadi kerusakan-kerusakan. dan yang perlu kita ingat, bahwa sesungguhnya kerusakan-kerusakan yang ada di muka bumi ini adalah ulah tangan manusia itu sendiri….maka dengan banyaknya peneliti-peneliti yang selalu membuat percobaan-percobaan dan tidak bertanggung jawab serta tidak meyakini kekuasaan berada di tangan Allah, maka akan rusaklah muka bumi ini….

  11. IPTEK DAN IMTAG ADALAH KUNCI KESELARASAN!
    Keunggulan manusia dengan mahkluk lain yaitu akal yang diberikan oleh Allah dan adapun otak dalam arti konkrit sering dipakai untuk berfikir tergantung pada latar iptek dan imtag. Dalam perkembangan sain kita harus terus menerus melakukan penemuan-penemuan yang kita arahkan untuk kebaikan umat. Berbeda memang dengan masyarakat yang tidak dilatarbelakangi oleh imtag yang bagus akan diarahkan ke hal-hal yang membawa kehancuran. Semakin banyak sekarang kita melihat dan merasakan bagaimana orang menyalahi aturan dari perkembangan sains itu sendiri. Kita sebagai umat muslim jangan sampai kalah oleh orang-orang yahudi yang terus memborbadir saudara kita umat muslim baik secara nyata maupun secara kasat mata.
    Intinya teknologi ada karena sains yang berasal dari otak dan fikiran kita, kitalah sebagai manusia yang menciptakan teknologi yang menguasai teknologi, bukan teknologi yang menguasai manusia. Demi kebaikan umat manusia yang utama teknologi itu seharusnya ada.

  12. Dari bacaan di atas, memang benar hasil penemuan ilmuan tersebut dapat diterima.Akan tetapi kita sebagai manusia tentunya mempunyai kelemahan, karena sepintar apapun manusia itu tetap saja tidak dapat mengalahkan yang di atas yaitu Allah SWT yang maha berkehendak dari segala kehendaknya yang menentukan apakah segala sesuatu yang dibuat manusia itu akan diizinkan oleh-Nya.Apabila dikatakan ALLah Kunfayakun maka jadilah. Semua itu tergantung kehenda-Nya, maka dari itu manusia tidak boleh sombong atas kepintarannya,tetapi harus bersyukur atas karunia yang diberikan kepadanya.

  13. Aku Guru Modern Atau primitif ???

    Menurut saya,bahwa dikatakan seorang Guru modren kita harus sukses bila menjadi profesional yaitu setiap guru Modren harus siap menggunakan kemampuan yang mental dan menggunakan alat teknologi dalam penyajian pembelajarannya,karna pada dasarnya siswa ingin melakukan sesuatu untuk dapat mengetahuinya.seperti dalam kegiatan sehari-harinya dengan alat tenologi yang untuk digunakanya seperti Komputernya.jadi ini dapat membantunya.jadi saya merasa dalam metode pengajaran ini dapat meningkatan dasar terutama dengan komputer itu biasanya menjadikan alat teknolagi ini sebagai kebutuhan,jadi saya merasa menjadi primitif yang harus banyak belajar atau dengan kebiasaannya dalam hal teknologinya yang baru sekedar dasarnya,oleh karena itu bapak harus dapat memberikan kiat untuk menjadi guru yang modern yang dapat disenangi oleh murid{siswa}.terima kasih.

  14. Assalamualaikum wr.wb
    otak adalah salah satu bagian terpenting dari manusia, otak merupakan pengontrol semua kegiatan manusia, kalau tidak ada otak maka kehidupan manusia akan semakin kacau, otak juga dapat menaglami banyak gangguan baik diseabkan karena suatu hal ataupun karena suatu penyakit. gangguan otak yang disebabkan karena suatu hal biasanya disebabkan karena masalah yang ditanggung terlalu berat, atau akibat suatu kecelakaan. kerusakan pada otak bukan hanya di sebabkan karena penyakit atau suatu kecelakaan, banyak manusia yang merusak otaknya sendiri dengan cara menkonsumsi obat-obatan terlarang atau sejenisnya.maka dari itu kita perlu menjaga otak kita agar berfungsi sebagaimana mestinya, jangan sampai otak menjadi pasif karena jarang kita asah dengan berfikir positif, kekuatan otak berbeda-beda tergantung pemiliknya, jika otak sering digunakan untuk berfikir positif tentu akan aktif begitu pula sebaliknya. dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih keadaan otak manusia pun dapat dibaca, dan semoga dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini dapat banyak membantu menyembuhkan penyakit yang menyerang otak manusia, dan semoga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini tidak disalah artikan dan disalah gunakan oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan pribadi semata.

  15. Otak Manusia Sumber bagi Kehidupan.

    Shubhanallah,begitu besar karunia Allah yang di berikan kepada ciptaan-Nya yang paling sempurna diantara makhluk yang lain,karena manusia dikaruniai akal atau kecerdasan. Penelitian para ilmuan yang menyebutkan bahwa fikiran manusia bisa ‘dibaca’ hanya dengan memperhatikan aktifitas otaknya merupakan salah satu dari sekian banyak tanda kekuasaan Allah yang ada pada diri manusia agar jadi pembelajaran untuk kita semua untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kepada-Nya. Hal tersebut seharusnya disadari oleh para ilmuan yang meneliti bahwa dari kehebatan otak manusia ada yang terhebat yang menciptakan otak itu sendiri,dan yang terpenting justru para ilmuan tersebut seharusnya dapat menemukan pencipta hakiki otak,yaitu Allah yang esa.Namun bila kita lihat dari sisi tekhnologi, para ilmuan yang tersebut diatas adalah para manusia terhebat yang bisa menggunakan otaknya secara maksimal untuk menganalisa otak dengan alat-alat tekhnologi yang memadai sehingga hasil penelitian mereka menjadi sebuah ilmu pengetahuan yang dapat dinikamati orang banyak.

  16. Sain membuat pikiran manusia kian bisa dibaca…
    Tekhnologilah yang telah menghantarkan prestasi tersebut,sebagai suatu solusi yang didapat dari permasalahan yang dimiliki manusia.
    Dalam dunia pendidikan misalnya dengan berbagai macam permasalahan yang berkaitan baik terhadap proses maupun sistem pembelajaran yang menjadi hambatan dan masalah bagi guru dan anak didik,tekhnologi telah memberikan solusi terhadap masalah-masalahnya.
    Sekarang tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan tekhnologi tersebut sebagai solusi yang bisa membantu kita( baca: pendidik) untuk menyelesaikan masalah masalah pembelajaran anak didik kita.Tentunya kita nggak boleh gaptek (gagap tekhnologi) lho!

  17. Aku termasuk guru primitif atau modern?
    Yang dikatakan guru primitif menurut saya,yang tidak bisa membebaskan dirinya dari paradigma bahwa dirinyalah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan bagi anak didiknya…sehingga menghasilkan anak didik yang jauh tertinggal dari”peradaban”globalisasi…
    Guru modern,adalah guru yang mau menjadikan dirinya sebagai orang yang profesionalisme dan berkompeten dalam dedikasinya sebagai guru dengan terus menjadikan tekhnologi sebagai “mitra” nya dalam mendidik anak didiknya…
    Lalu bagaimana dengan saya? terkatagori apa?…
    Insya Allah dalam proses menjadi guru yang modern…Buktinya adalah sekarang saya menjadi mahasiswa bapak…

  18. Assalammu’alaikum wr.wb

    Otak adalah kumpulan saraf-saraf yang menjadi isi kepala atau alat berfikir..
    Sudah jelas bahwa otak adalah suatu bagian yg sangat mempengaruhi disetiap kehidupan manusia..apabila kita menggunakan otak dengan baik..maka kehidupan kita akan baik pula..contohnya seperti para ilmuan yg dapat menunjukkan bahwa pikiran manusia kian dapat dibaca.ini bukti jelas,jika kita terus menggunakan otak dengan baik..maka pola berfikir kita akan terus maju.dan tidak akan ketinggalan oleh zaman yang kian berkembang,dengan otak pula kita dapat mempelajari semua teknologi yang semakin canggih dan cepat {jadi ga GAPTEK lho..}hasilnya kita akan menjadi orang yang pintar dan bermanfaat bagi orang lain,apabila cara berfikir kita semakin lama semakin baik juga..namun jika kita menggunakan otak dengan tidak menjalankan sebagaimana mestinya..maka hancurlah kita.sebab kalau cara berfikir yang selalu tidak baik dan tidak dapat memanfaatkannya..bukan hanya dibenci oleh manusia semata,tp kita juga akan dibenci oleh ALLAH SWT dan akhirnya kita akan rugi sendiri..Subhanallah..maka dari itu bersyukurlah kita diberikan ALLAH otak..agar kita selalu menjalankan perintah-Nya dengan cara memanfaatkan otak dengan sebaik-baiknya..dan itu semua akan berjalan dengan baik..menurut kehendak-Nya.jika kita terus berusaha sekuat kemampuan kita..so jangan sia-sia kan otak yg kamu punya yach.. ^_^

  19. Jika penemuan tersebut digunakan dalam dunia pendidikan, penemuan tersebut dapat membantu pendidik dalam mengetahui seberapa besar daya ingat peserta didik dalam mengingat materi pelajaran yang telah disampaikan. Sehingga pendidik dapat mencari solusi yang terbaik bagi peserta didik tersebut (yang kemampuan daya ingatnya kurang) serta membantu mereka dalam merangsang fungsi otak mereka. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai…

  20. sain membat pikiran manusia kian bisa dibaca , menurut saya bahwa teknologi memang semakin maju pesat/canggih, manusia semakin hari banyak menemukan teknologi baru di muka bumi ini, menandakan bahwa semakin canggih peralatan manusia untuk menyelesaikan atau mengungkap misteri yang ada pada manusia itu sendiri.termasuk teknologi tentang sains yang bisa membaca pikiran manusia, terbukti bahwa makin hari teknilogi makin maju, sehingga muncul sins ini. tapi teknologi secanggih apapun pasti ada kekurangan dan kelebihannya, tidak mungkin bahwa pikiran manusia semuanya bisa terbaca dengan teknologi ini. secanggih apapun teknologi yang manusia ciptakan belum dapat mencapai tingkat kesempurnaan untuk mencapai keinginan menusia itu sendiri.otak adalah ciptaan Allah, teknologi yang diciptakan manusia hanya akan bisa melacak sepersekiannya dari keseluruhan syaraf otak manusia, tidak mungkin 100 % bisa dideteksi dengan teknilogi yang canggih sekalipun. bahwa kita harus sadari manusia sepandai apapun dan dengan teknilogi secanggih apapun belum akan mampu membuka rahasia rahasia ciptaan Allah SWT. mari kita reningkan!!1

  21. sains membuat pikiran manusia kian bisa dibaca, menurut saya bahwa teknologi memang semakin maju pesat, manusia semakin hari semakin banyak menciptakan teknologi baru , ini tandanya bahwa semakin canggih peralatan manusia untuk menyelesaikan segala sesuatu. Termasuk teknologi tentang sins ini yang bisa membaca pikiran manusia, ini terbukti manusia makin hari makin bertambah ilmu teknologinya sehingga muncul sains ini. tapi tentu teknologi ini ada kekurangan dan kelemahannya.tidak mungkin bahwa pikiran manusia semuanya bisa terbaca dengan teknilogi ini. secanggih apapun teknologi belum dapat mencapai tingkat kesempurnaan untuk mencapai keinginan manusia itu sendiri.otak adalah ciptaan Allah, teknologi yang diciptakan manusia hanya bisa mendeteksi sepersekiannya dari keseluruhan syaraf otak manusia. Tidak mungkin 100% dapat kita deteksi dengan dengan teknologi secanggih apapun.
    bahwa kita harus sadari manusia sepandai apapun dan dengan teknologi secanggih apapun belum akan mampu membuka rahasia ciptaan Allah swt. mari kita sama sama renungkan!

  22. Aku Guru modern atau primitif?
    Terus terang saja pak saya mengakui bahwa dalam mengajar belum banyak menggunakan media model ceramah selalu saya pakai disetiap mengajar.Hal ini karena apa? sebetulnya saya berkeinginan menyampaikan pelajaran pada murid-murid itu selalu menggunakan media yang pas sesuai dengan pelajaran yang akan saya ajarkan. tapi apa daya saya , yayasan tempat saya mengajar dananya pas-pasan, setiap kali saya mengajukan perlengkapan pembelajaran misal kaset, mesti harus banyak prosedur dulu untuk mengeluarkan dananya; jadi bagaimana saya bisa jadi guru modern kalau situasi dan kindisinya seperti ini. Pernah muncul dibenak saya sebagai guru yang ingin maju, apa mungkin saya mengambil pungutan pada siswa untuk membeli sebuah media yang dapat menunjang proses belajar mengajar, agar tidak terjadi kejenuhan dalam belajar dengan model ceramah saja. anak -anak akan selalu semangat belajar bila media yang kita suguhkan selalu bervariasi dan tidak membosankan. betul kan pak?

  23. Sebagaimana kita ketahui bahwa Allah SWT menciptakan makhuk hidup dengan kelebihan dan kekurangan. Dan dimana Allah SWT menciptakan makhluk hidup yang paling sempurna itu adalah Manusia, dimana manusia itu diberi akal pikiran. Dengan adanya akal manusia dapat berfikir. Manusia tersebut akan mudah membuat teknologi yang canggih. Teknoogi tersebut akan dapat digunakan hingga zaman yang akan dating. Dengan adanya sains yang diciptakan oleh manusia maka pikiran manusia akan dapat dibaca oleh alat tersebut. Disini kita dapat merasakan kebesaran Allah SWT secanggih-canggihnya teknologi tentang sains yang dibuat oleh manusia untuk membaca pikiran seseorang tidak akan mungkin bisa mengalahkan maha pencipta kita yaitu Allah SWT. Dengan demikian kita sebagai manusia haruslah bersyukur kepada Allah SWT karena dengan izin Dia-lah kita dapat membuat teknoogi tersebut.

  24. Sains membuat pikiran manusia yang bisa di baca….
    Otak merupakan suatu alat berfikir. Otak sangat penting halnya bagi manusia karena digunakan untuk berfikir. Sesempurna atau secangih apapun teknologi ( ilmu pengetahuan ) yang ada di dunia ini tidak ada apa-apanya dengan semua kekuasaan Allah Swt. Akan tetapi kita patut bangga dan menghargai karena paradigma atau ilmuan yang selalu menemukan hal-hal yang baru bahkan canggih. Sebaiknya tekhnologi ( ilmu pengetahuan ) di manfaatkan dan tidak di salah gunakan. Sekarang tergantung bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi ( ilmu pengetahuan ) sehingga bisa membantu atau mempermudah kita dalam mengerjakan sesuatu.

  25. Itulah teknologi, terus berkembang dan berkembang selama manusia masih ingin tahu dan tahu. Benar-benar manusia pintar sehingga dapat menciptakan computer yang dapat melihat aktivitas otak. mudah-mudahan Eleanor Maguire tidak tinggi hati dan menyadari bahwa masih ada yang maha mencipta yaitu ALLAH [ TUHAN ].
    Mudah-mudahan dengan ditemukannya teknologi canggih “pencitraan resonansi magnetik fungsional” dapat membantu penderita Alzheimer, pemeriksaan porensik dan bidang lain yang bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahtraan umat.
    Kita berharap, ilmu pengetahuan ini tidak disalahgunakan pada hal-hal yang tidak baik, tidak melanggar ETIKA dan NORMA AGAMA. Mari syukuri kebesaran ALLAH. Amiin.

  26. Assalamu’alaikum wr.wb

    Subhanallah…ternyata dengan terus berkembangnya teknologi,manusia semakin mudah untuk meneliti berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan ini.Disini kita dapat mengambil pelajaran untuk tidak pernah puas dalam menuntut ilmu,karena begitu banyak ilmu yag semestinya dapat kita ketahui dengan mengadakan penelitian dan eksperimen.Walaupun ilmu yang kita miliki hanya sebagian kecil saja dari ilmu yang ada,dan perlu kita ingat sepandai apapun manusia ia tidak akan mampu mengetahui apa yang ada dalam pikiran(otak)kecuali hanya berbentuk firasat yang baik yang diberikan Allah pada kepada orang mukmin.Terima Kasih

    Wassalamu’alaikum.wr.wb

  27. Subhanallah….
    Jika memang sudah ada manusia yang mampu menemukan ilmu membaca pikiran manusia dengan jalan menjelajahi bagian spasial otak manusia itu sendiri, sungguh suatu terobosan sains yang maha dahsyat. Kita sebagai pendidik akan dengan mudah mengarahkan pola pikir anak didik ke arah yang kita inginkan (tujuan pendidikan), sehingga transfer of knowleadge akan tanpa kesulitan sampai ke otak mereka sesuai dengan karakteristik anak yang dimaksud. Mendidik pun terasa lebih ringan, karena menemukan pola yang cocok untuk mengarahkannya, sebab kita sudah mampu membaca ke mana arah pikirannya.

  28. Assalamualaikum Wr Wb
    Menanggapi artikel bapak diatas
    Wuih….hebat banget pikiran manusia bisa dibaca….
    Tetapi pikiran dan hati manusia yang paling mengetahui dan memahami dirinya adalah Allah Swt. Manusia merupakan ciptaan Allah yang paling sempurna diantara makhluk-makhuk ciptaannya karena ia diberikan akal dan pikiran.Teknologi memang dari hari kehari makin berkembang pesat,dengan teknologi ini saja kita dapat mengetahui apa yang akan dilakukan dan dipikirkan oleh manusia.Sebenarnya hal ini bukan hal yang baru,mengapa mereka dapat membaca pikiran manusia, karena senantiasa mereka belajar dan berlatih memperhatikan setiap gerak dan tingkah laku manusia.Contohnya saja hal yang paling sederhana ya…kita saat memperhatikan orang lain,,bila orang ini kita perhatikan gerak-geriknya ceria banget ya..oh kita bisa menilai bahwa ia sedang bahagia.Dan kita memperhatikan orang ini kok diem aja yah,murung,tak tersenyum..kita dapat menilai,mungkin dia lagi sedih dan mungkin sedang banyak masalah.Contoh lainyapun pada pihak kepolisian saat sedang menyelidiki kasus,maka ia akan terus mengaitkan setiap Tanya jawab kepada pelaku kejahatan dan dari itu seorang polisi ndapat menyimpulkan latar belakang pelaku melakukan kejahatan
    Sebenarnya kemampuan otak orang berbeda-beda tergantung dari pemilik otak mereka sendiri,apabila mereka sering membaca dan mengasah otak mereka maka mereka akan memperoleh kemudahan dalam belajar dan menjalankan aktifitas sehari-hari.
    Dan teknologi yang bapak kemukakan diatas,memang sangat mempengaruhi dan mempermudahkan proses kegiatan belajar mengajar,dan dapat memudahkan guru.Misalnya saja ia jadi mengetahui bahwa siswa tersebut menyukai pelajaran dan cara mengajar guru tersebut.Dan seorang guru juga harus dapat membaca pikiran siswa,dan mengikuti apa yang mereka inginkan.Dan dengan teknologi yang ada ini pasti segala sesuatu yang menghambat proses belajar mengajar dapat teratasi.
    Semoga kita dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang dengan sebaik-baiknya dan kita juga jangan terlalu mengagung-agungkan teknologi,karena niscaya kesempurnaan hanya milik Allah Swt.

  29. Otak Manusia Sumber bagi Kehidupan.

    Shubhanallah, begitu besar karunia Allah yang di berikan kepada ciptaan-Nya yang paling sempurna diantara makhluk yang lain,karena manusia dikaruniai akal atau kecerdasan. Penelitian para ilmuan yang menyebutkan bahwa fikiran manusia bisa ‘dibaca’ hanya dengan memperhatikan aktifitas otaknya merupakan salah satu dari sekian banyak tanda kekuasaan Allah yang ada pada diri manusia agar jadi pembelajaran untuk kita semua untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kepada-Nya. Hal tersebut seharusnya disadari oleh para ilmuan yang meneliti bahwa dari kehebatan otak manusia ada yang terhebat yang menciptakan otak itu sendiri,dan yang terpenting justru para ilmuan tersebut seharusnya dapat menemukan pencipta hakiki otak, yaitu Allah yang esa.Namun bila kita lihat dari sisi tekhnologi, para ilmuan yang tersebut diatas adalah para manusia terhebat yang bisa menggunakan otaknya secara maksimal untuk menganalisa otak dengan alat-alat tekhnologi yang memadai sehingga hasil penelitian mereka menjadi sebuah ilmu pengetahuan yang dapat dinikamati orang banyak.

  30. Kesejahteraan Manusia atas Kerja Otak Manusia.

    Keunikan otak manusia dengan diameter antara 5-8 cm mampu merubah semua aktivitas dunia menjadi makmur atau hancur tergantung hati nurani dan attitute manusia. Ini mesti didasari oleh aqidah yang kuat dan pemahaman secara mendalam akan maknanya ciptaan Illahi. Kehidupan dalam setiap langkah harus dipertanggungjawabkan di hadapan manusia maupun di depan Tuhan. Keengganan manusia membangun dunia lebih sejahtera hanya berdasarkan emosi pribadi yang dikemas dengan nasionalisme atau sejenisnya.
    Begitu juga terhadap penciptaan alat rekayasa tehnologi lebih berdasarkan ego yang kadang kala membuat dunia ciptaan Tuhan hancur tanpa makna. Terjadinya perang dunia I, II dan perang dingin merupakan emosi yang dikemas dengan nasionalisme / egosentris tanpa mempedulikan manusia lain. Perkembangan tehnologi yang berdasarkan pola pikir sihat pasti membuat manusia lebih sejahtera seperti tehnologi untuk pencuci darah, robot yang membantu ringannya pekerjaan manusia. Namun harus tetap dikendalikan berdasarkan kebutuhan dan kemaslahatan manusia di masa sekarang dan masa mendatang. Keadaan terhadap manusia pasti akan menimbulkan ketiadaan manusia itu sendiri, Kalau penciptaan tehnologi yang menunjang aktivitas manusia tentunya harus terus dikembangkan seperti tehnologi kedokteran, enginering dan bukan nuklir untuk perluasan wilayah. Kemajuan peradaban manusia juga sejalan dengan ajaran dan aturan Allah, bahwa fastabiqul khairat termasuk dalam penciptaan tehnologi modern. Dan saatnya Indonesia untuk mengejar hal itu dengan dimulai dari pintu pendidikan yang benar berdasarkan maslahat dan aqidah islamiyah.

  31. Assalamualaikum wr wb
    sains membuat pikiran manusia kian bisa dibaca seorang ilmuan manapun yang bisa menciptakan teknologi sains, yang katanya bisa membaca pikiran manusia hanya dengan memperhatikan aktivitas otak melalui teknologi komputer.
    tidak ada yang dapat menandingi ALLAH SWT karena hanya ALLAH lah yang dapat mengetahui hati dan pikiran manusia dimanapun dia berada dengan teknologi ini mungkin akan membuat persaingan antar manusia utuk berlomba dalam hal penelitian. otak manusia dijadikan kelinci percobaan.
    kita sadar bagaimana jadinya bila manusia bisa membaca pikiran orang, mungkin nantinya akan membuat takabur. tidak ada salahnya ilmuan menciptakan teknologi sains ini, selama tidak merugikan manusia itu sendiri. semua itu kembali kepada iman dan taqwa pada diri manusia itu.
    wasalamualaikum wr wb

  32. Wow, what a great invention!semakin usia zaman bertambah, maka semakin maju pula ilmu pengetahuan. Benar-benar di luar dugaan, manusia zaman sekarang memiliki kadar ilmu pengetahuan/teknologi yang amat maju, bahkan mungkin akan menyamai kedudukan Sang Maha Pencipta.Maka, dari sinilah kita harus mempertebal keimanan kita, bahwa tiada sesuatupun yang dapat menandingi kekuasaan ALLAh SWT.

  33. Assalamualaikum. Wr Wb.
    Kenyataan yang terjadi, masih ada saja guru yang primitif, karena banyak guru yang tidak memiliki ilmu pedagogik. Menjadi guru mungkin hanya sekedar jalan pintas dari pada menganggur. Masih ada guru yang mengajar tanpa Rencana Program Pengajaran. Padahal Rencana Program Pengajaran adalah langkah awal dalam mengajar, sehingga pengajaran akan terarah dan tidak ada lagi pertanyaan saya akan menggunakan media atau tidak ketika akan mengajar. Di dalam RPP media yang akan dipakai sudah jelas dan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.
    Waalaikumsallam Wr Wb.

  34. Asslamualaikum Wr Wb.
    Kemajuan dan kecanggihan tekhnologi sangat membantu dalam dunia pendidikan. Meskipun ada kebaikan dan keburukannya. Bagi siswa yang di ketahui memiliki daya pikir yang cerdas dapat diklasifikasikan. Kemajuan tekhnologi dapat mempermudah dan mempercepat penyampaian materi pelajaran kepada siswa. Namun demikian tidak sedikit yang memanfaatkan tekhnologi untuk hal-hal yang negatif.

  35. Assalamualaikum Wr Wb.
    Manusia adalah makhluk Allah Swt yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk yang lain, antara lain manusia dilengkapi dengan akal pikiran ( Otak ). Dengan adanya otak inilah manusia dapat melakukan apa saja yang diinginkan dengan kata lain manusia berfikir untuk membuat hal-hal baru yang dibutuhkan oleh manusia. Yaitu berupa tekhnologi-tekhnologi yang canggih dan modern. Sehingga tekhnologi yang ada didunia ini semakin banyak maka dari itu dengan adanya tekhnologi yang serba modern ini pendidikan di Indonesia diharapkan menghasilkan sumber daya manusia yang aktif kreatif, serta dinamis.
    Wassalamuallaikum Wr Wb.

  36. Assalamuallaikum Wr Wb.
    Sebagai guru pasti semua ingin menjadi guru yang modern. Hanya saja situasi dan kondisi yang membedakan media yang tersedia di sekolah yang harus di manfaatkan belum selengkap seperti di sekolah-sekolah modern. Jadi menurut saya semua guru sudah modern, karena walaupun dalam mengajar tidak tersedia media di sekolah guru harus dapat menggunakan media yang ada dan sesuai dengan materi yang akan di ajarkan. Karena tidak semua materi pelajaran membutuhkan media. Bisa saja dilakukan dengan gerakan, gambar, atau dengan mendisain sendiri media tersebut.
    Wassalamuallaikum Wr Wb.

  37. Subhanallah… !!!
    Itulah kelebihan manusia dibandingkan makhluk lainnya. Manusia dengan otaknya mampu menempati kedudukan yang paling mulia diantara semua makhluk ciptaan-Nya. Penemuan alat pemindai canggih yang dapat membaca pikiran manusia tersebut adalah hasil kerja otak juga tentunya bagi para ilmuwan yang selalu menggunakan otaknya untuk berfikir dan berfikir.
    Saya rasa penemuan seperti ini apabila digunakan untuk hal-hal positif sangat banyak manfaatnya. Misalnya, saat ini banyak terjadi kecelakaan pesawat yang jatuh tanpa diketahui keberadaannya, mungkin saja dengan menggunakan teknologi alat pemindai yang dapat membaca otak manusia ini, lokasi jatuhnya pesawat tersebut dapat diketahui keberadaannya, sehingga dapat membantu memudahkan tim evakuasi dalam mencari para korban. Dan banyak lagi manfaat yang dapat kita ambil dari penemuan ini. Namun secanggih apapun teknologi itu, karena yang membuatnya manusia, tentu hasilnya tidak akan sempurna, mungkin saja banyak kekurangan disana-sini sehingga akan timbul dampak-dampak negatif yang dapat mengakibatkan kerusakan-kerusakan yang menimpa manusia itu sendiri, diantaranya akan timbul banyak kerusakan pada sel-sel saraf otak manusia karena penemuan tersebut pasti membutuhkan otak manusia sebagai percobaan untuk keperluan penelitian dalam jangka waktu yang lama.
    Mungkin teknologi ini merupakan teknologi tercanggih saat ini, namun masih belum ada apa-apanya dibandingkan kekuasaan Allah SWT yang tiada tara bandingannya.

  38. Perkembangan teknologi membuat pikiran manusia untuk selalu menciptakan yang baru, karna akal yang diciptakan oleh Allah berbeda dari mahluk lainnya termasuk rasa ingin tahu/ketidakpuasan itu sendiri. Namun apabila tidak dibarengi dengan keimanan kepada Allah bahwa Allah Maha Besar yang telah menciptakan organ tubuh kita dengan sempurna, secanggih apapun perkembangan teknologi tidak dapat menandingi apa yang telah diciptakan Allah. Malihat itu semua kita perlu tahu tujuannya apakah sebagai jalan untuk berzikir kepada Allah atau untuk menandingi Allah apalagi kalau hanya dapat merusak kemaslahatan umat. Lebih baik kita sebagai manusia berfikir bagaimana diri kita dapat berguna untuk orang lain daripada membaca pikiran orang yang hanya akan merusak segalanya.

  39. Assalammu’alaikum wr..wb…
    Sains membuat pikiran manusia kian bisa dibaca…
    Alhamdulillah…ternyata manusia sekarang masih banyak yang haus akan ilmu pengetahuan..serta keingintahuannya terhadap sesuatu teknologi masih belum puas. Menaggapi hal ini ” Sains Membuat Pikiran Manusia Kian bisa Dibaca”,
    Sebetul nya Manusia mempunyai (SAR) Sistem Aktifasi Reguler yang dapat menyaring berbagai macam informasi yang ada di dalam otak sehingga memudah kan jaringan saraf untuk menyimpan memori yang tak terhingga,

  40. Assalammu’alaikum wr..wb…
    Sains membuat pikiran manusia kian bisa dibaca…
    Alhamdulillah…ternyata manusia sekarang masih banyak yang haus akan ilmu pengetahuan..serta keingintahuannya terhadap sesuatu teknologi masih belum puas. Menaggapi hal ini ” Sains Membuat Pikiran Manusia Kian bisa Dibaca”,
    Sebetul nya Manusia mempunyai (SAR) Sistem Aktifasi Reguler yang dapat menyaring berbagai macam informasi yang ada di dalam otak sehingga memudah kan jaringan saraf untuk menyimpan memori yang tak terhingga, Sehingga segala sesuatu yang kita pikirkan akan direspon oleh tubuh maka disebut bahasa verbal atau non verbal. Untuk sementara ini dipandang dari segi teknologi sangat banyak menguntungkan berbagai pihak karena dapat mengungkap fakta tentang pikiran yang tidak koperatif. Selain itu juga penciptaan teknologi sebaiknya didasari dengan nilai-nilai agama sehingga tidak merusak norma dan etika serta tidak disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Terimakasih…
    Wassalam..wr…wb…

  41. Setelah membaca artikel Bapak tentunya sangat menarik sekali bagi saya sebagai seorang guru. Kebetulan saya adalah seorang guru TK yang kecil. Pembelajaran kami hanya menggunakan lingkungan sekolah saja, pernah suatu ketika kami menggunakan rumah orangtua siswa yang tempatnya cukup memadai untuk kami gunakan audio visual geraknya . Dari sini kami mendapat kesimpulan pambelajaran yang bervariatif akan menjadikan ankak didik tidak mudah jenuh. Besar harapan saya mendapatkan kesempatan untuk selalu belajar dan menggunakan media yang lainnya demi kepentingan anak didik agar kami pun tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi.

  42. Setelah membaca artikel Bapak tentunya sangat menarik sekali bagi saya sebagai seorang guru. Kebetulan saya adalah seorang guru TK yang kecil. Pembelajaran kami hanya menggunakan lingkungan sekolah saja, pernah suatu ketika kami menggunakan rumah orang tua siswa yang tempatnya cukup memadai untuk kami gunakan audio visual geraknya. Dari sini kami mendapat kesimpulan pembelajaran yang bervariatif akan menjadikan anak didik tidak mudah jenuh. besar harapan saya mendapatkan kesempatan untuk selalu belajar dan menggunakan media yang lainnya demi kepentingan anak didik agar kami pun tidak tertinggal oleh perkembangan tekhnologi.

  43. ass.wr.wb
    menurut saya,sains membuat pikiran manusia kian bisa dibaca menunjukan bahwa perkembangan teknologi pada zaman sekarang semakin maju dan semakin canggih.apa yang dianggap tidak mungkin bisa sekarang apapun bisa diwujudkan dengan adanya bantuan dari sains dan teknologi..
    manusia tidak ada puasnya dalam menjalankan hidup ini sehingga banyak penemuan-penemuan yang luar biasa yang dapat membantu kehidupan manusia zaman sekarang…kita harus mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diberikannya kepada kita otak yang banyak menciptakan banyak hal-hal baru…
    wss.wr.wb

  44. Assalammualaikum wr.wb.
    sains/ilmu pengetahuan berkembang begitu cepat seiring perkembangan zaman yang serba modern seperti sekarang ini,banyak ahli-ahli dibidang sains,mereka bahkan bisa membuat alat yang bisa mendeteksi otak manusia,bahkan bisa memindahkannya.namun sepandai manusia mereka tidak bisa menyaingi ALLAH sang maha pencipta. Otak adalah pusat manusia berfikir,menerima dan mengkoordinasikan semua informasi yang datang panca indera dan mengontrol keseimbangan gerak tubuh. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna dari makhluk lainnya,oleh karena itu kita harus bersyukur.otak manusia bagaikan flash disk,walaupun kecil namun dapat menyimpan data yang cukup banyak.dalam dunia pendidikan setiap pelajaran yang di sampaikan pendidik akan direspon dengan baik oleh peserta didik dan disimpan di otak.otak manusia akan terus berkembang apabila diasah dengan cara belajar dan terus belajar.
    wassalammualaikum.wr.wb.

  45. Wooow dahsyat !positif thinking aja sich !memang harus diakui kehebatan para ilmuwan yang terus melakukan penelitian terhadap segala hal, sampai aktivitas otak pun bisa di teliti. Kemajuan teknologi memang benar-benar memudahkan persoalan diberbagai bidang kehidupan. Kalau memang tujuannya baik, Insya Allah akan terus berkembang dan diakui oleh warga dunia. Tapi biar bagaimanapun, manusia hanya bisa berusaha untuk melakukan yang terbaik, tapi semuanya kembali kepada Sang Pencipta. Tidak apa-apa aktivitas otak bisa dibaca, asalkan aktivitas hati terus menjadi suatu rahasia antara individu dengan Sang Pencipta.

  46. teknologi yang di temukan para ahli tersebut sangat hebat. pikiran manusia yang kita tau mungkin cuma allah yang tau, ternyata ciptaannyapun bisa meneliti pikiran manusia. tetapi menurut saya teknologi tersebut dalam pembelajaran mungkin akan bisa lebih membantu, karena dengan teknologi tersebut pendidik dapat mengetahui bagaimana menyelesaikan masalah-masalah yang sering ditemukan pada masing-masing anak didiknya.pikiran manusia kian bisa dibaca,tetapi tetap saja tidak ada yang sempurna dalam pengetahuan kecuali sang maha pencipta. teknologi tersebut memang hebat, tapi tentunya ada dampak negatif pada penemuan para ahli tersebut.

  47. teknologi yang di temukan para ahli tersebut sangat hebat. pikiran manusia yang kita tau mungkin cuma allah yang tau, ternyata ciptaannyapun bisa meneliti pikiran manusia. tetapi menurut saya teknologi tersebut dalam pembelajaran mungkin akan bisa lebih membantu, karena dengan teknologi tersebut pendidik dapat mengetahui bagaimana menyelesaikan masalah-masalah yang sering ditemukan pada masing-masing anak didiknya.pikiran manusia kian bisa dibaca,tetapi tetap saja tidak ada yang sempurna dalam pengetahuan kecuali sang maha pencipta. teknologi tersebut memang hebat, tapi tentunya ada dampak negatif pada penemuan para ahli tersebut

  48. Sains membuat pikiran manusia kian bisa dibaca…..!!!

    Memang tidak bisa di pungkiri seiring dengan kemajuan zaman yang semakin modern ini dan diikuti dengan berkembangnya dunia Ilmu Pengetahuan yang semakin canggih.Para ilmuan mampu membuat riset dan mampu menunjukan bahwa pikiran manusia dapat di baca, hal ini secara tidak langsung telah banyak menyita perhatian dunia, baik yang bersifat pro dan kontrak.
    Dalam hal ini saya pribadi berharap dengan dilakukanya penelitian semacam itu dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh umat manusia, seperti yang sudah sering kita dengar dengan adanya mesin deteksi kebohongan sangat membantu mempermudah kinerja kepolisian dan pengadilan dalam mengungkapkan suatu kasus tertentu.
    Marilah kita berdoa mudah-mudahan Teknologi yang sekarang sedang di kembangkan oleh para ilmuan ini dapat bermanfaat bagi kehidupan kita dan dipergunakan dengan jalan yang benar dan sebaik-baiknya.

  49. teknologi dalam dunia ini sudah sangat berkembang. Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari perkembangan teknologi tersebut. Dalam perkembangan teknologi, yang segalanya dapat dilakukan dengan mesin dapat membuat manusia lupa akan kewajibannya dan sifat kemanusiaan itu sendiri. Karena teknologi bisa menguntungkan dan merugikan manusia itu sendiri baik ia sadari maupun tidak disadari. Misalnya teknologi pemindai otak yang dapat membaca pikiran manusia, bila tidak digunakan sesuai dengan kebutuhan akan dapat merusak privasi kehidupan manusia tersebut. Jadi bagi saya, perkembangan teknologi harus diikuti dengan perkembangan manusia yang lebih berkualitas dan beradab.

  50. Manusia adalah mahluk yang paling baik dibanding mahluk lainnya, karena manusia diberikan akal oleh Allah SWT. Dengan akal dan otaknya manusia dapat menemukan atau menggali ilmu yang ada didunia ini. Memang segala yang ada didunia ini diciptakan oleh Allah SWT untuk manusia, maka manusia harus dapat menggalinya dengan menggunakan akal dan otaknya tersebut untuk menemukan sesuatu yang diinginkannya.
    Sudah banyak para ilmuan yang berhasil seperti menciptakan tehnologi seperti alat tehnologi komputer yang terhubung memalui dunia maya. Keberhasilan tersebut bukan semata-mata karena kepandaiannya saja tetapi karena adanya kehendak Allah SWT sepintar apapun manusia kalau Allah tidak menghendaki tidak akan berhasil.
    Kita sebagai orang muslim tentunya percaya segala sesuatu apabila berhasil itu karena kehendak Allah SWT.

  51. Sains membuat pikiran manusia kian bisa membaca …
    subhanallah…Allah telah menciptakan begitu hebatnya tentang otak,yang sekiranya kita sebagai manusia tidak tahu apa yang telah diberikan kepada kita itu adalah semata-mata agar selalu mengingat kepada Allah SWT.otak adalah bagian yang paling penting bagi kehidupan manusia karena dengan otak kita bisa berpikir,bisa belajar,dan bisa mengetahui segala-galanya.Dizaman era globalisasi ini, teknologi semakin canggih
    manusiapun semakin hebat karena dengan otak dan akal manusia dapat menciptakan alat-alat yang dapat digunakan untuk semua orang seperti:alat transportasi, komunikasi dan lain-lainnya.bahkan ilmuwan-ilmuwan tersebut dapat menemukan yang lebih canggih lagi yaitu bagian-bagian yang telah dikemukan tentang ”sains”dan ”ilmu pengetahuan lain ”.Dan itu semua kita kembalikan kepada Allah SWT,

  52. Otak adalah sentral dari sisim saraf, ia terletak di dalam tengkorak dan berkomunikasi dengan seluruh tubuh melalui syaraf ranial dan sumsum belakang. Otak terdiri dari batang otak, cerebellum, yang meliputi hampir dari 90% volume otak. Selain itu masa otak terdapat di dalam cairan cerebrospinal yang memberi perlindungan mekanisme dan kimiawi sekaligus.

  53. Menurut saya guru modrn ialah sikap dan cara berpikirnya sejalan dengan kondisi zaman (tuntutan hidup )conthnya:mengaplikasikan suatu alat (komputer,perkkembangan zaman’
    Guru primitif adalah sikap dan cara berfikirnya terbelakang peradatanya tidak mengikuti kemutkhiran zama masih sangat sederhana dari penampilan.

  54. memang perkembangan teknologi zaman sekarang itu sudah sangat berkembang pesat, bahkan bisa disebut sudah diluar nalar manusia. contohnya saja para ilmuwan di Inggris sudah dapat menemukan alat pendeteksi pikiran manusia,, sangat luar biasa. pada dasarnya, pikiran manusia itu hanya dapat diketahui oleh Allah yang menciptakan manusia dan manusia itu sendiri. dengan adanya penemuan seperti ini, kita dapat belajar dari sini. pendidikan itu sangat penting bagi diri kita dan juga dapat berguna untuk masa depan….

  55. Assalamuallaikum
    Secara umum otak merupakan media penyimpanan data dan pengolahan data yang ada pada manusia. jika ada teknologi untuk membaca otak tersebut tentulah otak itu sendiri yang mengolah data yang sehingga munculnya ide dan terciptanya teknologi tersebut. Jika teknologi ini digunanakan pada pendidikan tentulah sangat berguna dimana teknologi ini dapat menganalisis permasalahan pada penyerapan dalam menerima pesan berupa ilmu dalam kegiatan belajar mengajar. seperti yang sudah lumrah didunia ini segala sesuatu pastilah ada dampak positif dan negatifnya, oleh karena itu kita sebagai manusia haruslah bijak dalam menggunakan suatu teknologi agar dapat diminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan efek positifnya sesuai yang diharapkan atas teknologi yang diciptakan itu sendiri.

  56. Assalamuallaikum
    Secara umum otak merupakan media penyimpanan data dan pengolahan data yang ada pada manusia. jika ada teknologi untuk membaca otak tersebut tentulah otak itu sendiri yang mengolah data yang sehingga munculnya ide dan terciptanya teknologi tersebut. Jika teknologi ini digunanakan pada pendidikan tentulah sangat berguna dimana teknologi ini dapat menganalisis permasalahan pada penyerapan dalam menerima pesan berupa ilmu dalam kegiatan belajar mengajar. seperti yang sudah lumrah didunia ini segala sesuatu pastilah ada dampak positif dan negatifnya, oleh karena itu kita sebagai manusia haruslah bijak dalam menggunakan suatu teknologi agar dapat diminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan efek positifnya sesuai yang diharapkan atas teknologi yang diciptakan itu sendiri . . .

  57. As.wr.wb
    Semakin bertambahnya zaman, maka semakin banyak teknologi yang berkembang sehingga dapat memudahkan aktifitas seseorang. Seandainya saja alat ini sudah dapat kita gunakan di sekolah – sekolah, tentu guru dapat dengan mudahnya mengembangkan bakat para siswanya hanya dengan meneliti dari otak mereka masing – masing. Sudah barang tentu pendidikan di negara ini akan semakin lebih baik dan lebih maju, selain itu jika kita dapat membaca pikiran dari murid – murid kita pastinya mereka akan senang sekali bersekolah ( karena mereka akan merasakan lebih nyaman berada disekolah, semua yang mereka inginkan terpenuhi ). Tapi walaupun itu belum dapat digunakan dengan bebas, saya sudah sangat ikut bergembira walaupun hanya baru dapat mendengar beritanya saja.trims
    Ws.wr.wb

  58. penemuan-penemuan yang telah ditemukan oleh manusia dalam kapasitasnya sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat subyektif memang dapat menjangkau ranah pemikiran manusia,itu bisa dibuktikan dengan berbagai macam penemuan manusia jauh sebelum penemuan ini (baca: membaca aktivitas otak) dalam bidang sains dan teknologi. kemampuan otak yang dimiliki manusia dapat menjangkau segala hal yang bersifat subyektif hingga terjadi pembenaran bersama dalam lingkup obyektifitas, di dalam literatur agama islam pun telah disebutkan bahwa manusia mampu menjangkau alam pikiran manusia tetapi tidak untuk alam roh. dengan ditemukannya alat “pembaca pikiran manusia” meslipun masih jauh dari sempurna, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi dan kapasitas manusia dalam hal ini ilmu pengetahuan mampu mengendalikan hal-hal yang bersifat positif dan negatif.

  59. Assalammu’alaikum wr.wb

    Saint membuat pikiran manusia kian bisa dibaca. Saint atau pengetahuan merupakan hal yg sangat penting di era reformasi ini, semakin maju zaman ini semakin banyak pengetahuan yang kita peroleh. Maka dari itu tidak mustahil pikiran manusia bisa dibaca. Bahkan lebih dari itu, dengan teknologi yang canggih tetapi kita sebagai manusia tidak boleh merasa lebih hebat, karena sesungguhnya kita sebagai manusia pasti memiliki banyak kekurangannya. Karena kesempurnaan hanyalah milik sang pencipta. Meskipun secanggih-canggihnya alat teknologi belum tentu bisa membuka pikiran manusia, sebab manusia sangatlah sempurna yg diciptakan oleh ALLAH SWT, jadi yang mengetahui segala yang ada dipikirannya, cukup hanya Dia dan ALLAH SWTsaja yang tahu.

  60. Assalammu’alaikum wr.wb

    Guru primitif dan modern bagi saya sama saja. Sebenarnya saya ingin menjadi guru modern. Tetapi banyak kendala yang saya hadapi. Karena bagi saya modern dan primitif itu tidak hanya diukur dari pakaian saja, tetapi dilihat dari kualitasnya. Saya sebagai guru modern harus bisa menyediakan dan memenuhi tuntutan yang ada di era reformasi ini. Dalam arti harus bisa menguasai alat-alat teknologi yang dapat membantu dalam proses belajar mengajar di era reformasi sekarang ini! Seorang guru bisa dikatakan primitif jika dalam proses pengajaran tidak mengikuti kurikulum yang berlaku saat ini. Akan tetapi kita bisa melihat dari cara guru tersebut bisa atau tidak membawakan pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa / muridnya.

  61. subhanallah…para ilmuwan untuk pertama kalinya dalam sejarah telah menemukan penelitiannya melalui sains dengan kemampuan yang menghasilkan teknologi bahwa dimana didapat pikiran manusia dapat dibaca walaupun teknologi ini masih membutuhkan waktu setidaknya 10 tahun sebelum itu mungkin diaplikasikan dan membutuhkan masa yang lama sebelum teknologi seperti itu menjadi mungkin diterapkan.Kalau kita pikirkan dengan akal sehat penemuan itu terlihat mustahil karena apabila kita sedang memikirkan sesuatu,apa bisa seseorang dapat mengetahui apa yang kita pikirkan?andaikan bisa itu pun melalui ilmu mistik atau gaib.Tapi secara rasional pasti tidak dapat terbaca atau diketahui itulah kekuasaan Allah swt..apapun bisa.Allah swt telah memberikan manusia akal dan pikiran sehat,kembali lagi kepada diri sendiri bagaimana kita dapat menciptakan, menggunakan dan mengembangkan akal dan pikiran kita dengan sebaik dan skreatif mungkin.Seperti para ilmuwan tersebut yang telah menemukan atau menciptakan penemuannya yang dimana kita bisa membaca pikiran seseorang dalam satu masa singkat manakala pikiran-pikiran itu tidak kooperatif.

  62. Setiap hal yang dilakukan manusia bersumber dari otak. Otak yang berfikir dan anggota tubuh yang bekerja. Sungguh sangat hebat ada penemuan alat untuk membaca otak manusia. Saat kita bisa mengetahui apa yang ada di isi otak lawan bicara kita, maka kita akan bisa menempatkan diri bagaimana untuk berkata dan bertindak kepada lawan bicara. Tentunyalah bila dikaitkan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru, maka alat ini sungguh sangat bermanfaat. Guru akan dengan cepat mengetahui karakter dari sekian banyak siswanya yang diajar dengan menggunakan alat pemindai canggih ini. Guru akan mengetahui apa yang ada di otak para siswanya, sehingga bisa menyesuaikan metode pembelajaran dengan apa yang sesuai dengan keinginan siswa. Metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter masing-masing siswa tentunyalah akan berhasil. Konsentrasi belajar akan timbul bila hal yang dipelajari itu adalah hal yang disukai. Semoga alat pemindah canggih ini segera beredar di pasaran sehingga guru akan dapat menggunakannya untuk pembelajaran.

  63. Menurut saya klo diliat dari prosesny supaya bisa dibaca secara garis besar untuk membaca tubuh atau bentukya menjuluki hasratnya yang mengabarkan tingkah lakunya menyimbolkan perkembangkannya dan menalar dirinya dan memperlihatkan kekuatanya yang artinya manusia dapat mengkaji alam baik diliat dari dalamnya mau pun luarny.

  64. ketika kita berbicara tentang otak dimana segala sesuatu tersimpan dengan sangat sempurna.namun dengan ditemukannya alat “pembaca pikiran manusia” masih jauh dari sempurna, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi dan kapasitas manusia dalam ilmu pengetahuan mampu mengendalikan hal-hal yang bersifat positif dan negatif.para ilmuan sangat mengerti bahwa yang mereka temukan sangatlah bermanfaat…mka dari itulah sangat tak berlogika ketika kita telisik lebih dalam lagi bahwa pikiran seseorang dapat di baca.dunia sangat hebat ketika para ilmuan dapat menemukan alat yang sangat mustahil namun tak dapat kita pungkiri zaman sudah sangat berkembang dengan cepat…..

  65. ketika kita berbicara tentang otak dimana segala sesuatu tersimpan dengan sangat sempurna.namun dengan ditemukannya alat-alat tersebut masih jauh dari sempurna, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi dan kapasitas manusia dalam ilmu pengetahuan mampu mengendalikan hal-hal yang bersifat positif dan negatif.para ilmuan sangat mengerti bahwa yang mereka temukan sangatlah bermanfaat…mka dari itulah sangat tak berlogika ketika kita telisik lebih dalam lagi bahwa pikiran seseorang dapat di baca.dunia sangat hebat ketika para ilmuan dapat menemukan alat yang sangat mustahil namun tak dapat kita pungkiri zaman sudah sangat berkembang dengan cepat…..

  66. Dengan ditemukannya alat tersebutsemoga bermanfaat terutama untuk dunia pendidikan, mendeteksi keadaan jiwa murid sehingga tujuan pembelajaran dapat berhasil dengan optimal.Dengan demikian guru dapat membaca pikiran anak didik, sehingga guru dapat menciptakan suasana belajar berdasarkan mood anak. Semoga !

  67. Mohon ganggu, aku kangen dengan salah satu mahasiswi di atas, dengan ini saya hanya peganggu di media ini. Tapi biarkan saya member pendapat tentang teknologi yg sedang di teliti, anggap aja teknologi pembaca rekaman otak, menurut saya tantangan untuk membuat teknologi itu cukup besar Dan bukan berarti tidak mungkin bisa di terapkan jika terus di teliti, karen a teknologi berawal Dari khayalan, seperti pesawat yg terjadi Karena peneliti melihat burung yg indah terbang di langit. Dan mungkin teknologi tsb bila suatu saat bisa di terapkan, bagaimana kita bisa bijaksana dalam memakai nya untuk keperluan haklayak. Tapi sekali lg penilitian utk sempurna butuh waktu lebih Dari 10 thn, Dana Dan team yg canggih di bidangnya. Bisa jadi 50 thn kemudian baru ketemu, itu pun kalau masih ada generasi yg masih mau meneliti, ini pendapat aja, bukan mau mendahului kehendan peneliti Dan kehendan tuhan, ini hanya analisis anak kemarin sore.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s