PROFILE

zh Drs. Zamris Habib, M.Si, saat ini mengajar Ilmu Komunikasi, Media dan Teknologi Pendidikan pada UIN (Universitas Islam Negeri) Syarif Hidayatullah Jakarta dan UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta) sejak tahun 1995. Dari tahun 1977 bekerja di Pustekkom (Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi) Departemen Pendidkan Nasional sampai pensiun pada awal tahun 2006. Selama di Pustekkom pernah menjabat Kabid Analisa dan Evaluasi (1998), dan Kabid Pengembangan Model Pembelajaran (2001) Sebelumnya pada tahun 1992 pernah menjabat koordinator Program Siaran Radio Pendidikan (SRP) untuk penataran guru SD dan program SRP untuk penyetaraan D2 guru SD. Pria yang lahir 8 Januari 1950 di Situjuh Payakumbuh adalah lulusan program Magister Manajemen Komunikasi Universitas Indonesia ini beberapa kali mengikuti training di bidang pendidikan jarak jauh/terbuka dan komunikasi di University Western of Australia Perth, University of Technology Sidney, Warner Bros (WB) Film Production di Gold Coast Australia; training tetang technology applications for education di Innotec Center, Manila Philipina, dan NHK Studio, Ashahi Shimbun, University of Tokyo, Jepang. Aktif mengikuti seminar nasional/internasional teknologi pendidikan, distance/open education, e-learning, dll. Sewaktu mahasiswa menulis di berbagai media, terakhir redaksi Jurnal TEKNODIK dan Buletin FORUM KOMUNIKASI Pustekkom sd. 2005. Anak Minang yang bergelar Datuk Paduko Rajo ini mempunyai motto hidupnya “Bahwa dibalik kesulitan itu terdapat kemudahan, dan dibalik kesulitan yang sama terdapat kemudahan2 yang lain, dan setelah selesai mengerjakan sesuatu maka mulai mengerjakan yang lain serta Kepada Allah selalu berharap”. Motto ini terinspirasi dari Al Qur’an surat Al Insyirah. Pria yang hoby membaca buku-buku filsafat, politik, pendidikan, komunikasi dan agama ini beristerikan Lely dan telah mempunyai 4 orang anak (Liza, Alfi, Putri dan Ganto), sekarang kakek yang sudah mempunyai tiga orang cucu (Zidan,Virza dan Najwa) ini tinggal di Perumahan Depdiknas Blok A No 5, Cipayung Ciputat Tangerang, selain mengisi waktu dengan mengajar dan membaca juga disibukan dengan momong tiga orang cucu yang sedang lucu2nya

(Penulis Zeze, 2008 ).

39 comments on “PROFILE

  1. SEKAPUR SIRIH
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Saat berniat membuat blog ini, ada dua hal yang membuat saya gamang. Kegamangan pertama yang saya rasakan adalah dalam mengisi profile atau potret diri. Bagaimana tidak, karena saya sendiri bukan siapa2 walaupun memiliki sedikit pengalaman. Akan tetapi karena blog adalah sebagai sarana komunikasi dan silaturrahmi maka memperkenalkan diri adalah sebuah langkah awal untuk memperlancar silaturrahmi tersebut, demikian alasan teman2 agar saya menulis sendiri tentang profil atau potret diri. Tapi setelah dipikir-pikir, kalau saya menulis sendiri profil saya nanti dikira kepedean atau ria, seperti istilah anak muda sekarang “NARSIS BANGET” (begitu yang sering diucapkan anak saya yang masih remaja). Tetapi di tengah kegamangan tersebut Alhamdulillah Sdr. Zeze menawarkan diri untuk menuliskan profil saya, dan kebetulan ia sangat mengenal saya, dan melalui kolom ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Sdr Zeze yang telah memberikan solusi.
    Dan yang kedua adalah bahwa tulisan2 atau komentar2 yang akan saya tulis ini tentu tak terlepas dari sifat subjetifitas, karena pendapat dan pandangan saya sangat dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan, budaya dan agama yang saya anut, namun demikian saya mencoba untuk berusaha seobjektif mungkin dalam tulisan2 saya.
    Selanjutnya saya mengucapkan terima kasih banyak kepada yang telah membantu saya dalam membuat blog ini dan kepada yang sempat berkunjung ke blog saya diharapkan untuk memberikan saran, kritik ataupun komentar yang bisa berkembang menjadi sebuah diskusi yang membangun.
    Terakhir saya mohon maaf atas segala kekurangan dan keterbatasan saya dan kepada Allah jualah saya berharap, Amin.
    Wassalam
    ZH

  2. salam Pak Zamris, saya mahasiswa jurnalistik UIN pak semester IV. Pak saya ingin bertanya tentang bagaimana sistem pendidikan yang ada di Indonesia ini apakah sudah menuju era globalisasi? sedangkan banyak anak-anak di desa yang putus sekolah karena keterbatasan ekonomi? dan Bagaimana sistem UAN yang banyak menimbulkan masalah di beberapa sekolah?
    sebelumnya terima kasih.
    wasalam…..

  3. Assalamualaikumm, terimakasih Anda telah mengunjungi blog saya. Tentang sistem pendidikan di Indonesia tentu saja sudah mempertimbangkan globalisasi, tidak mungkin lembaga pendidikan di disain pemerintah untuk melahirkan orang2 yang terlambat lahir dari zamannya. Tetapi juga harus diingat dalam penyusunan kurikulum misalnya tetap berorientasi kemasa depan dan tak lupa harus berpijak kepada budaya bangsa kita. Bagaimana kenyataan dilapangan tentu saja tidak saja ditentukan oleh kurikulum. Faktor guru juga sangat penting, yang menjadi masalah pada guru adalah masalah kesejahteraan guru, bagaimana seorang guru akan ceria pergi mengajar kalau anaknya menangis karena sakit dan orang tuanya tak sanggup membawa ke dokter, apalagi beli buku untuk menambah wawasan.
    Bagaimana dengan masyarakat yang secara ekonomis, justeru disini kita harus memanfaatkan teknologi informasi, tentu saja pemerintah yang akan berinisiatif untuk itu, seperti menyelenggarakan e learning dan memanfaatkan TV , radio dan internet untuk pemerataan pendidikan di seluruh indonesia dalam mengatasi masalah2 tranportasi, ingat negara kita terdiri dari beribu2 pulau.
    O ya saya juga melihan blog Anda, bagus dan terus dikembangkan, kalau Anda gak keberatan tolong blog saya di link kan pada blog Anda
    Sekali lagi terima kasih, saya senang diskusi dengan Anda, Wassalam zh

  4. Assalamu “alaikum Pak,saya Ihsan,Mahasiswa Jurnalistik UIN semester VI,perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia sangatlah pesat. begitu pula dengan pendidikan, dengan munculnya lembaga-lembaga pendidikan (sekolah) yang berbeda dengan sebelumnya,seperti munculnya Home Schooling, School Universe (sekolah alam), memang hal ini sangat efisien dalam pendidikan . tapi permasalahnnya adalah mengapa pemerintah melegalisasi lembaga pendidikan seperti itu, padahal bisa kita pendidikan Indonesia sekarang ini, masih banyak sekolah yang memerlukan bantuan, serta hali ini akan menjadi ketimpangan dalam pendidikan masih banyak anak Indonesia yang sulit untuk mendapatkan pendidikan, pastinya hal ini akan mengakibatkan ketidak merataan dalam pendidikan dan sosial. yang miskin jangankan untuk mengikuti Home schooling atau Sekolah alam untuk mengikuti sekolah biasa saja sulit,yang kaya dengan mudah untuk menjadi pintar, yang miskin sangat sulit untukmenjadi pintar, yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin kebawah. bagaiman menurut pandangan bapa?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    wassalam…

  5. Sdr. Ihsan.
    Terimakasih Anda telah mengunjungi blog saya.. Sebelum saya menjawab permasalahan yg Anda kemukakan bahwa tanggung jawab pendidikan terletak pada orang tua, masyarakat dan Pemerintah. Jadi munculnya sekolah alam atau home shooling dll. merupakan bentuk partisipasi masyarakat. Pemerintah harus menghargai partisipasi tsb.selama sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional bahkan diharapkan lebih banyak lagi partisipasi masyarakat di dunia pendidikan untuk mengurangi beban Pemerintah. Dengan demikian Pemerintah dengan dana yang ada bisa difokuskan kepada anak2 yang termaginalkan supaya tidak terjadi ketimpangan yang anda khawatirkan itu. Sekarang ini anak2 yg sulit secara ekonomi Pemerintah sudah lama menyediakan alternatif2 pendidikan seperti SMP Terbuka, SMP Kecil, Paket A, B dan C,dll. agar anak2 yg kurang mampu secara ekonomi dapat mengikuti pendidikan seperti SMPT untuk anak2 nelayan dan di derah Senen untuk anak2 tukang semir, semua gratis dan mereka terdaftar di SMP Neg. ujian dan status mereka sama, hanya cara belajar yg berbeda. Sekian, mudah2an bisa menjawab pertanyaan Anda, dan selanjutnya kalau anda punya waktu kita lanjutkan diskusi dg masalah2 lain di blog ini. Wassalam (zh)

  6. Sebagai student /guru (dosen), harus dapat merubah paradigma dengan new paradian, untuk menuju masa depan agar setara dengan bangsa lain , Terkait dengan ini, paradigma pembelajaran yang sebelumnya hanya mengandalkan bahwa sumber pembelajaran hanya terbatas pada materi di kelas dan buku harus dirubah, hadirnya Teknolohi informasi seperti internet dll. Dalam hal ini harus ada pembaharuan di kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum dirancang untuk menyiapkan siswa hidup dan bekerja pada masa yang akan datang. Sebagai guru (dosen) harus membuat suatu perubahan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan melek TI.juga meningkatkan kesadaran untuk memahami potensi dari TI ini.,Proses pembelajaran tidak lagi bergantung kepada guru lagi, tetapi lebih banyak terpusat kepada siswa. Guru (dosen ) tidak lagi dijadikan satu-satunya rujukan semua pengetahuan tetapi sebagai fasilitator ,bisa dilakukan dengan TI dan dalam pembelajaran ini sangat jelas.
    Untuk menjadi guru profesional harus mempunyai keterampilan teknoligi, mengetahui teknologi yang relevan, mempunyai tambahan tentang konsep dan metode penelitian , mengambil keputusan secara tepat juga kualitas moral yaitu teguh terikat pada kode etik jabatannya, guru harus senantiasa bersikap terbuk terhadap perkembangan zaman akibat perkembangan yang pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

  7. Saya adalah guru modern!mengapa saya berbicara demikian di karenakan seorang guru haruslah profisional dalam kegiatan belajar mengajar dengan cara menggunakan media pengajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan tujuan agar anak didik lebih cepat tanggap dan dapat menyerap materi pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
    Di zaman modern seperti sekarang ini seorang guru pun harus bisa memodernkan dirinya dengan tujuan agar mutu pendidikan dapat di tingkatkan. seandainya cara berfikir seorang guru masih primitif bagai mana akan memajukan atau meningkatkan mutu pendidikan sedangkan dia masih primitif oleh karena itu seorang guru atau seorang pendidik haruslah modern agar dapat menunjukkan exsistensinya dan dapat bersaing dalam dunia pendidikan. Guru yang modern adalah guru yang mampu mempergunakan fasilitas yang ada dan mampu membuat media pengajaran untuk kepentingan kegiatan belajar mengajar.tetapi untuk menjadi guru yang modern seorang guru harus bisa merubah paradigmanya sesuai denga zaman.

  8. assalamu’alaikum wr.wb
    pak saya mujenah mahasiswa bapak,program akta IV.maaf saya harus meminta soal ulang karna soal yang bapak berikan di email saya dengan nama email mujenah_rizki@yahoo.com tidak bisa saya baca karna sudah terblokir,maka dengan ini saya ingin bapak mengirim kembali soal yang bapak kirim ke email lama saya ke email baru saya dengan nama ara_azis@yahoo.co.id.
    terimakasih atas perhatiannya, semoga bapak dapat maklum.
    wasssalamualaikum

  9. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Selamat pagi pak …
    Nama saya Hadi Prasetyo, saya lulusan S1 Teknik Elektro dari sebuah universitas swasta di Jakarta. Saya ingin mengambil program Akta IV, apakah Bapak bisa berbagi informasi tentang Akta IV kepada saya ?
    Apakah program Akta IV itu berisi hanya tentang cara mengajar (maksud saya, kalau saya dari S1 Elektro harus mengambil akta IV elektro ataukah Akta IV itu general untuk semua jurusan ) ??
    Trus apakah di UIN Jakarta ada pak, soalnya rumah saya lebih dekat ke UIN Jakarta ??
    Mohon bantuannya pak ya …..
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  10. Maaf saya baru baca tulisan Anda ttg Akta IV, menurut Pengelola Akta IV di UIN baradasarkan peraturan Pemerintah Prg Akta IV diberhentikan sementara dan nantinya akan diganti dengan Pendidikan Profesi namanya, isinya sebagian besar mirip dg Akta IV, cuma pendidikan profesi ini tidak semua Universitas yg bisa menyelenggarakannya seperti prg Akta IV sekarang ini, hal tsb dimaksudkan untuk menjaga mutu. Tentang prg Akta IV di UIN jauh lebih bagus n profesional dalam pelaksanaannya, ini bukan krn saya mengajar disana ttp betul2 kenyataan krn sesuai dg standar ISO. Kalau Anda berminat hubungi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Terimakasih atas kunjungan Anda ke Blog saya

  11. Siang pak. Perkenalkan nama saya Josephina Joice. Saya dari Yayasan Goelali. Kami adalah sekumpulan anak-anak muda yang concern dengan anak-anak. Kami berencana akan mengadakan sebuah acara : GOELALI CHILDRENS FILM FESTIVAL. Kegiatan kami ini meliputi :
    1. Workshop – usia 3 – 16 tahun
    2. Screening Movie
    3. Forum Diskusi
    yang akan dilaksanakan di Museum Bank Mandiri – KOTA tanggal 31 mei sampai dengan 6 Juni 2009

    nah untuk yang nomer 3, FORUM DISKUSI akan kami adakan 2 kali, yaitu :
    Tanggal 31 Mei 2009 (Minggu) pada saat pembukaan.
    TEMA : MAGIC OF FILM

    Tanggal 6 Juni 2009 (Sabtu) pada saat sebelum penutupan
    TEMA : MAGIC OF STORY

    Maka dari itu, saya ingin sekali mengundang Pak Zamris sebagai salah 1 pembicara Forum kami pada tanggal 6 Juni. Apakah Bapak berkenan. Senang sekali seandainya Bapak bisa terlibat dan bekerjasama dengan kami.

    Apabila Bapak berminat, ini hp saya pak : 0818-08338223 atau 021-94778232

    Saya tunggu kabar baiknya ya pak.

    Salam,
    Josephina Joice
    0818-08338223/021-94778232

  12. assalammualaikum pak.
    saya anak jurnalis semester 6 UIN
    menurut bapak bagaimana jasa-jasa dakwah melalui provider sms ex: 9877
    yang berkedok dakwah. padahal mereka merugikan konsumennya
    terimakasih wass

  13. assalamu’alaikum wr.wb.

    apa kabar pa zamrish?????……saya mahasiswa bimbingan skripsi bpk, yg sdh lulus bln maret thn.2008 dan alhamdulillah, berkat do’a bpk skrg saya sdh ngajar d MTs Maarif di kampung………. do’a bpk sll saya harapkan…..trm ksh, semoga bpk dan keluarga sll sehat shg bs menjlankan aktifitas sehari2. amiiiin…

  14. assalamu’alaikum pak!
    saya ucapkan terimakasih banyak wat bapak, blog nya bagus banget untuk menambah wawasan dan pengetahuan saya dan teman-teman.

  15. Assalamuaillaikum bapak.
    sebelumnya saya mau minta maaf bapak karena sudah berani mengisi blog bapak. Saya adalah mahasiswi UMJ jurusan PGSD semester IV, saya ingin mengkonfirmasi tugas saya dalam membuat blog pada mata kuliah bapak yang pada waktu itu bapak tidak bisa buka blog saya tersebut di sebabkan mungkin ada penulisan huruf awalan yang salah.
    Dan blog saya yg benar adalah ( ayuaqu.wordpress.com).
    Kurang lebihnya saya mohon maaf.
    Terima kasih.

  16. Ass. wr. wb.

    pak .. afwan. Ini alamat blog saya.
    Saya kagum dengan kegigihan bapak dalam memajukan pendidikan Indonesia. dari sudut pandang keilmuan secata makro saya merasa cocok dengan buah fikiran bapak namun memang masih ada beberapa yang susah untuk di mengerti kalangan ramai. nah.. di situlah musti adanya bloger / forum untuk kajian tersebut.
    Selamat ya pak. kajian bapak nanti akan saya kritisi.
    Alamat Blog :
    candiayu.blogspot.com

  17. Ass. Wr Wb
    Pak ini alamat blog saya : mawahaliska.blogspot.com
    sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terimakasih atas bimbingan bapak selama ini karena banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari bapak, walaupun sedikit tegang kalau mengahadapi bapak. Mudah-muadahan ilmu yang saya dapatkan dari bapak dapat bermanfaat bagi saya dan menjadi amalan yang mengalir untuk bapak kelak. Amin……

  18. Ass.wr.wb.
    Salam hormat dan kenal untuk Pak Zamris Habib, saya Syaiful Anwar, mahasiswa baru di UIN (Oktober 2009) fak Tarbiyah (PGMI) untuk dual mode system. Pak sebetulnya menurut Bapak apakah efektif dan berdaya guna sistem perkuliahan dual mode untuk jenjang S1ini yang disodorkan oleh Departemen Agama, yang salah satu tujuannya adalah sebagai syarat untuk sertifikasi guru agar guru lebih profesional dalam mengajar, katanya, mohon komentar Bapak, terima kasih.
    Wass.wr.wb.

  19. bismillahirrahmanirrahim
    assalmualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    salut dengan gaya mengajar bapak. BOLEH TIDUR ASAL DISIPLIN.

  20. BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
    as wa ba…
    saya mahasiswa pgmi dual mode kelas A 315 ,lg coba2 aja pak..

    btw pada pelajaran bapak ada praktek di lab ga?

    walhamdulillah
    wassalamualaikum

  21. Ass,,,
    Saya mahasiswi dual mode PGMI khusus hr minggu,,,
    Ntah knapa ya pa semenjak mendapat ilmu dr bapak hidup saya seperti mendapat pencerahan,, karna jujur nih pak walaupun ketika bapak mengajar terlihat sedikit garang tetapi bapak adalah seorang yang penyejuk iman bgt,,
    hehehe,,, saya ga gombal pak,, tp saya pengen bgt dpt ilmu yang lebih dr bapak,, karna yang saya mengerti walaupun bapak hanya dosen TIK didual mode PGMI tp itu sudah mencangkup dr mata pelajaran yang lainnya,, saya betah dengerin bapak sehariaann,,,
    Ga kebayang nih pa klo dosen TIK diganti😦
    semangatkan terus pak jiwa guru-guru indonesia
    musnahkan guru-guru primitif dr muka bumi ini
    hidup pak Zamrish!!!!!!!
    (salam untuk keluarga)
    Wss,,,

  22. Guru primitive menurut saya guru yang cara mengajarnya dengan alat atau media seadanya dan tidak memikirkan besok alat atau media apa yang hendak digunakan biasanya guru primitive ini sangat sederhana baik dari penampilan, kehidupan maupun pola pikirnya yang sangat sederhana. Sedangkan guru modern selalu memikirkan apa yang harus digunakan saat dia mengajar, terus biasanya jika guru modern selalu berfikir ke depan dan ttidak mau ketinggalan zaman yang semuanya serba teknologi.

    Apakah aku guru modern atau guru primitive ?
    Kalau saya ….. menginginkan menjadi guru yang modern yang bisa memikirkan apa yang harus aku lakukan di saat aku mengajar agar anak didik yang aku didik bisa paham dan mengerti apa yang aku ajarkan kepada anak didik. Mungkin aku adalah salah satu guru yang primitive karena aku belum mengajar. Tapi aku akan berusaha untuk menjadi guru yang modern dengan mengembangkan metode mengajar yang telah aku peroleh dari pendidikan guru.
    Tapi menurut aku tidak ada bedanya antara guru modern dan primitive karena sama-sama bertugas untuk mencerdaskan anak bangsa tapi yang membedakan hanya satu yaitu di pola pikirnya saja.

  23. makasih ya pak dah mengajar, saya mahasiswa umj. Jujur loh gak dibuat-buat , dosen umj yang on time ya pak zamris, gak bolos ngajar ya pak zamris. Dalam satu semester bpk gak pernah bolos. Baru satu dosen yang begini loh pak. Kedisplinan pak zamris jadi motivasi saya untuk maju and gak gaptek. HIDUP PAK ZAMRIS

  24. Ping-balik: ilmu kependudukan

  25. Ping-balik: komunikasi massa

  26. Guru primitif adalah seorang yang mengajar dengan alat/media dan metode seadanya, dalam arti manulal saja akan tetapi tetap berusaha untuk mengajarkan dengan sebaik mungkin karena bagaimana pun kita tidak akan isa melupakan guru-guru kita yang pada awal proses mengajarnya karen a teknologi belum memadai maka ia masih mengajar diantaranya dengan berbicara dan menulis saja sehingga monoton seperti itu saja namun tidak mengurangi niat mulianya untuk mencerdaskan bangasa dan semangat nya. sehingga dari itulah semakin berpikiran maju, meskipun pada awalnya mereka masih mengajar Tanpa bantuan dari alat dan media elektronik yang tentunya sangat membantu proses pembelajaran saat ini, seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin maju, maka dari itu keberadaan guru modern pun sngat dibutuhkan karna ia akan mengajarkan serta mengajak siswa-sisiwinya untuk berpikir maju dan selalu berkembang tidak statis melainkan dinamis, karna agama islam pun sangat menganjurkan untuk terus berpikir demi kemajuan umat agar tidak menjadi terbelakang karena umat islam adalah umat yang terbaik,,,,,”sehingga dituntut untuk maju jangan ingin terkalahkan oleh pesatnya kemajuan Barat saat ini,
    dilanjutkan dengan hadis yang mnyeru kita untuk selalu ada perubahan dengan media yang modern sehingga syiar islam lebih mudah untuk tersebar melalui media masa salah satunya.inilah sangat membantu sekali tentunya selagi sesuai dengan syara’,,,,

    Apakah aku guru primitif atau modern,,,,/???…….
    saya akan berusaha untuk menjadi seorang guru yang modern dengan terus melatih diri sedari ini untuk tidak yang selalu berusaha menjadikan dan melahirkan generasi yang unggul meskipun saya belajar dari pengalaman sekolah selagi SMA dulu yang masih kurang modren dalam hal mengaplikasikan alat-alat teknologi yang dibutuhkan untuk mempelajari pelajaran, sehingga mendorong saya untuk mampu menjadi guru yang modern dan propesional yang mampu juga memberikan contoh baik untuk anak didik saya mdan insya Allah mampu mengamalkan apa yang sya ajarkan tidak hanya teori karena hal yang terpenting, sehingga kelak peserta didik mampu mahir dalam aplikasi alat-alat teknologi ia tidak menggunakannya dengan sesuatu yang tidak bertanggung jawab, dan tetap pada fungsi utamanya untuk menunjang pembelajarannya, dan tidak menjadi tertinggal dengan bangsa-bangsa lain, karena mau tidak mau saat ini kita hidup di zaman modern sehingga kita harus berusaha untuk maju kalau tidak maka akan ketertinggalan akan semakin jauh dan kita akan hanya melakukan jalan di tempt saja, jadi sebagai guru pai, yang akan menjadikan pesrta didik yang berkepribadian islami Insya Allah juga mampu dalam mengaplikasikan alat yang digunakan dalam pembelajaran dalam bentuk apapun visusal, audio visual, sketsa, grafik dan alat-alat canggih yang berkenaan dengan pendidikan.
    jadi meskipun saat ini saya pribadi belum mampu sama sekali untuk exis dalam mengahadapi kemjuan zaman, semoga lewat komentar ini saya mampu terinspirasi untuk terus rajin belajar dan selalu menambah wawasan saya yang masih kurang dalam hal mengaplikasikan alat-alat yang berupa teknologi canggih untuk mengembangkan pola pikir anak didik saya amiin…..
    terimakasih pak,,,,
    tugas ini semoga memberikan inspirasi baru untuk kita semua,,,

  27. Assalamualaikum.Wr.Wb.
    Pa Kabar Bapak Zamris! bagaimana keadaannya, smoga baik- baik ja. saya mahasiswa PGMI Dual Mode System……!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  28. setelah saya membaca dari beberapa artikel tenteng guru moderen.di sekolah kami sebagian besar guru sudah menggunakan consep metode modern,karena di tempat saya mengajar siswa dan siswi di pasilitasi dngan adnya 10 unit komputer,ada lab ipa,dan ada perpustkaan,yang secara tidak langsung guru modren menerapkan konsep modern.di sekolah kami jumlah guru ada 10 orang dengan berpakain seragam rapi,di tambah 1 penjaga sekolah.
    empat guru berkendraan mobil dan enam guru berkendraan sepeda motor sehingga lebih menegaskan bahwa konsep modern sudah terimpliksi dalam kehidupan guru-guru di sekolah kami.kelihatan nya sudah cukup keren

  29. Assalamualaikum.Wr.Wb.
    Apa Kabar Bapak Drs. ZamrisHabib, M.Si!
    Bagaimana keadaannya, smoga baik- baik aja.
    Saya Mahasiswi UIN PAI Dual Mode System Semester V.
    Yang bernama Tuti Kamilah
    Ruang 326 Minggu TPAC.

  30. GURU PRIMITIF DAN GURU MODERN

    _guru modern adalah guru yang mengajar berdasarkan kopetensinya sebagai guru profesional dengan menggunakan metode mengajar dengan media seperti meggunakan OHV.

    guru primitif adalah guru yang hanya menggandalkan kemampuan yang ada tanpa menggunakan alat bantu seperti buku,alat tulis menulis karna pada zaman dahulu belum di temukan mesin tulis mesin cetak.

  31. Pak, Salam Kenal, Saya lulusan dari Seni Tari skrng sdng melanjutkan kul Di Magister Managemen, minta saran sebaiknya untuk tahun ini saya mengambil program Akta IV atau menunggu program PPG,, sebab untuk Program PPG di UNY blm dibuka untuk fresh graduate thun 2012 atau 2013 baru akan dibuka untuk program fresh graduate. Ketakutan saya ketika saya masuk kuliah akta IV ternyata akta IV sudah tdk bisa digunakan lagi. Mohon Sarannya,
    Apabila bapak punya info untuk lowongan dosen untuk seni maupun managemen baik di Jawa ataupun di luar jawa, untuk infonya saya ucapkan banyak terima kasih. email saya= gambuh_15@yahoo.co.id

  32. Saya teringat pesan Bapak kepada saya ketika akhir menulis skripsi. “Mendidik sesuai bidang studi itu sudah biasa, tetapi memberi motivasi kepada anak didik dalam mendidik itu yang luar biasa.” terima kasih pak, dengan pesan tersebut sy slalu ingat dengan Bapak.

  33. DRA.SUHEFNI.Guru pendidikan agama islam di SD N 26 Payakumbuh Payolansek.saya senang membaca blog kakanda zamris.terutama yang menyangkut pendidikan.saya intropeksi diri .bgm saya menjadi guru PAI yang modern.semoga siswa yang saya didik menjadi kader bangsa dan kader ummat yang tangguh.dan anak yang saleh dan salehah.amin.terima kasih kanda sekeluarga dan kita semua selalu dalam berkah Nya.amin

  34. Alhamdulilah setelah saya baca bloq bpk zamris saya sangat terinspirasi dengan yang namanya ilmu membaca dan menulis artikel 2222 ya walaupun itu bukan hobi saya dan saya Akhirnya terbuka dengan smua ilmu yang bapak curahkan di papan bloq bpk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s