11 comments on “Mendidik Anak Lewat Film

  1. Ping-balik: komunikasi massa

  2. media masa memang tempat yang rawan bagi pendidikan anak. acara yang Anda ceritakan dalam blog anda merupakan solusi yang baik dalam mengatasi masalah pendidikan anak dalam menghadapi media masa.

  3. Mendidik anak lewat media film atau media yang lain itu memang sangat baik karena akan mengasah kemampuan seorang anak dalam berimajinasi dan belajar mengambil kesimpulan dari apa yang telah mereka lihat. akan tetapi masyarakat indonesia secara mayoritas tingkat penddikannya masih sangat minim terutama yang ada didaerah pedesaan dan perkampungan. bagaimana mungkin orang tua yang berpendidikan rendah bisa membimbing seorang anak dalam berimajinasi dan mengambil kesimpulan dari sesuatu yang telah mereka lihat. terlebih dari itu semua yang menjadi kendala, guru guru dipedesaan dan perkampungan yang ingin menerapkan pembelajaran lewat media baik media filam atau atau media lainnya selalu terbentur dengan masalah minimnya dana. oleh karena itu mungkin dibutuhkan perhatian khusus oleh pihak pihak yang terkait untuk menerapkan itu semua.

  4. film merupakan media audio visual yang mempunyai dua sisi, yaitu : positif dan negatif.
    Dari sisi positifnya sangat baik dijadikan media pendidikan, karena dengan film, peserta didik dapat melihat dan mendengar segala apa yang diajarkan sehingga mereka lebih cepat memahami apa yang diajarkan tersebut. Dengan melihat dan mendengar apa yang ditayangkan lewat film tersebut. sisi negatifnya adalah terkadang mereka lupa waktu ketika sudah menyaksikan tayangan tersebut apabila film kesayangan mereka seperti : Doraemon, sinchan, upin dan ipin, dan lain-lain.

  5. Media film merupakan media yang sangat efektif dalam mendidik anak, karena mayoritas anak lebih menyukai apa yang mereka lihat dan dengar, dibandingkan jika mereka hanya mendengarkan saja. Materi yang disajikan dalam bentuk gambar bergerak (film) akan mampu menumbuhkan minat siswa dalam belajar, apalagi jika siswa dapat langsung melihat proses penulisan cerita, proses pembuatan film, sehingga pada akhirnya mereka akan dapat menghasilkan karya mereka sendiri. Namun karena mahalnya media tersebut, serta keterbatasan madrasah dari segi SDM membuat madrasah saat ini belum mampu memiliki dan menggunakan media tersebut, yang ada saat ini baru media elektronik DVD, TV, Infokus dll.

  6. ass…
    maaf pak sebelumnya saya telah mengganggu…
    saya mahasiswa PAI Tarbiyah uin yang dulu pernah ikut sp media pengajaran sama bapak, pak saya mau bertanya nih, kenapa nilai sp saya koq dapat c, padahal kan saya sudah mengerjakan tsemua tugas dari bapak, karena saya sekarang ini ingin menyelesaikan studi saya, saya mohon kebijakan bapak?
    terima kasih

  7. Dunia anak sangat dekat dengan dunia film.Dengan adanya film pembelajaran akan mudah diterima.Tetapi kita srbagai orang tua harus bisa membimbing dan mengarahkan film mana yang harus di tonton oleh anak.

  8. assalmalaikum wr.wb…saya sependapat dengan bapak ferfilaman sekarang di indonesia sangat tidak mendidik bagi anak-anak,,,,film skrng tidak seperti film dahulu yg bapak bilang doraemon dan shincan sangat mendidik anak-anak yang memberikan contoh perilaku taat kepada kedua orang tua
    dengan berkembanggya teknologi membawa dampak positif dan negatif bagi anak2..menurut saya jika anak menonton televisi lebih baik didampingi orang dewasa agar memberi arahan yang baik………….

  9. film merupakan salahsatu media yang efektif yang dapat memberikan pangaruh besar terhadap perkembangan jiwa dan psikologi anak karena dengan film anak dapat melihat ,mendengar, memperagakan atau memperaktekan apa yang dilihat dan didengar, film memberikan dampak positif dan negatif tergantung kita sebagai orangtua bagaimana mengawasi dan mengontrol anak anak kita ketika mereka menonton televisi atau film. film sekarang tidak banyak memberikan pendidikan yang mengarah pada budipekerti dan sikap dalam prilaku sehari hari. saya lebih suka anak saya menonton film upin dan ipin karena masih ada pesan moral yang disampaikan lewat film tersebut

  10. Maaf pak saya mau ralat:

    “KidsFfest 2009 atau dengan nama populernya Festival Film Anak Goelali 2009”.

    Goelali bukan nama populer dari KidsFfest. Kedua acara festival film anak ini diadakan oleh instansi yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s